Beda Periksa Mata Di Luar Negeri

periksa mata di kanada
Periksa mata di Kanada

Periksa mata di luar negeri berbeda dengan cara periksa mata di Indonesia. Karena saya bermukim di Kanada, maka inilah beda cara periksa mata di Kanada.

Periksa Mata Di Kanada

Jika di Indonesia kita bisa langsung pergi ke optik dan memesan kacamata, berbeda halnya dengan di Kanada. Di Kanada ada 3 istilah kedokteran yang berhubungan dengan kacamata.
  • Optician. Optician ini artinya orang yang berkecimpung di bidang optik saja. Keahliannya hanya seputar kaca mata dan tidak boleh memberikan resep kacamata. Jadi, ketika kita pergi ke optik, maka orang yang bekerja di optik memiliki latar belakang pendidikan optician. Dia harus mengerti cara membaca resep kacamata dan membetulkan kacamata. Namun, tidak boleh memeriksa mata apakah minus atau plus.
  • Optometrist. Optometrist ini memiliki gelar dokter. Keahliannya untuk memeriksa ukuran mata kita apakah minus, plus atau memiliki penyakit mata tertentu. Bedanya dengan optician, Optometrist ini bisa memeriksa kondisi mata kita apakah kita mengidap glaucoma, kerusakan retina dan sebagainya. Jika dibandingkan dengan di Indonesia, Optometrist ini mungkin seperti dokter mata umum.
  • Ophthalmologist. Ophthalmologist ini lebih ke arah spesialis mata. Selain spesialis, juga bisa melakukan operasi atau tindakan yang berhubungan dengan mata. Jadi, urutannya, kita harus ke Optometrist dulu untuk memeriksakan mata kita. Jika dari Optometrist diketemukan penyakit mata lanjutan maka kita akan dikirim ke Ophthalmologist. 
Di Kanada sendiri, pemeriksaan mata harus dilakukan setiap 2 tahun sekali. Setiap orang umumnya memiliki dokter mata atau Optometrist pribadi. Sehingga data kita akan tetap berada pada dokter Optometrist yang sama. Kecuali kita mau meminta pendapat kedua atau second opinion, kita bisa ke Optometrist lain. Namun, jika kita ingin balik kembali ke optometrist yang pertama, sah sah saja.

Periksa Mata di Kanada

Pemeriksaan mata di Kanada tidak gratis. Kita harus membayar sendiri. Besarnya biasanya antara $120-130 sekali kunjungan. Biaya itu meliputi pemeriksaan mata minus atau plus (bertambah atau tidak), lalu pemeriksaan retina mata, glaucoma termasuk tekanan bola mata. Jika retina mata kita memerlukan foto atau pemeriksaan glaucoma/field, maka akan ada biaya tambahan.

Jika kita memiliki asuransi, maka asuransi akan membayar biaya periksa mata tersebut. Namun, jatahnya tetap sama yaitu setiap 2 tahun 1 kali. Jika melebihi jatah, maka Asuransi tidak akan membayarnya alias dari kocek sendiri. Pemeriksaan mata ini berbeda dengan kesehatan pada umumnya yang dibayar oleh pemerintah alias gratis.  Namun, ketika kita mencapai usia 65 tahun, maka kita akan gratis alias dibayarkan oleh pemerintah. Enaknya lagi, ketika sudah berusia 65 tahun maka kita akan mendapat jatah gratis setiap tahun 1 kali. Gratis disini termasuk operasi katarak yang gratis dan penyakit mata lainnya. Namun tidak termasuk laser untuk menormalkan ukuran mata.

Yang tidak enak bagi saya adalah masalah dengan optik. Mata saya sedikit rewel. Ukuran dari dokter mata atau resep kacamata jarang sekali ada yang pas dan langsung bisa saya pakai. Sedangkan jika meminta optik untuk mengganti ukuran kacamata, maka optik tidak dapat menggantinya tanpa persetujuan dokter. Jadi kita harus datang lagi ke dokter dan diperiksa kembali. Lalu dokter akan mengeluarkan resep yang baru yang kita bisa bawa ke optik. Untungnya, jika ada surat dari dokter maka penggantian kacamata akan gratis dari Optik. Karena kesalahan tersebut adalah kesalahan dokter mata.

Sampai saat ini saya belum menemukan dokter mata yang pas untuk mengukur mata saya. Yang paling cocok buat saya adalah toko optik di Jakarta. Oleh karenanya, bagi kalian yang sudah merasa cocok dengan optik tertentu di Jakarta, segeralah buat kacamata yang bagus di Indonesia. Karena di Kanada sangat mahal.

Untuk kacamata ukuran biasa, biayanya berkisar antara $150-$250. Sedangkan untuk lensa progresif bisa berkisar antara $500-$700 untuk sepasang kacamata saja. Harga tersebut terkadang tidak termasuk frame kacamata! Mahal sekali, bukan?

Update February 2024:
Belakangan ini mata saya sedikit bermasalah. Dan yang menyebalkan saya harus membayar sendiri dari kocek karena mata tidak di jamin dengan kartu sehat Pemerintah. Sekali periksa mata adalah $100 - $130 untuk biaya dokter saja. Belum termasuk pemeriksaan lanjutan ini itu. 

Nah, kejadiannya saya pergi ke dokter mata (Optometrist) yang ada di Optik. Ternyata dokter tersebut menemukan sesuatu di mata kanan saya. Dokter lalu merujuk saya ke dokter spesialis mata. Saya pikir saya harus membayar. Ternyata, jika dokter merujuk maka kita tidak perlu membayar. Saya pergi ke tempat rujukan setelah mendapat tanggal perjanjian periksa mata yang lamanya kira-kira 1 minggu setelah saya pergi ke dokter pertama. 

Saya terkagum-kagum. Karena ternyata tempat pemeriksaan mata tersebut adalah seperti klinik mata pemerintah dan gratis! Selama saya memiliki kartu sehat pemerintah semuanya ditanggung. Saya diperiksa secara menyeluruh hingga 5 jenis tes yang jika di Indonesia mungkin saya harus membayar berjuta-juta. Karena meliputi pemeriksaan saraf mata, ruang pandang, 2 jenis foto mata dan scan mata. Saya sangat bersyukur dengan adanya rujukan ini. Mungkin kita bisa membayarnya dari kocek sendiri. Tapi, jika di tanggung pemerintah dan fasilitasnya bagus pula, siapa yang tidak mau?

Akhirnya dokter spesialis mata memutuskan untuk memantau mata saya secara berkala setiap tahun. Alhasil saya di masukkan sebagai pasien tetap dan jadwal periksa untuk tahun depan bahkan sudah ditentukan tanggalnya. Lagi-lagi gratis! Saya sangat beruntung.

Jadi kesimpulannya, periksa mata di Kanada tidak gratis. Namun jika kita dirujuk oleh dokter mata maka pemeriksaan tersebut akan gratis dan ditanggung oleh pemerintah.

Copyright of Winda Tanu

Comments

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Fakta Unik Jika Ingin Membeli Mobil Di Kanada

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada

Pensiun Dan Masa Tua Di Kanada