Gambaran Singkat Biaya Hidup di Kanada

biaya hidup di kanada

Tulisan berikut ini mengenai sekilas gambaran tentang biaya hidup di Kanada. Berapa pengeluaran rutin tiap bulan, biaya sekolah dan harga bahan makanan untuk biaya hidup sehari-hari. Sebenarnya, besarnya biaya hidup tergantung dari gaya hidup orang itu sendiri. Sehingga, jika kita menyebut sejumlah angka sangatlah subyektif. Oleh karenanya, tulisan berikut adalah pola pengeluaran/biaya rutin yang harus kita pertimbangkan jika ingin hidup di Kanada secara umum setiap bulan.

Biaya Hidup Di Kanada Setiap Bulan:

  1. Jika kamu seorang diri/single dan baru bermigrasi, tentunya akomodasi menjadi pemikiran nomor satu. Untuk single, kita bisa menyewa kamar/kost di rumah yang dihuni beberapa orang atau apartment dengan 1 kamar atau tipe studio. Untuk kota besar, tergantung di daerah mana kamu menyewa kamar. Semakin ke pusat kota, semakin mahal. kisaran harga $600-$750 untuk satu kamar. Jenis apartment atau studio biasanya di atas $800 hingga $1,200. Apakah jumlah tersebut termasuk air dan listrik, biasanya akan dibicarakan lebih lanjut dengan pemilik rumah.
  2. Jika kamu membawa keluarga dan anak (lebih dari satu orang), maka menyewa rumah atau apartment akan lebih ekonomis. Kisaran $2,000 hingga $3,000 perbulan, tergantung lokasi dan besar kecilnya apartment. Istilah rumah di Kanada bervariasi. Ada istilah townhouse (berdempet dan bertingkat), Semi-detach (satu dinding rumah dempet dengan tetangga dan berbagi carport), Single house (kanan kiri tidak dempet dan ada halamannya), apartment, maupun Condominium. Selain itu, beda lokasi juga beda harga. Lokasi di pusat kota tentu saja mahal sedangkan daerah pinggiran bisa lebih murah. Sebaiknya tentukan dulu tempat kerja baru putuskan mau tinggal di daerah mana sehingga lebih menghemat transportasi.
  3. Mobil di Kanada, tidak berbeda jauh dengan harga mobil di Indonesia (sedikit lebih murah namun tidak semurah di Amerika). Amerika, mungkin jauh lebih murah daripada di Indonesia.  Jika membeli mobil, maka kita akan dikenakan biaya asuransi (yang mahal), ganti nama, hingga pengurusan dokumen lainnya. Jika ingin membeli mobil bekas, sebaiknya beli di dealer resmi (bukan dealer tukar tambah). Misalnya, ingin membeli Toyota bekas, belilah di dealer Toyota bukan Dealer mobil tukar tambah yang menyediakan aneka merk mobil. Hal ini jika Anda kurang paham mesin. Namun jika Anda termasuk orang yang mengerti mesin, harga miring dapat ditemukan di dealer mobil biasa. Untuk mobil, dapat dicicil mingguan, hingga bulanan dan paling lama 4 tahun. Setelah 4 tahun, orang biasanya tukar mobil baru dan mulai menyicil lagi. Namun bisa juga beli Cash bayar lunas dan pertahankan mobil lebih dari 4 tahun (bertahun-tahun). Biaya mobil tentu saja Anda harus memperhitungkan bensin, ganti oli, hingga membeli Ban mobil khusus Winter yang harganya cukup mahal. Jika di Indonesia satu-dua mobil dalam satu keluarga tidak masalah, di sini artinya biaya akan lebih besar karena ban winter, dll.
  4. Biaya sekolah Anak. Sekolah dari TK hingga SMA jika di negeri/pemerintah adalah gratis. Namun kita tetap harus membayar uang buku dll. Untuk Universitas, orangtua harus membayar. Namun, siswa dapat meminjam uang dari pemerintah jika tidak memiliki biaya untuk kuliah/universitas dan dapat mengembalikan pinjaman tersebut kemudian. Selain itu, setelah kuliah, siswa dapat bekerja part-time dan untuk toko tertentu bahkan menyediakan fasilitas bagi siswa yang ingin bekerja paruh waktu karena mereka tahu, tidak semua orangtua di Kanada mau membiayai kuliah anak mereka.
  5. Listrik. Listrik di Kanada tidak semahal di Indonesia. Setiap bulan untuk pemakaian normal tanpa AC kisaran $40-$60. Pemakaian listrik ada jam tertentu di mana listrik lebih rendah seperti pada malam hari atau pagi hari sekali. Orang biasanya memanfaatkan waktu tersebut untuk Laundry (memakai mesin cuci), memasak, dll karena lebih murah. Rata-rata peralatan memasak di Kanada memakai listrik. Sedangkan gas, biasanya banyak di pakai ketika musim dingin/winter untuk penghangat ruangan dan biasanya lebih murah daripada listrik. 
  6. Air di Kanada jauh lebih mahal daripada di Indonesia. Namun, air di sini bisa di minum dari keran. Anda dapat membeli tempat minum dengan filter dan meminum air langsung dari keran. Menghemat pengeluaran air minum galon. Untuk mandi, karena udara dingin, orang jarang berendam di bathtub sehingga lebih menghemat air. Biasanya tagihan air setiap dua bulan sekali kisaran $100-$150 untuk dua bulan (per keluarga). Namun, tergantung dari kebiasaan hidup. Jika banyak anak dan sering mandi/mencuci, tentu lebih mahal.
  7. Biaya makanan. Jika Anda single, akan lebih hemat membeli makanan jadi/restoran daripada memasak makanan. Karena dengan membeli, Anda akan menghemat listrik dan air (untuk memasak makanan). Selain itu, bahan makanan di Kanada besar-besar ukurannya. Misalnya, untuk membeli Kol, bentuknya besar dan bisa berminggu tidak habis. Sehingga jika ingin memasak satu jenis masakan yang membutuhkan bahan sedikit, sayuran jadi terbuang. Maka pintar-pintarlah mengatur menu agar sayuran tidak terbuang percuma (jika ingin masak sendiri) Jika membeli, harga makanan restoran cenderung terjangkau dan banyak promosi. Masakan Chinese misalnya, dapat di makan selama 2-3 hari dan satu menu kisaran $10-$12 per menu. Pizza maupun burger tentu saja lebih murah daripada di Indonesia. Apalagi, kita sering dikirimi kupon/potongan diskon untuk restoran waralaba. Seperti gambar di bawah ini.
  8. Untuk sayuran di Supermarket, harganya cenderung lebih mahal daripada harga di Jakarta. Namun untuk Daging, Ayam dan Ikan, Kanada jauh lebih murah. Saya cukup kaget ketika terakhir ke Jakarta, harga daging sangat mahal. Di Kanada, sering sale/harga murah untuk daging dan bahan makanan lainnya. Setiap hari Kamis, semua Supermarket membagikan flyer atau brosur harga mereka dan kita dapat lihat harga diskon mereka untuk minggu tersebut. Misalnya, minggu ini Ayam di sale hingga $2 per pound, maka kita bisa makan menu Ayam minggu itu. Kita harus pintar menentukan menu. Kisaran belanja bulanan satu keluarga dengan 4 orang $500-$650.
    harga makanan di kanada
    Harga makanan di Kanada
  9. Rajin mengamati berita dan komunitas sosial. Di Kanada, banyak sekali kegiatan sosial membantu sesama. Sering sekali komunitas/masyarakat sekitar mengadakan bazaar. Di Bazaar, kita dapat menemukan barang dengan harga murah (sumbangan masyarakat). Jika kita baru pindah, tidak usah malu untuk mendatangi bazaar atau toko tersebut. Jangan kaget jika bisa mendapatkan lampu bagus, meja makan gratis, maupun peralatan lainnya secara murah bahkan gratis. 
  10. Pakaian. Pakaian di Kanada kebanyakan berbahan lebih tebal. Sehingga jika kamu memutuskan pindah dari Indonesia ke Kanada, jangan bawa pakaian banyak-banyak karena lebih akan di pakai ketika Summer/musim Panas. Selebihnya, lebih banyak sweater atau pakaian yang lebih tebal. Namun, semua itu tergantung wilayah mana kamu akan tinggal. Untuk provinsi British Columbia yang jarang salju dan tidak begitu dingin, tentu saja pakaian tersebut bisa di pakai. Saran saya, jika ingin membeli jaket untuk Winter, sebaiknya belilah di Kanada karena sesuai musim dan udara di Kanada. Sehingga lebih efisien dan terpakai nantinya. Untuk harga pakaian, banyak sale di Kanada (toko-toko bermerk) namun tentu saja tidak ada pasar grosir di Kanada yang harganya bisa ditawar.

Biaya hidup di Kanada tergantung gaya hidup individu

Sekali lagi, biaya hidup di Kanada atau di manapun, tergantung dari gaya hidup orang itu sendiri. Selama kita hidup biasa dengan pengeluaran tidak lebih besar pasak daripada tiang, maka kita dapat menjalani hidup layak di Kanada. Tidak mewah, namun layak.

Lihat Artikel lainnya : 
Baca Daftar Isi klik di sini

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Tinggal Di Kanada" di bawah untuk artikel lainnya

Comments

  1. Kalau gaji buat pekerja part time berapa kira-kira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kerjanya berapa banyak. Disini biasanya dihitung perjam, satu jam biasanya $8-$12 ada juga yang $15 tergantung jenis pekerjaan dan aturan Bossnya. Tinggal dikalikan saja mau kerja berapa jam sehari.

      Delete
    2. Kerja part time apa bisa di gantungkan buat hidup sehari-hari?

      Delete
    3. Aduh rasanya ngepas banget ya, sedangkan kerja full time tapi minimum wages aja ngepas bgt apalagi part time..

      Delete
  2. kalau biaya trasnportasi brp ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik bus biasanya sekali naik $3.75. Tapi kita bisa beli Pass agar lebih murah. Dan juga selama rutenya masih jam "Pass tiket" naik turun ga bayar walau ganti Bus. Seperti cara kerja Bus di Jakarta. Ada juga Trem atau kereta listrik, dan Taksi. Taksi untuk 2-3 km sekitar $10. Dan sekarang juga banyak Uber.

      Delete
  3. Kalau gaji kasir d Sana brpa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya minimum pay sekitar $1000-$1100. Tergantung tokonya besar atau kecil. Tapi jarang yang lebih dari itu. Dan kerja kasir disini berat karena kita tidak boleh duduk, harus berdiri sepanjang hari walau tidak ada customer.

      Delete
  4. Kalau visa kunjungan bisa gak dirubah ke visa ke permanent karena dapat sponsor dri keluarga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah sampai ke Kanada tidak bisa. Jenis visa harus ditentukan dari negara asal. Misalnya dari Indonesia, harus ditentukan jenis visanya ke Kanada mau jenis visa apa. Jika visa kunjungan harus dari Indonesia mengajukan visa kunjungan. Logikanya, jika mau merubah visa, di Kanadanya merubahnya kemana? ke kedutaan Indonesia di Kanada tentu tidak bisa. Ke bagian Imigrasi Kanada? tidak bisa juga. Jadi harus keluar Kanada dahulu lalu mengajukan lagi. Setahu saya begitu. Maaf kalau salah. Mungkin bisa lihat info nya lebih lengkap di Kedutaan Kanada di Jakarta.

      Delete
  5. Kalau visa kunjungan bisa mengajukan pr kah? Sponsor oleh citizen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapi tidak bisa meninggalkan Canada selama proses berlangsung. bisa 2 tahun, 3 tahun hingga 5 tahun. Dan citizen yang memberi sponsor harus yang mengajukan PR nya karena dia memberi sponsor dan harus ada hubungan keluarga spt bapak ibu, anak, atau istri/pasangan. Tidak bisa teman atau kenalan karena sudah ada citizen Canada lalu memberi sponsor. Si Pemberi sponsor juga akan discreening terlebih dahulu.

      Delete
  6. Kalo mau dapat visa kerja setelah lulus kuliah itu kuliahnya harus di universitas atau boleh dari college aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sesudah sekolah mau kerja bukan visa kerja tapi ijin kerja. Ijin kerja atau work permit itu harus apply dari awal. Jadi tujuannya dr awal mau sekolah atau kerja. Jika sudah sekolah dapat kerja, atasan atau si pemberi kerja yang urus ijin kerjanya atau sponsor. Utk dapat kerja tidak harus Univ, yang college kalau untung juga bs dapat kerja.

      Delete
  7. kanada ada yang memberi pekerjaan di ladang ladang ngak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kanada maksudnya apa ya? Pemerintah Kanada gitu? Kurang tahu ya.. rasanya sih tidak ada. Kecuali petani ya mereka usaha sendiri.

      Delete
  8. Kak saya apply visa kerja bisa di bilang calling visa dan sudah biometric sebulan yg lalu sekarang lagi nunggu email aja, nah pertanyaan nya apa bisa jika saya di kanada langsung mengajukan PR?
    Mohon jawaban nya terimakasih banyak
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Living in Paradise, saya agak kurang mengerti pertanyaannya :) maksudnya masih di Indonesia lalu mengajukan PR? bisa saja kok.. coba saja melalui website cic.gc.ca yang pernah saya berikan. Sedangkan jika sudah di Kanada (lalu misalnya diterima bekerja dan bekerja dengan visa kerja), tetap bisa mengajukan PR di Kanada. Masalahnya, jika kita sudah ada di Kanada, setahu saya selagi proses PR kita tidak boleh meninggalkan Kanada. Jadi jika tidak ada penghasilan,agak susah juga. Sementara, jika kita mengajukan PR di Indonesia, kita masih bisa tetap bekerja di Indonesia selama menunggu proses PR. Good Luck ya.. :)

      Delete
    2. Oh gitu, maksud saya sudah berada di kanada kak! Dengan begitu masih bisa utk mengajukan PR ya dgn tetap sambil bekerja dgn visa kerja yg sedang kita pegang saat mengajukan PR!?
      Terimakasih

      Delete
    3. Kak maaf nanya lagi, kalau pengajuan setelah interview apa wajib untuk medical?
      Terimakasih

      Delete
    4. Biasanya sih prosedurnya memang begitu, pasti ada check untuk medical..Bahkan jika mengajukan resmi lewat pemerintah juga pasti ada. Lumayan strict untuk pemeriksaannya. Apalagi kalau ada gangguan paru-paru... Good Luck ya

      Delete
  9. Kak, cara mencairkan gaji di kanada sistemnya gimana ya? Kan gajinya kayak dalam bentuk struk gitu kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gaji biasanya dalam bentuk cheque. Dan sekarang bahkan lewat bank account, seperti gaji di Indonesia saja, di transfer ke Bank account kita. Untuk bentuk Cheque ya seperti biasa, kita ke Bank, ke Teller dan bisa juga melalui ATM. Masukkan saja lembaran Chequenya nanti akan masuk secara otomatis.

      Delete
  10. Apakah apply online semisal BetterPlace Immigration aman? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, jujur saya tidak tahu dan tidak bisa memberikan saran. Pernah sih melihat iklannya satu atau dua kali tapi tidak tahu aman atau tidak. Sebaiknya ditanyakan kepada kedutaan Kanada di Jakarta. Kalau saya sendiri dulu apply langsung via cic.gc.ca alias website pemerintah. Sedangkan Betterplace Immigration itu agen bukan Pemerintah. Good luck ya

      Delete
  11. Kalau kerja di Kapal ferry CTMA gmna menurut anda ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, maaf saya tidak memiliki data maupun pengalaman untuk bekerja di Kapal Ferry. Good Luck ya..

      Delete
  12. Bagaimana. Jika saya pengen pindah dan tinggal di kanada apakah bisa?klo bisa cara nya bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja bisa, semua orang di dunia kan ada hak yang sama untuk tinggal dimanapun.. Caranya, harus mengajukan aplikasi ke negara tersebut untuk menjadi Permanent Resident. Dengan status Permanent Resident atau PR, kita memiliki status resmi dan bisa mencari kerja alias bukan warga negara illegal. Caranya, mengajukan aplikasi kepada pemerintah Kanada. Bisa dilihat pada blog saya sbb : https://pictureoflife99.blogspot.com/2017/06/hidup-di-kanada-2-ingin-pindah-ke-kanada.html. Good Luck ya..

      Delete
  13. kalo di surrey harga kontrakan range brp yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung ya, tergantung di daerah mana kita mau tinggal. Kalau di kota besar tentu beda dengan harga daerah pinggiran. Rumah di Kanada juga beda ada yang jenisnya rumah single, ada yang tembok nempel dengan tetangga, dll itu semua beda harganya. Juga tergantung kota mana. Semakin ramai/metropolis kotanya tentu beda dengan kota kecil. Satu rumah ada yang $3000 sebulan, sementara di daerah lain ada yang $1500 untuk satu rumah dengan 2 kamar. Sebaiknya tentukan dulu mau di daerah mana lalu browse di google harga sewa rumah atau kamar di daerah tersebut.

      Delete
  14. Hi Winda, Salam kenal.. Saya Maggy.. plan mau lanjut kuliah di Calgary Sept 2021, lg urus2 skrg (deg2an.. 😁😁 dgn kondisi covid skrg ini) sy akan ambil 2th college, kampus tsb akan ksh Work permit graduate program (WPGP) 3th, jd akan 5 th di Canada. Saya akan bawa suami (suami ktnya akan dpt work permit jg sm spt lama istri di Canada yaitu 5th), sy akan bawa 2 anak jg (6th & 6 bln).

    Hallo Maggy, jika membaca pesan ini, mohon mengirim email ke saya di wtanurahardja@gmail.com saya tidak mempublish pertanyaannya karena agak private.. mohon email saya ya. Thx. Winda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Maggy, saya balas ya pertanyaannya.. tapi selebihnya mohon menghubungi saya via email karena terlalu private. Untuk kondisi covid spt sekarang, saya tidak yakin bisa ke canada. Karena student juga di lockdown and internasional student sptnya kalau tidak urgent, tidak datang ke Kanada karena bisa belajar online. Tapi saya tidak tahu juga apakah nanti tahun 2021 september akan masih spt begini.. moga2 tidak.. Untuk kerja parttime sambil belajar setahu saya bisa. boleh. tapi saya tidak tahu apakah waktunya keburu karena materi belajar sangat banyak disini.. semoga bisa dibagi dengan bekerja part time and ngurus anak. :( . Bisa mengajukan PR, ya bisa. Untuk jadi citizen, setelah PR dapat, kita harus nunggu 5 tahun jadi PR, lalu bisa mengajukan jadi citizen. Untuk WNI jadi PR saja, prosesnya bisa 1 tahun 8 bulan. Tapi ada juga yang cepat. Good Luck ya Maggy and sekali lagi, kalau membaca komentar ini, bisa kirim email ke saya. :)

      Delete
  15. Kak kalau biaya hidup di toronto termasuk mahal ga yah buat 2 orang? Atau sama aja kaya di Indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, Toronto kota besar spt Jakarta. and termasuk salah satu yang paling ramai and metropolis di kanada. Biaya hidup tentu saja tinggi untuk penginapan karena penduduknya padat. Tapi untuk makanan, dibandingkan Ibukota Kanada/Ottawa, makanan di restorannya lebih murah. Bahan makanan di supermarket juga lebih murah. Tapi kl dibandingkan kota kecil di Kanada tentu saja lebih mahal. Untuk perbandingan dengan Indonesia, saya kurang paham karena saya sudah lama tidak tinggal di Indonesia. Tidak tahu bagaimana biaya hidup di Indonesia. Untk 1 bulan di Toronto dua orang, makanan saja mungkin $600 belum termasuk listrik dan air serta penginapan.

      Delete

Post a Comment

Leave a comment:

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Fakta Unik Jika Ingin Membeli Mobil Di Kanada

Parkir Khusus Ibu Hamil Di Kanada

Komunitas Imigran Indonesia Di Kanada