Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada

mencari kerja di kanada
Mencari kerja di Kanada

Cara Mencari Kerja Di Kanada:

Sejak tinggal dan hidup di Kanada, banyak pertanyaan di tujukan kepada saya mengenai bagaimana mencari kerja di Kanada. Jujur, sebagai orang asing di negara ini, dan tentu saja Bahasa Inggris bukanlah "First Language" saya, maka usaha untuk mencari kerja di Kanada akan lebih susah dibandingkan mencari kerja di negara sendiri.


Hidup di Kanada tidak semudah yang dibayangkan walaupun menurut survey, Kanada termasuk negara ternyaman untuk tinggal.  Namun, ada banyak hal yang perlu di pertimbangkan sebelum melangkah untuk mencari kerja di Kanada. Bukan bermaksud menakut-nakuti atau mengecilkan hati.  Namun, berdasarkan pengalaman hidup di Kanada selama 5 tahun terakhir, berikut hal-hal yang patut di pertimbangkan jika ingin mencari kerja di Kanada:
  1. Kanada adalah negara dengan kumpulan imigran dari banyak negara, maka kompetisi mencari kerja sudah tentu tinggi.  Ingatkah, jika ingin mendapatkan PR atau Permanent Resident di Kanada, semakin tinggi gelar maka point yang didapatkan semakin tinggi. Nah, sudah tentu saingan Anda adalah orang-orang dengan banyak gelar tersebut.
  2. Jika Bahasa Inggris kurang lancar.  Maka, tingkatkanlah bahasa Inggris terutama rasa percaya diri untuk berbicara dengan Bahasa Inggris.  Di beberapa kota di Kanada bahkan menggunakan 2 bahasa selain Inggris, yaitu Prancis. Persaingan tentu semakin ketat karena Perusahaan akan mencari seseorang dengan bahasa Inggris yang lebih baik.
  3. Susah untuk mendapatkan pekerjaan illegal di Kanada.  Tidak seperti Amerika, pekerjaan Blue-Collar atau pekerjaan kasar lebih susah di Kanada di tambah lagi status kewarganegaraan yang ilegal.  Kesimpulan : susah menjadi tenaga kerja ilegal di Kanada.
  4. Suhu udara Kanada yang dingin hampir sepanjang tahun, merupakan tantangan tersendiri bagi Anda, terutama jika Anda belum memiliki kendaraan sendiri.  Bayangkan menunggu Bus di suhu udara -10C. Bahkan -20C dengan hujan es yang licin.
  5. Ketahanan fisik dan mental.  Pekerjaan yang akan Anda dapatkan tidak terkecuali adalah pekerjaan yang membutuhkan banyak kekuatan fisik.  Pikirkanlah baik-baik jika Anda termasuk orang yang bermasalah dengan kesehatan ataupun fisik yang kurang kuat.
  6. Kanada membutuhkan standard tertentu untuk dapat diterima pada lapangan pekerjaan mereka.  Bukanlah tidak mungkin kursus tambahan atau sekolah lanjutan harus Anda jalani di Kanada sebelum bekerja.  Bahkan jika Anda seorang Dokter dengan lulusan terbaik di Indonesia, Anda tetap harus mengambil pendidikan lanjutan untuk memenuhi standard di Kanada.
Nah, sekali lagi, bukan maksud untuk menakut-nakuti atau mengecilkan hati.  Namun, keputusan terbaik tetaplah di tangan Anda.  Good luck! :)

Artikel selanjutnya klik pada judul : 
Lihat Artikel Terbaru klik disini
Copyright of Winda Tanu
Klik label "Tinggal Di Kanada" di bawah ini untuk artikel menarik lainnya

Comments

  1. terima kasih informasinya. informasi seperti ini menurut saya paling baik, agar setiap pembaca memahami arti penting INFORMASI yang sangat berseliweran tentang kerja di negeri seberang, dan TIDAK MUDAH TEROBSESI terbujuk, lebih jauh TERJERUMUS pada hal yang tidak diinginkan.
    salam dari bandung west java indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Winda masih di Kanada kah.? Mohon petunjuk tata cara untuk dapat bekerja di Kanada.?

      Delete
    2. Halo juga Mas Haerul. Iya saya masih di Kanada karena memang masih disini. :) Mengenai tata cara untuk bekerja di Kanada, yang utama dapat ijin kerja dulu seperti Permanent Resident status. Karena tanpa PR status rasanya tidak ada atasan yang mau mempekerjakan karyawan ilegal. Mungkin ada, tapi saya kurang tahu karena penduduk ilegal riskan sekali dengan masalah hukum. Selanjutnya, jika sudah ada status PR ya sama spt melamar kerja di Indonesia, dengan mengirim lamaran ke perusahaan2 , interview,dll.Good Luck ya :)

      Delete
    3. Mas ada batasan usia ga mas, trus ngurus dan nanya2 info PR dimana sebaiknya mas, terimakasih banyak ya mas

      Delete
    4. Mas saya Mba, bukannya Mas2x. :p untuk informasi mengenai PR sebaiknya menanyakan di kedutaan besar Kanada yang ada di jkt atau melalui websitenya. Good Luck Mas.

      Delete
    5. Mbak Winda, bisa minta no.whatsapp nya? saya ingin menanyakan lebih banyak lagi mengenai cara kerja di Canada dan tahap" nya. Saya tinggal di Bali umur saya 32 tahun..

      Delete
    6. ya Mas Darwin, bisa kirim email ke wtanurahardja@gmail.com jika sempat pasti saya balas.. good luck ya :)

      Delete
    7. mba winda . masih di kanada kah? aq kbetulan pnya pcr org kanada dan rencana mau nikah sama dia . kpengennya c disana aq kerja kira2 gampang ga ya kl visa ku bkn visa kerja?

      Delete
    8. Hi Juga.. ya saya masih di Kanada. Kalau kerja di Kanada, agak susah jika tidak punya PR. Visa turis tidak dapat utk mencari kerja. Sedangkan visa kerja kita baru dapat jika kita sudah dapat kerja duluan. baru dapat visa kerja :( Kalau sudah nikah dengan orang kanada, bisa disponsor dengan pasangan kita untuk mendapatkan PR kanada. Tapi belakangan agak susah karena banyak orang yang kawin kontrak supaya dapat PR kanada. Jadi screeningnya agak berat dan prosesnya lebih lama daripada dulu... :(
      Good Luck ya..

      Delete
  2. Ada kontak yang bisa di hubungi WA atau yang lainnya? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ditanyakan disini Mas/Mba sehingga mana tau ada yg punya pertanyaan serupa, pasti saya balas :)

      Delete
    2. ada komunitas chef gak ... saya dulu hibachi chef di US

      Delete
    3. hello, sejauh ini belum pernah dengar tapi harusnya sih ada, mungkin bisa cari di sekolah culinary, pastinya mereka punya perkumpulan chefs :) good luck..

      Delete
  3. Kalo blm ada kerjaan atau msh mencari kalo sdh di kanada. Gmn cara memperoleh visa? Dan mengurusnya dan biaya adminnya brp yg hrs disiapkan? Trm ksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mencari info dan bertanya di Kedutaan Besar Kanada yg ada di Jakarta. Buka saja websitenya banyak sekali info di sana juga mengenai Visa dan lain lainnya.

      Delete
  4. Bagaimana caranya agar bisa bekerja di canada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama harus punya ijin tinggal dulu dan selanjutnya bisa cari di website kerja monster.ca atau website lainnya. Untuk ijin tinggal visa dll bisa mendapatkan infonya di Kedubes Kanada di Jakarta..

      Delete
  5. salam kenal,
    bagaimana dengan sekolah untuk anak di Canada? bolehkah diberi gambaran brp kisaran biaya yg harus dikeluarkan untuk pertama kali pindah ke Canada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekolah di Kanada banyak tingkatan, apakah SD, SMP, SMA atau Universitas? Untuk Universitas tentu saja bayar, tetapi untuk Elementary dan Secondary, semuanya ditanggung pemerintah/Public School kecuali mau ambil yang swasta. Informasinya dapat di lihat di website resmi Kanada : http://www.cic.gc.ca/english/newcomers/before-education-schools.asp

      Delete
  6. Hi.. saya beberapa hari yg lalu sign up di salah satu web dari Kanada yg mampu memberikan visa dan jaminan kerja di Kanada, setelah bicara lewat telepon mereka meminta biaya kurang lebih USD500, apakah hal seperti ini resmi dan dapat dipercaya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, bizarre nicara via telpon? Wah,saya baud dengar ad a web experts itu. Munchkin bisa di lempar pertanyaannya me milis orang Indonesia di Kanada di Serviamto yahoogroups. Tapi kalau saya pribadi saya tidak berminat.kecuali web dari Kedutaan Kanada. Mungkin bisa ditanyakan ke Kedutaan Kanada yg ada di Jakarta utk menghindari hal2 yg tidak diinginkan.

      Delete
    2. Thx.. saya akan tanyakan ke email tersebut, terimakasih sekali lagi

      Delete
    3. hati2scambro...gajelas..soalnya..apalg..mintaduit..spt..itu

      Delete
  7. Bagaimana cara sesorang yg sdh ilegal di Canada (pasport sdh mati 2th, visa sejak datang 2011 cuma punya 6 bln saja, dan ga pernah perpanjang. Ktp Indonesia jg mati) bisa pulamg ke Indonesia tanpa deportasi.
    Dan apa bener menikah dengan org wn canada bisa menghapus ke ilegal an, dan byr denda $5000.
    Mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya balas via email ya Mba.. untuk Passport sebaiknya hubungi kedutaan Indonesia terdekat, pasti ada solusinya. Juga kita bisa perpanjang passport di kedutaan kok. Utk pertanyaan mengenai menikah dengan orang asing saya balas via email .

      Delete
  8. Apakah lulusan smk bisa mempunyai kesempatan untuk kerja di Canada? Dan apakah bisa saya seorang diri berimigran sendiri ke Canada? Tentunya setelah uang yg saya kumpulkan cukup untuk biaya pengurusan perpindahan, dan untuk mencari tempat tinggal sewa di sana. Mohon dibalas Tuan & Nyonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap orang memiliki kesempatan yang sama di dunia ini asal mau berusaha. Kendalanya, tidak mudah pindah ke Kanada dan mencari kerja jika tidak memiliki status kewarganegaraan dan ijin kerja. Bisa di lihat pada link/post saya mengenai cara berimigrasi ke Kanada. Mengurus status kewarganegaraan dan ijin kerja adalah yang utama karna Kanada tidak memperbolehkan imigran gelap.

      Delete
    2. Yes, I'm aware that. Saya tau sebelum saya bisa menjadi warga Kanada tentunya saya harus mengurus dulu semua kelengkapan berkas saya. Saya ingin tau mbak, bagaimana cara mengurus perpindahan kita ke Kanada? dan berapa biaya yang harus saya keluarkan untuk berangkat dari sini ke sana? Saya tau kita tidak bisa langsung mendapatkan permanent resident setelah sampai di sana, maksimal kita harus tinggal di sana selama 3 tahun kan?

      Delete
    3. Satu hal yang saya lupa, saya ingin ber-imigran seorang diri. Bukan dengan keluarga, karena kalau sama keluarga biayanya nanti bisa meledak. Apakah bisa dan bagaimana cara nya mbak?

      Delete
    4. Pindah seorang diri tentu bisa. Mengenai biaya dan hal lainnya pertanyaan di atas dapat di lihat di link yang saya pernah tulis pada postingan saya https://pictureoflife99.blogspot.co.id/2017/06/hidup-di-kanada-2-ingin-pindah-ke-kanada.html?m=1#.Wne8OisQrYU


      Coba browse ke post tersebut, di situ linknya saya tulis dan klik link dr situs resmi pemerintah Kanada, infonya ada semua.. Good Luck.

      Delete
  9. perpindahan d canada tidaklh seberat mana jika dbandigkan..dnegara lain..adakah tuan pernh pergi ke negara komowel lain..dn bandigkn..dcanada..jika tak amat dukacita...

    ReplyDelete
  10. Kalau dapat visa turis pas disana dapat kerja, bisa ajukan lagi visa jadi visa kerja ga ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin dapat di tanyakan kepada boss/pemberi kerja. Siapa tau bisa mensponsori visa utk bekerja.

      Delete
  11. Saya adalah PR Canada, tapi masih menetap di Indonesia.. Pernah memang tinggal di Calgary namun tidak cukup 2 tahun, sementara perpanjangan PR harus cukup min 2 tahun tinggal di Canada.... sebenarnya, ini lagi nyari insight sihhh... apakah saya balik lagi kesana apa lepasin aja tuh PR? hehehe dan apakah klo sudah lepas PR bisa apply PR lagi kah? makasiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh Mba.. untuk lepas atau tidak PR itu sepenuhnya hak si Mbak.. apakah Mba masih mau menjadi WN Kanada atau tidak. Jika sudah lewat batas 5 tahun dan tidak memenuhi syarat untuk minimal 2 tahun tinggal di Kanada, sepertinya PR akan hangus dengan sendirinya. Belum pernah tahu apakah bisa atau tidak apply PR lagi. Mungkin Forum untuk PR Kanada lebih tahu mengenai informasi ini.

      Delete
  12. Mba, mau tanya baru ini saya dapat telepon dari salah satu agen consultant untuk pengurusan ICCRC dan CRCCI.

    Agen tersebut menelpon beberapa kali, karena ada persyaratan awal saya harus isi dokumen yg kuranf informatif dan tidak berjalan dengan baik.

    Lama2 saya jadi merasa aneh, padahal waktu itu saya hanya mengisi biodata sederhana dan langsung mendapatkan email serta telphone beberapa kali, seperti bersikeras untuk membantu saya.

    Gmn menurut pandangan anda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Mas, saya baru mendengar mengenai agen ICCRC dan satunya.. tapi mungkin orang lain pernah mendapat pengalaman serupa. Banyak memang konsultan yang mengurus hal seperti ini, saran saya selidiki dulu dan cari tau apakah orang lain pernah mendapat pengalaman serupa. Saya sendiri tidak pernah memakai agen/konsultan sehingga tidak tahu mengenai hal ini. Sebaiknya di cari lagi informasinya.

      Delete
  13. Untuk farmers gmn bs bertahan mbak dg cuaca sedingin itu?
    Apa mereka harus bekerja di tengah hujan salju?
    Soalnya ada rencana mau jadi apply as farmer di canada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, jadi farmer sangat besar tantangannya. Udara dingin tentu saja Farmers tidak akan bekerja karena sejauh mata memandang hanya akan ada salju dan tanah juga dingin/beku tanaman tidak mungkin tumbuh kecuali bekerja di Green House. Namun untuk beberapa daerah Kanada seperti British Columbia, winter mereka tidak separah daerah lainnya (salju lebih sedikit) namun dingin ya tetap dingin. Farmers sangat butuh kemampuan fisik, karena termasuk mengoperasikan alat berat dan cuaca yang ekstrem (beda dingin dan panas cukup ekstrem).

      Delete
  14. Salam kenal mbak Winda, sy mau nanya, kl pindah ke kanada, mbak lbh sarankan di kota mana yg lbh mudah cari kerja ato yg living costnya lbh rendah mungkin? Thanks ya mbak.. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau living cost rendah biasanya di kota kecil, bisa di browse di google maunya yang dekat utara (lebih dingin) atau di tengah. Sedangkan yang banyak kerjaan biasanya di kota besar seperti Toronto atau Vancouver tapi persaingannya juga besar. Bisa di lihat website/situs yang pernah saya tulis di artikel situs resmi mencari kerja di kanada. Good Luck ya.

      Delete
  15. Salam kenal ya Winda. saya mau tanya kalau tempat tinggal apakah disana ada system sewa kamar (seperti kos2 an di indo) atau harus sewa apartement? Biaya nya sampai berapa ya perbulan nya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, ya tentu saja disini bisa sewa ruangan seperti kos-an. saya pernah lihat di koran ada iklannya (banyak). Paling enak juga bisa hubungin kedutaan Indonesia karena banyak juga yang sewain rumah mereka (kamarnya). Sedangkan biaya per bulan tergantung kota di mana kita tinggal. Semakin kota besar tentu saja semakin mahal. Untuk sewa kamar saja bisa $500-600. Jadi tergantung area masing2 dan kebaikan hati ibu/bapak kost. :) Good Luck ..

      Delete
  16. lebih bagus mana jadi ilegal working di canada or US sy sdh dpt visa keduanya actualy for cash hand for salary

    ReplyDelete
  17. @Anthony Wijaya: Tentu saja US. Kesempatan kerja di sana jauh lebih besar daripada Kanada. Namun, dengan pemerintahan US yang sekarang dimana mereka agak ketat terhadap ilegal imigran, sebaiknya hati-hati dengan kondisi ini. Di Philadelphia bahkan ada Kampung Indonesia, dimana banyak orang Indonesia mencari kerja di sana. Good Luck and Take care..

    ReplyDelete
  18. Dear mbak Winda,
    Kami sudah memegang visa PR Kanada, rencana landing tahun depan. kami berencana tinggal di daerah Ottawa-Gatineau. adakah komunitas/orang Indonesia yang bisa kami hubungi disana untuk tanya2 terlebih dahulu?
    terima kasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas/Mba, oh di Ottawa ada kedutaan besar Indonesia, browsing saja websitenya lalu tanya dengan mereka pasti dijawab kok. Ada perkumpulan orang Indonesia di Ottawa kita srring ada acara di Kedutaan. Saya juga tinggal di OT. Jangan lupa daftar di kedutaan ya kalau sudah landing :)

      Delete
  19. @Anthony Wijaya : sama2.. thank you sudah mampir di blog ini... Good Luck..

    ReplyDelete
  20. halo, salam kenal mbak winda..tax dicanada brp ya..? bagus ngurus work permit. tp mw nngurus workpermit harus dpt kerja dulu..? berarti dpt kerja dulu. baru ngurus work permit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Rudy,
      Untuk Income Tax di Canada atau pajak penghasilan di Kanada besarnya bervariasi. Seperti di Indonesia, untuk range salary minimum tentunya beda pemberlakuan pajaknya dibandingkan dengan yang berpenghasilan besar. Untuk gaji di bawah standard bahkan tidak dikenakan pajak. Untuk lebih jelasnya berikut saya sertakan link dari website pemerintah Kanada yang resmi https://www.canada.ca/en/revenue-agency/services/tax/individuals/frequently-asked-questions-individuals/canadian-income-tax-rates-individuals-current-previous-years.html ,sedangkan untuk mengurus work permit atau dapat kerja dulu, biasanya kita kalau mencari kerja, normalnya pemberi kerja berpikir kita memiliki work permit, sehingga harusnya buat work permit dulu. Kendalanya, jika kita mengurus work permit, kita tidak mungkin tinggal di Indonesia dan mencari kerja dari Indonesia. Kita mau tidak mau harus ke Kanada dan mencari kerja. Mungkin satu orang dulu ke Kanada dan jika kondisi sudah stabil baru membawa keluarga/istri/anak. Namun, beberapa orang bernasib beruntung, mereka mendapatkan kerja di muka dan pemberi kerja yang mensponsori work permit, visa, dll. Menurut saya coba cari dulu pekerjaan yang memungkinkan si pemberi kerja mensponsori work permit. Jika sudah mentok dan masih berkeinginan mencari kerja di Kanada, barulah mau tidak mau mengurus work permit. Good Luck..:)

      Delete
    2. Apakah ada employee di Canada yg mau sponsori orang indo yg ada skill misal architect? Mohon info?

      Delete
    3. Mungkin ada mungkin tidak.. tergantung pas timing yang tepat :) misalnya, pada saat kita mengajukan aplikasi dan perusahaan real estate sedang booming, bisa saja.. Sekarang sih banyak perusahaan pengembang yang membangun perumahan baru. Namun sejak Covid, semua project jadi tertunda dan stop :(

      Delete
    4. Maaf mbak diatas disebutkan tidak mgkn mengurus work permit jika kita msh tinggal dan mencari kerja dari indonesia, jd setidaknya 1 org brkt dulu ke kanada dan mencari kerja dulu..yg saya tanyakan yg berangkat duluan ini menggunakan visa apa? Kl sbg turis setelah tiba di kanada bisakah kita apply work permit untuk mencari kerja? Bgmn ya mbak langkah yg mesti kita siapkan. Tolong dibantu..thx

      Delete
    5. Halo Mas, mungkin agak sedikit membingungkan ya :) jd begini, kalau mau kerja ada 2 cara, yg pertama kita melamar dr jakarta dan berharap ada perusahaan di kanada yg sponsori kita bekerja. Caranya perusahaan mensponsori kita adalah dengan mengurus PR kita atau memberi work permit kita. Suratnya dibuat di sana lalu dikirim ke alamat kt di Indonesia utk selanjutnya kita bawa surat itu ke kedutaan kanada di jkt utk mendapatkan Visa kerja shg bs berangkat ke kanada. Kemungkinan kedua spt yg saya tulis diatas. Beberapa org terkadang nekat. Datang ke kanada dengan visa turis, lalu mencari kerja di kanada. Kalau dapat, pemberi kerja akan mensponsori work permit tp cara ini riskan, bisa ketangkap. Oleh karena itu, jika mau nekat 1 orang saja pergi dulu mencari kerja, jangan sekeluarga .. mungkin maksud postingan saya lebih jelasnya spt itu :) banyak juga org yg sdh dpt PR tetap bapaknya duluan yg berangkat ke kanada. Setelah settle baru rombongan sekeluarga. Semoga jadi jelas sekarang. Trima kasih sdh mampir blog. :) and good luck..

      Delete
  21. Salam mba, mba saya freshgraduated yg ingin bekerja ke kanada. Adakah minimum nilai bahasa inggris(ielts) apabila ingin mendapatkan visa untum ke kanada? Terimakasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, salam kenal juga.. setahu saya untuk apply Visa kecuali untuk Visa sekolah, tidak memerlukan IELTS. Untuk info lengkapnya dapat di lihat di link ini..https://www.canadainternational.gc.ca/indonesia-indonesie/ Link tersebut adalah Link resmi kedutaan Kanada yang ada di Jakarta. Bagian atasnya ada opsi jika Visa Immigration Jakarta dan infonya dapat di lihat di situ. Namun harus di jabarkan dengan jelas visa untuk bekerja atau turis. Karena begitu masuk ke Kanada aturannya ketat walau tidak seketat US. Good Luck ya..

      Delete
  22. Hye ...nama saya Herry saya ini baru rencana mau ke kanada apa gampang mendapatkan kerjaan d sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Herry, mencari kerja sudah tentu sangat kompetitif di Kanada terutama masalah bahasa, selain juga banyak imigran yang bersaing mencari pekerjaan. Apalagi pekerjaan kantoran. Namun, kalau dibilang susah dapat kerja, tidak juga. Karena buktinya banyak kok orang yang dapat kerja yang bagus. Tergantung kerja keras dan nasib juga :) Intinya jangan putus asa. Nasib dan peruntungan setiap orang beda-beda. Semoga berhasil dan sukses! :)

      Delete
  23. Dear mbak Winda, saya mau tanya, untuk urus visa kerja, dibutuhkan bank statement atau proof of fund, nah kalau semisal kita dpt sponsor, apa perlu kita kita msh urus hal tsb? And honestly its very hard for me to get the enough amount as its mentioned in the cic website. Any idea from you? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Bobbgun, setau saya jika mendapat sponsor, maka sponsor yang akan mengurus visa kerja jadi kita tidak perlu repot dengan urusan formulir dan sebagainya. Oleh karenanya memang lebih enak jika bisa mendapatkan sponsor utk kerja. Maksudnya, sponsor yg menemukan kita. Good luck ya.

      Delete
  24. kk, aku semester 4 jurusan sistem informasi. niatnya abis lulus mau ke kanada jadi programmer atau developer siftware. bagaimana cara daftar kerja disana kk ? katsnya kalau mau kerja dikanada harus pegang sertifikat lulus standar untuk bekerja. kalau mau punya sertifikat seperti itukan butuh biaya, kan test nya hanya dikanada yg mana biayanya pasti mahal. kalau hitung2 berapa uang yg harus aku punya untuk urus admin dan biaya hidup 2 bulan nganggur disana sambil kerja2 kecil atau melamar ? thanks in advance

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh Adik, kalau boleh kasih saran sebaiknya jika ingin loncat jangan terlalu jauh dulu. Coba saja cari kerja di Singapore atau Malaysia yg dekat2 dulu. Utk ke Kanada harus disetarakan sertifikatnya dan harus ambil sekolah lagi. Biayanya tergantung sekolah yg mau diambil.Singkatnya, sertifikat jika bukan lulusan Kanada harus ambil sekolah lagi.Coba dulu peruntungan di Singapura.Beli koran Straight Times hari Sabtu-Minggu. Lowongannya banyak. Koran bisa dibeli di Jkt di loper koran.Good Luck ya..:)

      Delete
    2. Assalamualaikum ka. Nama saya Herli... Bagaimana kalau mau kursus bahasa inggris di Kanada, apakah mahal ka?

      Delete
    3. Hallo Herli, Kursus Bahasa Inggris di Kanada untuk imigran yang sudah punya ijin tinggal (PR) adalah gratis. kita dapat menghubungi lembaga yang memang membantu imigran selama mereka beradaptasi di Kanada. sedangkan untuk kursus, hitungannya sekolah seperti universitas atau college/akademi. Besarnya biaya tergantung universitas atau akademi yang kita mau daftar. Ya macam akademi atau universitas di Indonesia saja, Uang sekolahnya beda-beda. Bisa di cari di website dulu mau di kota mana sekolahnya dan browsing nama akademi/universitasnya. Good Luck ya.. :)

      Delete
  25. Halo mb Winda,

    Saya dan suami akan ikut pelatihan selama 6 minggu di Niagara College. Kami berencana membawa anak kami, usia 2 tahun. Saya sudah browsing biaya child care di sekitaran situ, ga sesuai budget kami..

    Apakah ada komunitas warga Indonesia di sana, mungkin ada yg bisa memberi informasi detail atau solusi.. Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Nina, Niagara College masih dekat and termasuk GTA (Greater Toronto Area) dan di Toronto banyak sekali orang Indonesia bermukim. Saran saya, coba join milis Serviamto yang pernah saya tulis pada tulisan saya mengenai komunitas imigran Indonesia di Kanada ini link nya : https://pictureoflife99.blogspot.com/2018/07/komunitas-imigrasi-indonesia-di-kanada.html kemungkinan lainnya bisa tanya ke Konjen Indonesia yang ada di Toronto, mana tahu mereka memiliki informasi tersebut. Namun, bergabung di Serviamto ada positifnya karena banyak orang Indonesia di Toronto, moga-moga ada yang dekat Niagara College. Good Luck ya.. :)

      Delete
  26. halo mbk winda, saya rencana mau ke kanada untuk daftar kerja dan sekaligus memulai hidup baru seorang diri, kira2 biaya ke kanada seberapa ya? lalu untuk mendaftar kerja sebagai guru apakah ada kesempatan? saya lulusan S1 pendidikan Fisika sudah memiliki pengalaman mengajar 2 Tahun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mas/Mba, untuk memulai hidup di Kanada, semua tergantung kebutuhan kita, agak susah mematok biaya yang diperlukan. apakah mau beli rumah sendiri, apartment, atau sewa. Pernah saya tulis sedikit pada artikel https://pictureoflife99.blogspot.com/2019/01/gambaran-singkat-biaya-hidup-di-kanada.html sedangkan untuk bekerja di Kanada, yang utama adalah status kita apakah Permanent Resident Kanada atau bukan. Sama saja seperti orang asing yang ingin bekerja di Indonesia, pastinya butuh ijin kerja dan ijin tinggal. Untuk menjadi guru, rasanya agak susah karena background pendidikan S1 bukan Canada. Disini, untuk Dokter atau Dentist saja lulusan negara lain bukan Kanada, harus di akreditasi lagi dan menempuh pendidikan sesuai standard Kanada. Tapi berusaha boleh2 saja. Nasib kan ngga ada yang tahu :) coba saja browsing sekolah2 di Kanada dan mengirim CV pada mereka untuk lowongan guru. Semoga berhasil :)

      Delete
  27. Halo mbak winda,saya mau tanya nih kalau untuk kuliner lowngn kerja nya banyak ngak mbk,dan saya baru tamatan D3 apakah bisa melmar disana dan mbk punya saran ngak agen,buat lowongan kerja disana?(Resto/Hotel)dan ada ngak persyaratn fisik untuk brkerja disana?terimakasih mbak sebekum nya dan ohon dibalas ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mas/Mba, setahu saya untuk perhotelan dan kuliner termasuk banyak kesempatannya. Tapi tentu saja saingan juga banyak :( apakah tidak mau mencoba melalui jaringan hotel di Indonesia yang bercabang di Kanada? Seperti Hilton dan Marriott misalnya, mereka mempunyai banyak cabang di seluruh dunia termasuk di Canada. Bahkan di Canada banyak juga apartments/homewood suites yang dimiliki oleh Marriott dan Hilton. Sedangkan untuk agency kerja di Kanada, bisa coba di link ini https://clutch.co/ca/hr/recruiting Good Luck ya :)

      Delete
  28. Halo mba winda, saya karyawan swasta dijakarta dan ada keinginan untuk kerja kekanada dan stay disana.. lowongan kerja untuk banker atau yg berhubungan dengan sektor jasa apakah mudah untuk diapplynya. Terima kasih mba winda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga, kalau banker seperti teller atau CS bukan nakut2in ya, agak susah bersaing krn Inggris benar2 harus fluent bahkan di Ottawa tmp saya tinggal mereka harus bilingual berbahasa Inggris dan Prancis. Ya itu utk jasa and perbankan juga RS. Selain itu, CS Bank merangkap utk finance juga kasih pendapat utk investasi , mutual funds dll jadi rata2 mereka lulusan Finance. Tapi tidak ada salahnya dicoba, kadang keberuntungan kan spt bintang jatuh dr langit. Selagi mau usaha pasti ada jalan. Good luck ya ☺

      Delete
  29. Hai mba, kalo kerjaan yg sejenis waitress recommend ga? Soalnya pengen kerja Di kanada tp gada pengalaman kerja. Jd, pengen play safe aja sambil jalan gtu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga, kalau waitress memang lebih aman ya tp banyak saingan plus kalau menurut pengamatan saya, kdg mereka mencari yg sama sekutunya. Misalnya Chinese Rest, biasanya nyari yg sesama chinese bisa ngomong cantonese mungkin juga sesama temen2nya. Kalau rest India juga gitu, rest barat juga gitu, Vietnam bahkan Prancis, jadi sesama bisa ngomong bahasa daerah mereka. Jadi agak susah. Kalau kasir, mereka lebih suka cari student yg magang atau ketika libur musim panas. Kesimpulannya agak susah saingannya.

      Delete
  30. Halow mbak..klo unt sewa kos2an ato apptm disana ribet ga sih ngurusnya unt visa turis? Misal hrs ada deposit yg besar dll spt di aussie dan NZ kan agak ribet tuh..nah klo dikanada persyaratanya apa aja ya? ( short time sekitar 5-6 bln aja sewanya) Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallow juga, untuk sewa kos2an ngga ribet ya, tapi ribetnya tentu harus deposit juga and diminta ID juga.. tapi saya kurang tahu apakah turis bisa sewa apartment.. misalnya yang ada ibu kostnya.. kalau hotel yang berbentuk apartment sih banyak and pastinya turis bisa (kalau hotel berbentuk apartment). Saran saya sih sewa sama orang Indonesia saja. Hubungi kedutaan Indonesia di kota yang mau dikunjungi biasanya mereka ada infonya. Beberapa orang Indonesia setahu saya suka menyewakan kamar. Untuk Turis Visa, sama repotnya dengan urus Visa spt ke Aussie atau USA. Hanya untuk Kanada peluang dapat Visa lebih besar daripada US Visa.. Persyaratannya bisa dilihat di website Kedutaan Kanada di Jakarta yang ada di gedung World Trade Center. Good Luck ya.. :)

      Delete
  31. Halo, mba salam kenal :) Saya berasal dari Jakarta dan tertarik sekali membaca blog dan komen mba, sangat membantu dan ramah terhadap kami-kami yang memang ada keinginan untuk melanjutkan hidup disana. Namu jujur saya masih agak bingung bagaimana memulai step awal untuk ikhtiar. Suami saya seorang auditor dan berlatarbelakang akuntansi & finance, selama ini kami tinggal di Jakarta namun kami ingin merantau bekerja untuk dapat tafakur dan belajar mandiri lebih banyak lagi. Untuk step yang harus dilalui yang saya tangkap seperti ini mba (mohon dikoreksi ya mba apabila ada yang keliru)

    1. Suami dan saya harus apply PR ke Kedubes Kanada di Jakarta
    2. Tunggu sampai PR keluar. Apabila sudah keluar dan dapat status PR, apply kerja ke perusahaan Kanada namun tetap stay di Jakarta
    3. Apabila dinyatakan diterima kerja di perusahaan di Kanada, harus mengurus visa kerja di Kedubes di Jakarta
    4. Keberangkatan

    Apakah seprti itu atau mba punya saran yang lebih baik, mba? Dan kira-kira persyaratan administrasi apa asaja yang krusial untuk kami perhatikan?

    Terima kasih banyak mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga Diza, salam kenal juga. Terima kasih sudah mampir di blog saya :) Biar singkat, langsung saya balas ya.. 1. ya, jika ingin apply PR ke Kanada, sebaiknya hubungi kedubes Kanada dan gali informasi di sana karena legal dan menghindari informasi yang menyesatkan, atau bisa langsung melalui link yang pernah saya berikan. Untuk mengajukan PR, suami saja yang mengajukan lalu di form PR akan ada formulir utk istri dan anak (tapi yang mengajukan 1 orang).2. Jika status PR sudah dapat, tidak perlu lagi VISA atau ijin kerja karena seseorang dengan status PR dapat bekerja secara legal di Kanada. Namun untuk orang asing, baru harus pakai Visa kerja. 3. Ya, memang sebaiknya jika mendapatkan PR, suami saja yang maju duluan :) jangan pindah beramai-ramai karena akan lebih susah awalnya. Jika sudah settle, barulah pindah sekeluarga.

      Sebenarnya, jujur, saya membuat blog ini terkadang ada rasa bersalah seolah saya memprovokasi untuk pindah ke Kanada. Hidup di Kanada banyak suka dukanya juga :( Dan banyak juga orang yang sudah mendapat PR lalu membatalkan atau bahkan balik ke Indonesia setelah beberapa tahun dengan alasan bermacam-macam. Dari mulai kesehatan, tidak betah, hingga udara dan pekerjaan. Jadi saran saya, sebaiknya pikirkan matang-matang dulu.... bila perlu, mencoba pindah ke negara yang lebih dekat dengan Indonesia. Namun, jika sudah bulat, saya hanya bisa mendoakan semoga berhasil and sukses ke depannya. Good Luck ya :)

      Delete
  32. Slm knl mbak winda...sy lala sy saat ini bkrja d dubai..dan sy sngt tertarik untuk bkrja d kanada ... sy sdng mencari job seperti caregivers atau houskeeping...bagaimana caranya kira2..terima kasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Lala, pertanyaannya bagus. Untuk caregiver demandnya lumayan bagus di sini setau saya sangat dibutuhkan juga bayarannya lumayan mahal. Namun harus kerja keras krn caregiver ada standard kesehatannya. Saya kurang paham apakah harus lulusan nursing atau tidak. Namun memang sgt dibutuhkan disini. Utk housekeeping saingan agak banyak dan org barat biasa kerja sendiri kerjaan RT kecuali yg punya rumah segambreng2 kali ya hehe.. tp ga ada salahnya dicoba.yang penting PR dulu harus punya. Lalu bs hub RS atau hotel/pariwisata. Mungkin jalurnya lebih mudah. Mungkin ya... good luck ya.

      Delete
  33. Penjelesan yang sangat baik. Thanks Winda Tanu

    ReplyDelete
  34. Halo mb, saya punya teman di fb orang canda suru saya ke canada ada penerimaan kerja minggu kemarin dia bagian pengurusaan, saya sudah mengirim dokument, tapi visa n paspord blm saya urus, yg saya bingung apakah ke canada kita minta atau urus visa untuk kerja? Atau jalan jalan. Ataukah bagimana mb? Pergi kesana tanpa harus melalui agen kerja indonesia ? Gimana caranya utk kesana .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mas, untuk bekerja di Kanada kita harus ada status PR/Permanent Resident Kanada. Jika kita tidak memilikinya, kita bisa saja sebagai orang Indonesia tanpa PR Kanada tapi kita harus punya Visa business untuk bekerja. Jadi sebaiknya tanyakan kepada teman Mas tsb jika ybs mau sponsor Mas untuk bekerja di Kanada, maka bisa bekerja dengan Visa Business. Namun jika kita tidak bisa di sponsor, maka harus apply PR Kanada dulu. Tapi bisa saja kita apply dari Jakarta ke perusahaan Kanada, siapa tahu memang tenaga kita dibutuhkan dengan ketrampilan tertentu maka perusahaan di Kanada yang akan sponsor kita shg kita tidak usah repot memikirkan ijin kerja dsb (seperti kasus orang asing yg bekerja di indonesia, perusahaan Indonesia yang mensponsori orang asing tsb). Visa turis hanya untuk jalan2, tidak bisa dipakai untuk bekerja. Kita bisa dideportasi jika ketahuan, bahkan fatal bisa menginap di penjara karena dianggap illegal yang berujung dideportasi. Sedangkan untuk melalui agen kerja di Indonesia saya kurang paham apakah ada atau tidak.. Sebaiknya infonya yang jelas ditanyakan kepada teman yang menawarkan :) Good Luck ya semoga bisa menjawab pertanyaannya.

      Delete
  35. Salam kenal mba Winda...saat ini saya tinggal dan kerja di Taiwan , saya ingin pindah kerja ke canada 3 bulan terakhir ini saya mencari banyak informasi di Taiwan , ada beberapa agency yg saya temui di Taiwan tapi mereka hanya fokus menyalurkan tenaga kerja ke canada dari Filipina ada agency yang bisa menerima orang Indonesia tapi sudah tidak aktif, Brosing di internet banyak informasi yang kadang2 membuat saya tambah bingung. Setelah saya baca forum ini ada sedikit rasa optimis lagi yang saya rasakan mba , tolong bantu saya mba Winda kasih saran , arahan yang baik untuk saya bisa memulai dari awal bagaimana cara nya untuk berhasil bisa mendapatkan pekerjaan di canada . Saya sudah baca forum ini dari awal tp ada beberapa hal yang belum saya paham mungkin karena banyaknya pertanyaan jadi saya tidak fokus membacanya , klo mba tidak keberatan saya bisa bertanya via email supaya sy bisa ikutin step by step pertanyaan saya dan jawaban mba Winda , dengan sabar dan senang hati saya akan menunggu balasan email dari mba Winda. Alamat email saya harrymujiono240384@gmail. com harrymujiono200514@gmail.com . Saya berharap sekiranya mba Winda tidak keberatan membantu saya , terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Harry, dari emailnya saya bisa melihat ada rasa menyerah tapi masih semangat :) maaf, saya tidak bisa mengedit commentnya untuk menutup alamat emailnya Harry, shg terlihat di public. Untuk bekerja di Kanada, spt yang sudah saya jabarkan sebelumnya, langkah pertama adalah memiliki PR atau Permanent Resident. karena di kanada sulit menjadi tenaga kerja ilegal. Dengan PR Kanada, kita bisa leluasa melamar pekerjaan. Misalnya tidak mau apply PR karena proses dan biaya serta waktu, maka pastikan melamar kerja di perusahaan yang mau sponsor kita untuk ijin kerja. Jika tidak, bagaimana bisa bekerja tanpa ijin kerja. Kita akan menjadi tenaga kerja ilegal dan terancam di deportasi. Untuk agent kerja, pastikan agent ybs mengurus ijin kerja shg tidak menjadi ilegal. Jika tidak mau pakai agent kerja, satu2nya cara dengan mengurus PR/Permanent Resident. Bisa bertanya kepada saya di forum ini, shg infonya bisa terbagi dengan orang lain yang mgkn membutuhkan atau email saya di bagian "contact" blog, pasti saya balas. Namun kadang saya sibuk dan agak lama balas, sabar ya. Berikutnya saya berniat membuat postingan blog mengenai tanya jawab secara rangkuman agar mudah di baca. Good Luck ya :)

      Delete
  36. permisi numpang tanya,
    1. kemana saya harus mendaftar kalau mau bekerja di kanada?
    2. syarat apa saja yg harus saya penuhi, dan dimana saya bisa mendapatkan persyaratan itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga, kalau mau bekerja di Kanada setahu saya, jika ingin perorangan secara pribadi, tidak perlu mendaftar. Namun jika ingin melalui agent, barulah mendaftar. Nah, masalahnya saya kurang paham agent untuk bekerja di Kanada. Mungkin dapat menggali informasi lebih lanjut mengenai info agent kerja pada Kedutaan Kanada yang ada di Jakarta. Good Luck ya. :)

      Delete
  37. Halo mba. Sy rencana migrasi ke kanada bersama keluarga sy melalui jalur studi. Apakah mba mempunyai relasi agent yang bisa membantu dari pendaftaran sekolah, visa, dan membantu mencarikan pekerjaan part time selama disana. Terima kasih byk Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga Mba Devi, wah sayang sekali saya tidak memiliki relasi agent untuk pendaftaran sekolah dll. Yang kedua, setahu saya jika ingin sekolah maka akan dapat Visa study dan saya tidak yakin apakah boleh bekerja part-time karena visanya study. Setahu saya, hanya boleh magang atau internship. Namun jika beruntung mungkin ada yang mau sponsor. Untuk membantu pendaftaran sekolah dan info apakah boleh/tidak sekolah sambil kerja, dapat mendapatkan informasinya melalui kedutaan Kanada yang ada di Jakarta, setahu saya mereka memiliki informasi tersebut. Atau biasanya tour and travel juga memiliki informasi mengenai universitas ataupun akademi di Kanada, dan sudah pasti mereka bisa membantu pengurusannya. Good Luck ya :)

      Delete
  38. mbk apa bisa minta kontak wa nya.tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,
      Di bawah setiap artikel ada nama saya, tap saja, nanti langsung bisa link ke email saya, pasti saya balas :)

      Delete
  39. Hy ka. Mau tny seandainya kl q pny tmn n org sna bs bntu g sih mksd q jd penjamin ht

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Sherley, saya kurang mengerti pertanyaannya. Coba tolong jangan disingkat2 penulisannya. q itu maksudnya apa ya? Sampai pusing bacanya...

      Delete
    2. Salam kenal, kakak cantik
      Maaf sy bertanya menempel di pertanyaannya orang lain.

      Kami sekeluarga berencana ingin berimigarsi ke canada, suami sy saat ini mulai mengirimkan CV ke perusahan disana tapi sayangnya hingga saat ini tidak ada tanggapan

      Cara yang tepat itu, kira kira bagaimana ya,kak
      Apakah kita tetap aju visa kerja dan menunggu sampai bertahun atau cara ke 2, suami sy langsung ke canada untuk mencari kerja?
      dan visa apa yang harus di aju kan, agar lekas bisa ke canada.
      Terima kasih banyak untuk waktu dan jawabannya, kak

      Delete
    3. Hallo juga dik, sudah saya jawab ya melalui email.. Good Luck ya..

      Delete
  40. Kerja kanada harus kuliah dulu atau lulusan SMK bisa kerja disana mba tolong dijawab penting nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua negara juga harus kuliah atau sekolah dulu tidak hanya di Kanada. Ya sesuai dengan jenis pekerjaan yang mau di apply apa. Kalau mau kerja jadi Dokter ya harus sekolah kedokteran dulu. Masalahnya SMK itu apa saya kurang mengerti. Kalau tidak memenuhi standard Kanada tentu kurang bisa bersaing.

      Delete
  41. Hallo mba ,
    Mau tanya kalau kerja di Kanada baru 6 bulan bisa gak ambil cuti pulang ke negara asal , ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, rasanya susah ya, tapi tergantung sama yang memberi kerja sih.. tapi rasanya, mendapatkan pekerjaan saja susah. Terus begitu dapat langsung 6 bulan kita minta ijin pulang, rasanya kurang bagus ya di mata mereka. Tapi sekali lagi, itu semua sih tergantung si pemberi kerja dan aturan perusahaannya bagaimana.

      Delete
  42. Salam kenal mba Winda. Mhn sarannya.
    Saya dpt kenalan yg kerja di canada, bos nya akan mengirimkan ke alamat sy di indonesia ,work permit utk sy kerja di canada as soon as possible setelah situasi kondusif,
    Yg mau sy tanyakan :
    setelah work permit asli nya sy terima , bagaimana cara sy urus mandiri ke embassy canada..apakah bisa via online ataukah hrs ke jakarta, apa saja syarat yg hrs sy persiapkan, brp biaya yg hrs disiapkan
    Terimakasih mhn dibalas by email..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Farda,
      Wah selamat ya jika sudah diterima bekerja :) Kalau menurut saya, aturan sekarang berbeda dengan yang dulu. Saran saya, bisa menghubungi Kedutaan Kanada di Jakarta via telpon dan menanyakan bagaimana tindak lanjutnya. Alternatif kedua, biasanya atasan atau calon Boss/perusahaan yang akan mempekerjakan kita, akan menulis secara jelas langkah apa saja yang harus kita lakukan pada surat yang dikirim ke alamat kita. Khususnya mengenai work permit tersebut. Setahu saya, dengan work permit kita harus mengajukan visa kerja di kedutaan Kanada di Jakarta. Dan visa kerja akan di dapat dengan referensi dari work permit yang kita dapatkan tersebut. Biasanya akan ada interview mengenai pekerjaan tersebut dsb. Intinya, YA, hubungi kedutaan Kanada yang ada di Jakarta dan tanyakan langkah selanjutnya. Karena work permit bukanlah VISA. Jadi kita tidak dapat masuk ke Kanada tanpa VIsa. sekali lagi goodluck ya, and semoga sukses :)

      Delete
  43. Halo mbak Winda..:) terimakasih infonya sangat membantu.. saya mau tanya, bisa tidak ya langsung mencari kerja dicanada? Atau lebih baik menggunakan agency?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga Seraphine :) ya senang jika infonya dapat membantu. Jika sudah memiliki status PR artinya sudah bisa bekerja (status PR memberikan kita ijin kerja), tentu saja bs langsung datang ke kanada dan cari kerja. Walau awalnya tentu saja tidak mudah dan belum tentu mendapat kerja yg sesuai. Tidak perlu melalui agent bisa kok cari kerja langsung asalkan ada PR nya dulu.. :)

      Delete
  44. Haii mbak Winda,sya Arif.
    Apa kabarnya mba?.
    Smoga Sehat & bahagia ya di kanada.

    Mba saya mw tanya nih.
    Untk urus visa ke kanada ad yg jalur aupair gak mba?

    mba sendiri skarang statusnya WNI apa udah WN kanada mba?
    Dan mbak bekerja dibidang apa disana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Arif, apa kabarnya juga.. saya baik2 saja semoga Arif juga baik2 saja and sehat bahagia juga.. Untuk Jalur Aupair tidak ada di Kanada. :( Tapi jika kita memiliki status PR sepertinya bisa bekerja untuk Aupair. Beberapa Negara, kita bisa mengajukan aplikasi Aupair yaitu Working Holiday Visa semacam Visa berlibur tapi bisa bekerja. Masalahnya, Indonesia tidak termasuk ke dalam daftar negara yang bisa mengajukan Visa tersebut. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di Aupair.com. Saya masih WNI dengan status Permanent Resident Kanada. Saya tidak bekerja, tapi suami bekerja. :) Good Luck ya.

      Delete
  45. Salam kenal Mba Winda..
    Apakah di kanada di butuhkan utk teknisi listrik tenaga matahari atau di butuh kan teknisi service elektronik...
    Mohon info nua Mba Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, Salam kenal juga.. Ya. Di Kanada sedang maju2nya pembangkit listrik tenaga Matahari. Namanya Canada Hydro. Bisa lihat di website ini https://www.solartechcanada.net/ Bisa baca di sana dan jika berminat mungkin bisa menghubungi website atau contact personnya. Good Luck ya.. :)

      Delete
  46. Selamat Malam kak Winda 😊

    Perkenalkan Nama saya joko

    Kebetulan saya tinggal masih diindonesia

    Nah saya tadi sempat baca baca artikel kakak mengenai hidup dikanada, sangat informatif sekali kak..

    Dan merupakan impian bagi saya untuk bisa bekerja di kanada.

    Sebelumnya saya minta ijin utk menanyakan beberapa hal mengenai step by step utk bisa dpt pekerjaan di kanada.

    Jadi gini kak. Beberapa hari yang lalu saya sempat buka web pemerintah kanada yang memposting lowongan pekerjaan.

    Saya sudah beberapa apply utk job di restoran sbg waiters / dishwasher krn saya hanya lulusan smk.

    Dan kemampua  bhs inggris saya utk conversation cukup lah,akan ttp saya sama sekali tidak mempunyai sertifikat toelf maupun ielts.. 

    1.Apakah diperlukan scan /copy sertifikat ielts ada pada CV saya kak ketika hendak apply job ?

    2. Step yang paling pertama utk mencari kerja dikanada step apa ya kak ?

    3. Apakah jika saya diterima kerja dikanada, visa kerja saya akan diurus oleh perusahaan disana atau dari perusahaan mengirimkan work permit utk pembuatan visa ? ( maaf utk bagian tentang visa saya blm begitu paham ).

     Mohon informasinya kak. Saya sangat ingin sekali utk bisa kerja dikanada kak.. dan saya skrg udah mulai cari informasinya..

    Terima kasih

     Regards

    Joko Purnomo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Juga Mas Joko,
      Salam kenal juga.. saya jawab pertanyaannya ya:
      1. jika kita orang asing bukan warganegara Kanada, memang sebaiknya melampirkan copy sertifikat IELTS agar lebih meyakinkan.
      1. Step yang kita harus lakukan memang sebaiknya memiliki PR status atau mengajukan aplikasi PR atau Permanent Resident Kanada. Karena dengan status PR, kita boleh datang ke Kanada dan mencari pekerjaan disana bukan sebagai turis melainkan sebagai penduduk Kanada. Namun, jika kita beruntung dan mengajukan aplikasi pekerjaan secara online dan diterima, sukur2 yang akan menerima kita akan membuatkan visa kerja atau mensponsori PR kita (pertanyaan no.3). Good Luck ya. :)

      Delete
    2. Terima kasih sudah membantu jawab pertanyaan saya kak.
      Apakah kalo kita apply PR harus ada kenalan / referensi orang yang sudah tinggal di kanada kak ? Atau bisa secara mandiri ?
      Apakah juga harus ada syarat minimum keuangan atau tabungan kita di rekening atau diperlukan sponsor gitu kak ?
      Better bikin PR status atau apply job via online kyak gitu kak sampe ada perusahaan yang mau membantu proses pembuatan visa dll ?
      Regards:)

      Delete
    3. Hi Mas Joko, Untuk PR, semua orang bisa mengajukan aplikasi. Namun, jika ada referensi (memiliki hubungan darah dekat spt keluarga inti) yang sudah ada PR Kanada, maka akan lebih mudah dan cepat. Ya, ada syarat keuangan setahu saya. Sedangkan untuk PR status dan apply job online, keduanya untung2an. Ada orang yang tidak punya PR tapi apply job online, diterima dan disponsor, sedangkan ada yang sudah memiliki PR namun tidak berhasil mencari kerja di Canada dan harus kembali ke Indonesia :( Good Luck ya.

      Delete
  47. Hai kak farda. Boleh tau kak farda diterima kerja di bidang apa ya ?

    ReplyDelete
  48. Hi mba Winda,
    Mba untuk pendidikan anak di Kanada yang orang tuanya bekerja ada after school daycare ya. Itu dari pihak sekolah atau bukan?
    Oniya boleh minta informasikah mengenai jam kerja dan jam sekolah anak usia TK atau PAUD?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Aiuiaiwani, ya, ada afterschool daycare. Bisa bayar kalau mau yang private. Tapi jika dari sekolah mungkin tidak bayar, tapi kita harus daftar. Sehingga bisa jemput anak sehabis kerja. Jadi setelah sekolah anak dapat daycare tambahan dari sekolah. Jam sekolahTK biasanya beda2 tergantung propinsi masing2 dan biasanya di atur perwilayah jadi tidak serentak keluar/bubar dan macet. Jadi diatur perwilayah begitu...

      Delete
  49. Hallo Mbak winda... Mau tanya kalo kita ke kanada pake visa turis apa bs dipakai untuk bekerja di kanada...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. HI juga, tentu saja tidak bisa. Visa turis hanya untuk turis dan tidak boleh bekerja. Jika melanggar, sanksinya besar, kita bisa dideportasi bahkan bisa masuk penjara di Kanada. :(

      Delete
  50. Hi mbak winda, salam kenal

    Mau share dan minta advisenya ya mbak

    2 minggu kebelakang suami lagi iseng lihat website utk menjadi warganegara Canada, dan ada bbrp informasi yg harus di isi, selang bbrp hari ada yg telp dan email, kalo dilihat mereka salah satu law firm disana yang memang utk menjadi jembatan dalam pengurusan green card

    Sebenarnya kami sangat tertarik krn ada target dan impian yg kami mau capai demi masa depan anak. Tetapi suami dan saya masih labil krn saat ini kami bekerja dijakarta dgn pekerjaan yang baik dan saat ini suami saya pun menunggu hasil ujian masuk UI utk kelanjutan pendidikannya (S2).

    Ada bbrp pertanyaan mbak dan mohon pencerahannya nih

    1. Apakah disana dengan ijazah Electrical Engineering dari PTN di indonesia akan diakui disana? Dan sudah pengalaman bekerja di indo with various field apakah dinilai/dihargai?

    2. Apakah master degree dari UI diakui di Canada? Apakah harus ada sekolah lagi untuk memenuhi standard Canada spt yg mbak sampaikan di chat seblmnya bahwa spt dokter pun ada sekolah lagi

    3. Apakah jika sudah mendapatkan green card, brp lama maksimal harus segera masuk ke Canada?

    Maaf ya mbak jadi kepanjangan, karena baru tahap awal bangetttt nih jd mungkin kalo ada pertanyaan dan butuh saran mbak kembali lebih baik saya via email yaa,

    Terima kasih sebelumnya

    Tetap semangat

    ReplyDelete
  51. Hallo Mba Anonymous,
    Salam kenal juga :) pertanyaan saya yang pertama, website lawfirm yang di buka apakah website resmi Kanada spt yang saya pernah tulis di blog? Website resmi pemerintah? Karena kekawatiran saya, saya harap tidak ada org yang kena tipu di jaman skrg yang banyak memanfaatkan situasi.

    Menjawab pertanyaannya sbb :
    1. Kemungkinan jika sudah banyak pengalaman apalagi dengan perusahaan besar, mungkin dihargai. Orang bule tidak memandang latar belakang, pokoknya hasil kerja pasti dihargai. tapi saya tidak yakin. Caranya mungkin coba saja melamar dari Indonesia ke website engineering atau perusahaan di Kanada. Siapa tahu berhasil dan disponsor untk ke sini.

    2. Untuk Kedokteran, beda kasus. karena berhubungan dengan nyawa manusia. DI Kanada, berat kasusnya kalau salah kasih obat atau malpraktek. Mungkin kalau lulusan kedokteran dari Jepang atau US, tidak perlu kesetaraan disini :) Untuk master degree dari UI, tergantung major apa dan faktor luck. Banyak yang ngga perlu kesetaraan tapi bisa2 saja dapat kerjaan di Kanada bahkan bukan dari univ terkenal sekalipun. Cuma mereka mgkn bidangnya real estate, atau management/administrasi yang modal bahasa inggris. Atau Accounting (walau perlu sertifikasi lagi disini).

    3. awal sejak mengajukan lamaran, kisaran sekitar 1-2 tahun dapat PR/permanent resident. Setlah dapat (biasanya dikirim via pos tercatat berupa surat), kita masih dikasih waktu sampai 2 tahun kalau tidak salah untuk mengoalkan surat tsb menjadi PR card (atau 5 tahun ya saya lupa).

    Via email boleh banget. Di tunggu ya :) Ya sama2. makasih juga udah mampir. :)

    ReplyDelete
  52. Salam kenal mba winda..
    Saya ingin bertanya..
    Saya berencana menikah dengan pria yang bekerja dicanada..dan rencananya setelah menikah saya ikut pindah ke canada..
    Jika saya ingin bekerja di canada apakah perlu visa kerja lg atau bagaimana mba..
    Lalu bagaimana jika bhs inggris saya tidak terlalu fasih.. I know english but just a lil bit.. Apakah mungkin untuk mendapatkan kerja disana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga, salam kenal juga :) jika menikah dengan pria Kanada, sebaiknya ditanyakan kepada calon pasangan, bagaimana statusnya di kanada. Jika ybs adalah WN Kanada, maka setelah menikah, calon bisa mensponsori PR (permanent resident). Dengan status PR, kamu bisa bekerja tanpa visa lagi. Untuk bahasa Inggris, agak susah memang, mendapatkan pekerjaan jika bhs Inggris tidak bagus :( namun, kadang modal nekat sih bisa saja dan tergantung jenis pekerjaannya juga... Good Luck ya, semoga lancar semuanya.

      Delete
  53. Salam kenal mbak Winda, semoga sehat sehat slalu, apakah rencana saya utk anak saya kira kira sdh tepat belum ya mbak....lulus SMU lalu ambil kursus bhs Inggris dulu di Kanada ( supaya ga mengalami culture shock ), kursus bhs Inggris supaya dapat sertifikat IELTS, lalu ambil program kuliah di College baru setelahnya lanjut University, apakah rencana langkah awal tsb menurut mbk Winda sudah pas utk melancarkan impian anak saya utk study, bekerja, domisili di Kanada...terima kasih sebelumnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga :) langkahnya sudah tepat sekali. Bahkan beberapa org kelas 2 SMA sudah sekolah di Kanada jd penyesuaian inggris dan masuk Univ nya lebih mudah. Dr SMA bs lgs Univ tanpa College. Kalau anaknya mau dan diterima. Lulusan dr kanada tentu bs lebih mudah cari kerja. Stlah kerja bs sponsor ortunya utk PR. Good luck Pak/Ibu. Semoga jalannya dimudahkan.

      Delete
  54. Mba Winda.. salam kenal. Sy mau tny mba kl PR itu kita harus ada ECA itu mintanya ke uni tmpt dl kiga belajar yah? Tp sy udah lulus sejak 2007 apa masih bisa? Kl misalnya sy rencana ke canada pakai visa study utk sekolah bhs trs ganti ke work permit apakah bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ivana, salam kenal juga.. keliatannya kamu sedikit rancu dengan istilah PR ini :) jadi, jika kita ingin mengajukan PR, ECA bs jd salah satu poin pendukung. Tp bukan jaminan PR lgsg dpt. PR harus diajukan/permohonan. Lulus thn 2007 bs sj balik ke kanada utk sekolah dan ajukan study visa ya. Sedangkan work permit hanya jk kt dpt kerja. Ga bs tukar visa study dgn work permit kecuali dpt kerja :) semoga menjawab kebimbangannya :)

      Delete
    2. Iya mba.. Jujur masih bingung dengan kelengkapan mengajukan PR. Karena saya sempet ada tny juga sama salah satu vlogger dan katanya wajib ada ECA, agak repot sebenernya untuk minta lagi ke uni, krn dl saya kl di kuliah di bdg skg tinggal di jkt :D

      Delete
    3. Hi Ivana, memang peraturan PR berubah2 dan belakangan memang kt bsa mengajukan PR cara cepat (entry express). Yang sy baca, ECA hanya utk entry express. dan itu juga biasanya utk mereka yang bergelar dokter atau professor kebanyakan spt itu (federal skills) utk biasa saja, stau saya masih berdasarkan point. maaf ya kalau salah. Ada link sbb yg bs kamu baca https://www.canada.ca/en/immigration-refugees-citizenship/services/immigrate-canada/express-entry/documents/education-assessed.html. Disitu disebutkan juga utk ECA ada lembaga yang ditunjuk . jd bukan ke univ lama kita. Sy rasa kalau di jkt lebih mudah dan infonya bs ditanya ke kedutaan kanada yg ada di jkt. :) semangat ya.

      Delete
  55. Mbak Winda Salam kenal..
    Saya lihat d postingan dan saya juga mau bertanya..

    Saat ini posisi saya di Indonesia. Saya mendapat tawaran pekerjaan di Kanada, di Vancouver di bagian teknis. Prosesnya lewat agensi yg ada di Manila,dan sudah final jg ke employeer di Canada. Setelah final, ternyata di minta untuk bayar immigration fee, government fee, biometric fee dan airfare sendiri yang kalo ditotal biayanya sekitar 30an. Apakah memang seperti itu prosesnya? Mohon pencerahannya, karena selama ini saya kerja foreigner tidak pernah bayar di muka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Asep, salam kenal juga. Wah selamat utk pekerjaannya, semoga lancar. Untuk kasus Mas Asep, saran saya sbb:
      1. Tanyakan kepada agennya, nama perusahaan di Kanadanya apa, dan selidiki apakah valid atau tidak. mengingat banyak penipuan.
      2. untuk biaya immigration fee dll, harap ditanyakan yang jelas. immigration fee maksudnya apakah PR? apakah Visa kerja? atau apakah ijin lainnya utk orang asing.
      3. Bisa di lihat di website cic.gc.ca, pada kolom "search" ketik saja immigration fee, atau biometric fee dan disitu tertera jumlahnya serta harus di transfer ke mana. Cocokan dengan data yang diberi oleh agen. Apakah jumlahnya sama? Dan benarkan di trf ke account pemerintah Kanada dan bukan acc pribadi? semua ada di situ.
      4. Jika masih belum yakin, bisa ditanyakan ke kedutaan Kanada yang ada di Jakarta, apakah benar utk biaya2 tersebut jumlahnya sekian dan sekian..Setahu saya, untuk pembayaran government dll, kita harus trf langsung, tidak melalui agen. Di Kanada, semua yang urusan dengan pemerintah bisa langsung ke acc pemerintah, tidak melalui Agen.

      Semoga bisa mendapat kejelasan. Good Luck Mas Asep.

      Delete
  56. halo Mbak Winda salam kenal. terima kasih atas semua jawaban utk pertanyaan dari teman2 yg diajukan. sedikit banyak memberi pemahaman pada sy pribadi.
    tapi sy mau menanyakan satu hal Mbak, jika kita sudah diterima bekerja di Kanada tapi posisi kita masih di Indonesia. itu artinya pihak perusahaan yg akan jadi sponsor utk kita mengurus visa kerja agar lebih mudah dikeluarkan bukan? jadi prosesnya tidak akan lama dan seribet jika kita tidak punya sponsor ya Mbak? terima kasih sebelumnya Mbak 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Enda, salam kenal juga. Ya benar. Jika kita diterima kerja dan posisi masih di Indonesia, maka kita tidak usah pusing2. Krn perusahaan yg merekrut seharusnya yg mengurus. Sehingga kita tidak ribet. :)

      Delete
  57. Hi mba, salam kenal, sebelumnya saya sampaikan terimakasih mba,
    Ada perkebunan di kanada yang menawari kerja saya di kanada. Yang mau saya tanyakan seharusnya perusahaan yang membantu menguruskan visa saya atau saya yang harus mengurus sendiri visa itu mba,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal juga :) harusnya perusahaan yg mengurus Mas.. kalaupun mereka tidak mengurus, mereka harusnya memberi surat/mengirim surat kepada si Mas nya, lalu surat itu bisa dibawa ke kedutaan Kanada yg ada di Jakarta utk dikeluarkan visa kerja dan work permit. Jadi saat si Mas sampai di Kanada, di airport bisa diperlihatkan surat tersebut. :)

      Delete

Post a Comment

Leave a comment:

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Pensiun Dan Masa Tua Di Kanada