Fakta Unik Jika Ingin Membeli Mobil Di Kanada

harga mobil di kanada
Jika kamu ingin membeli mobil di Kanada, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Harga mobil tidak berbeda jauh dengan Indonesia. Namun, tidak lebih mahal seperti Singapura di mana harga mobil sangat mahal. Di Kanada sendiri, jenis karoseri mobil hampir sama seperti di Indonesia. Ada Toyota, Honda, Hyundai, Mercedes, BMW, Tesla, Volkswagen atau VW hingga KIA. Namun, untuk karoseri mobil Amerika, tentunya lebih banyak seperti jenis-jenis Ford, Buick hingga Lincoln, sejenis mobil tahan banting ciri khas bodyguard di film-film.

Harga Mobil Di Kanada

Saya sendiri senang memperhatikan jenis mobil di Kanada. Jika pergi, saya senang memperhatikan mobil-mobil di jalan dan menebak model atau merknya. Jika musim panas tiba, banyak mobil bagus bermunculan. Mereka membuka kap mobil sehingga bisa menikmati udara bebas sambil menyetir mobil. Namun, ada beberapa fakta unik yang kamu mungkin baru ketahui jika kamu ingin membeli mobil di Kanada:
  1. Harga mobil di Kanada hampir sama dengan harga mobil di Indonesia. Bedanya, harga dasar pokoknya kelihatan lebih murah, namun jika di tambah dengan biaya daftar nama, dan pajak, maka harganya kurang lebih sama dengan harga di Indonesia. Untuk Sedan Hyundai keluaran tahun 2020 misalnya. Iklannya tertulis $18,000. Namun setelah di tambah pajak, perangkat tambahan di dalam mobil, ini dan itu maka total harganya mencapai $25,000hingga $28,000. Satu Dollar Kanada berkisar antara Rp. 9000 hingga Rp. 10.000 berbeda dengan Dollar Amerika, Dollar Kanada lebih murah untuk 1 Dollarnya.
  2. Orang Kanada biasanya membeli dengan "Leasing". Leasing, artinya kita mencicil selama 4 tahun. Cicilan, biasanya di bayar setiap dua minggu 1x. Setelah 4 tahun, biasanya garansi untuk mobil akan hilang dan jika ada kerusakan, kita harus membayar dari kocek sendiri. Nah, uniknya, orang Kanada malas memikirkan hal ini. Jadi, setelah 3 tahun leasing, biasanya mereka berganti mobil dan membeli atau leasing mobil yang baru! Sehingga mereka tidak akan di bebani dengan biaya kerusakan seandainya mobil mulai ngadat di tahun ke 4 atau ke 5.
  3. Membeli mobil bekas setelah tahun ke 3 leasing.  Karena poin nomor 2 di atas itulah, mobil yang tampak di jalanan, jarang ada yang terlihat butut. Ada satu dua mobil, namun tidak banyak. Biasanya, mobil yang di"lepas" setelah tahun ke 3 leasing, banyak diburu orang. Karena harganya langsung jatuh terjerembab :) Beda dengan mobil baru sangat besar dibandingkan dengan mobil sudah leasing tahun ke 3. Contohnya, harga Honda Accord 2020 baru adalah $35,000. Mobil Honda Accord yang sudah leasing tahun ke -3 alias tahun 2017, bisa terjungkal ke kisaran $15,000 atau $12,000.  Tentu saja, kondisi mobil bekas di Kanada sangat layak pakai karena udara bersih dimana debu dan polusi sangat sedikit.
  4. Penjual dan pembeli sama-sama jujur. Biasanya, orang membeli mobil di dealer mobil dan jarang sekali yang pasang iklan datang ke rumah membeli mobil perorangan. Mengapa? Karena membeli mobil di dealer lebih aman. Kecuali kamu mengerti seluk-beluk mesin mobil. Dealer mobil dapat menjual mobil baru maupun bekas. Untuk mobil bekas, Sales akan memberi tahu apakah mobil tersebut pernah mengalami tabrakan atau tidak. Jika ya, dimana letaknya dan kerusakannya. Jadi, kita harus jujur. Juga seandainya kita ingin menukar tambah dengan mobil yang kita miliki sekarang, kitapun harus jujur mengatakan kondisi mobil kita. Biasanya, dealer mobil akan menyelidiki dahulu mobil yang ingin kita jual. Caranya sangat mudah.  Dengan mengetik plat nomor mobil, semua data akan terbuka apakah mobil tersebut curian, pernah tabrakan, hingga kepemilikan mobil tersebut. Data sangat akurat di Kanada dan sistim pendataannya sangat bagus.
  5. Asuransi Sangat Mahal. Jika kamu memiliki mobil di Kanada, kamu harus membayar asuransinya. Karena itu adalah keharusan. Untuk mobil baru, asuransinya sangat mahal! Bisa $2000 per tahun! Tergantung jenis mobilnya. Untuk itulah, orang lebih suka membeli mobil bekas leasing yang berumur 3 tahun atau 4 tahun tersebut. Lucunya, asuransi mobil ini hanya asuransi untuk kecelakaan dan kehilangan. Untuk mobil diatas 4 tahun dimana masa leasing sudah selesai, orang biasanya membeli asuransi tambahan seperti asuransi jalan. Jadi, jika mobil sudah tua, kita bisa saja tetap mempertahankan mobil tersebut dan membeli 2 asuransi. Yang pertama untuk asuransi kecelakaan dan kehilangan, sedangkan asuransi jalan adalah asuransi tambahan jika mobil mogok. Jika suatu saat mobil kita mengalami kendala mesin atau mogok, kita tinggal memanggil asuransi jalan tersebut dan kita akan dibantu termasuk biaya derek dan sebagainya. 
  6. Plat nomor mobil tetap sama. Nah, yang ini unik. Karena, nomor plat mobil yang kamu miliki sekarang, akan tetap selamanya jadi punya kamu. Jadi setiap menjual mobil, Plat nomornya akan dipindah ke mobil baru kamu. Jadi selamanya nomornya sama. Masalahnya, jika sewaktu-waktu plat nomor tersebut usang seperti rusak kena hujan dan jamur dan nomornya sudah tidak begitu terlihat, kamu harus memesan yang baru. Nah, biaya pesanan ini lebih mahal dibandingkan plat nomor sembarang yang sudah jadi. Sehingga orang-orang akhirnya merelakan nomor kesayangan mereka dengan membeli plat nomor yang sudah jadi. Contohnya, biaya untuk meremajakan nomor lama kita adalah $300. Sedangkan membeli nomor baru yang sudah jadi hanya $25 saja. 

Membeli mobil bekas di Kanada

Nah, selain fakta di atas, ada lagi yang menarik seputar harga mobil di Kanada. Jika kita membeli mobil di dealer, entah mobil baru atau bekas, begitu kita tanda tangan resmi ingin membeli, maka dealer mobil memperindah mobil tersebut. Dari mulai mencuci bersih bagian luar hingga bagian dalam mobil, di semprot dengan wewangian khas mobil baru! Entah di mana belinya parfume mobil tersebut, pokoknya mobil bekas, wanginya seperti khas mobil baru. Selain itu, kamu akan dikenakan biaya pindah kepemilikan atau BPKB juga biaya plat nomor jika kita belum memiliki nomor mobil.

Satu hal lagi, orang Kanada senang memelihara binatang. Sehingga mereka sering membawa piaraan seperti Anjing atau Kucing ke dalam mobil. Nah, jika kamu ingin membeli mobil bekas di kanada, pastikan pemilik sebelumnya tidak memiliki binatang piaraan, terutama jika kamu alergi terhadap bulu binatang. 

Lihat Artikel Menarik Lainnya:
Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Tinggal Di Kanada" untuk artikel menarik lainnya

Comments

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada

Pensiun Dan Masa Tua Di Kanada