Mata Uang Kanada Terbuat Dari Plastik

mata uang kanada
Dollar Kanada 
Jika kamu tertarik dengan mata uang Kanada, kali ini saya ingin membahasnya. Mata uang Kanada sedikit unik karena lembaran uangnya, bukan dari kertas biasa melainkan dari Plastik. Oleh karena itu, mata uang Kanada jarang sekali kumal atau lecek. Selalu rapih dan bersih serta tidak berbau.

Dollar Kanada

Mata uang Kanada kita sebut juga Dollar Kanada. Satu Dollar Kanada berbeda dengan Dollar Amerika. Dollar Kanada lebih murah dibandingkan Dollar Amerika, terutama jika kurs dengan Rupiah. Biasanya, satu Dollar Kanada berkisar antara Rp. 9000 hingga Rp. 10.000. Namun jarang sekali menembus level di atas 10 ribu Rupiah per satu Dollar Kanada. Berbeda dengan Dollar Amerika yang bisa mencapai 14000 Rupiah per satu Dollarnya.

Dahulu, ketika Dollar Kanada dan Dollar Amerika tidak berbeda jauh, kita dapat membayar Dollar Amerika dengan Dollar Kanada, lho.  Terutama jika kita hendak berbelanja di Amerika.  Demikian juga sebaliknya. Namun, sekarang tidak berlaku lagi. Kita tetap harus membayar dengan mata uang yang berlaku.

Dollar Kanada warnanya macam-macam, sesuai dengan jumlahnya. Mata uang Kanada terdiri dari pecahan 100, 50, 20, 10 dan 5 Dollar. Pecahan tersebut menggunakan lembaran plastik atau yang kita sebut "Bill". Sedangkan uang logamnya, terdiri dari 1 Dollar, 25 cent, 10 cent dan 5 cent atau yang kita sebut "Coin".

Mata Uang Kanada dari plastik

Untuk lembaran plastik, kita dapat membedakan dari warnanya. Besar atau ukurannya sama untuk semua uang "plastik" tersebut. Hanya warnanya saja yang berbeda. Ada hologram khas uang, juga tanda "Braille" bagi mereka yang tidak dapat melihat atau penderita Tuna Netra. Sedangkan mata uang logamnya lebih unik. Untuk 1 Dollar misalnya, warnanya Kuning atau "Gold", Sedangkan pecahan 25 cent, 10 cent dan 5 cent semua warnanya sama, yaitu warna logam menyerupai warna besi.

Untuk 1 Dollar Kanada, bentuknya lebih besar dari pecahan lainnya. diikuti dengan pecahan lain bentuknya menyesuaikan artinya semakin kecil nilainya, maka bentuknya semakin kecil. Uniknya, untuk 10 cent entah mengapa justru lebih kecil daripada 5 cent. Saya sering tertukar antara 5 cent dan 25 cent. Karena bentuknya hampir sama! Saya sering protes kenapa uang logam gambarnya tidak dibedakan. Semua gambarnya sama, yaitu gambar Ratu Elizabeth untuk bagian depannya. Bagian belakangnya barulah berbeda. Sehingga, orang pada umumnya membalik dahulu bagian belakangnya untuk memastikan apakah uang tersebut 25 cent atau 5 cent. Untuk 1 Dollar, adalah 100 cent. Jadi, jika kita membayar 1 Dollar dan hanya memiliki uang cent atau coin, maka kita dapat membayarnya dengan 4 logam uang 25 cent. Mudah bukan?

Nah, dibandingkan uang "plastik" Kanada atau Canada Bill yang tidak mudah kotor dan selalu rapi, tentu saja uang logam atau coin Kanada dapat kotor dan berbau. Namun tentu saja tidak terlalu kotor karena tidak pernah dipakai untuk "kerik" atau "kerokan". :)

Baca Artikel lainnya:
Lihat Artikel Terbaru klik di sini
Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Tinggal Di Kanada" untuk artikel lainnya

Comments

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada

Pensiun Dan Masa Tua Di Kanada