Melonjaknya Harga Rumah Di Kanada

harga rumah di kanada

Kali ini topiknya mengenai harga rumah di Kanada. Belakangan ini, rumah di Kanada melonjak dan sedang laris manis. Jika kita menjual rumah, lakunya sangat cepat bahkan dalam hitungan 1 minggu, rumah sudah laku! Yang membeli juga berebut hingga di "bid" atau dipertaruhkan. Siapa yang menawar harga rumah lebih tinggi dialah yang mendapatkannya.
Beberapa tahun yang lalu, pasar rumah di Kanada tidak begitu menarik. Jika ingin menjual rumah, lakunya terbilang agak lama. Namun belakangan, semakin banyak orang datang ke Kanada berimigrasi. Sehingga kebutuhan akan rumah semakin ketat. Bahkan sering kita mendapat telpon dari agen rumah, menanyakan apakah kita ingin menjual rumah kita.  Apalagi, jika kita tinggal di lingkungan yang bagus dan sangat diminati orang.

Harga Rumah Di Kanada

Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya pada artikel Biaya Hidup Di Kanada, rumah di Kanada banyak macamnya. Di Kanada, orang tidak bisa sembarangan membangun rumah seenaknya. Ada aturan sendiri mengenai ukuran tembok, jenis rumah, hingga jenis atap yang harus digunakan. Berbeda dengan Indonesia di mana orang bisa membuat taman di atap (roof top), di Kanada, mana boleh! Bisa-bisa kita dikenakan denda karena bisa menggangu privacy alias "mengintip" tetangga.

Harga rumah di Kanada, bervariasi tergantung kota tempat kita tinggal dan jenis rumah. Harga rumah di kota besar tentu berbeda dengan rumah di pedesaan Kanada. Juga kota tempat kita akan tinggal. Harga rumah di Toronto misalnya, tentu berbeda dengan harga rumah di Ottawa, Montreal, bahkan Quebec. Juga pajak bangunan di tiap daerah berbeda.

Jenis Rumah di Kanada:

  • Townhouse. Jenis Townhouse ini, artinya rumah kita bersebelahan dengan tetangga kiri dan kanan dempet. Jadi, tembok kita dengan tetangga sebelah menjadi satu. Dan biasanya ada tetangga kiri dan kanan. Townhouse tentu saja harganya termurah dibandingkan dengan jenis rumah lainnya. Namun jangan salah. Townhouse di kota besar di Toronto misalnya, harganya bisa lebih mahal dibandingkan rumah single di kota lain seperti Montreal. Kisaran harga Townhouse bisa dari CAD 300,000 hingga CAD 600,000 bahkan lebih, terutama untuk townhouse di kota besar.  Namun, untuk kota kecil dan pinggiran, bisa juga dibawah CAD300,000.  Biasanya, Townhouse memiliki kamar 1,2 hingga 3. Jarang ada yang lebih dari 3 kecuali di renovasi lebih lanjut.
  • Semi Detach. Rumah Semi Detach ini maksudnya tembok kita yang menempel dengan tetangga hanya 1 tembok. Sisi lainnya tidak menempel dengan tetangga. Jadi kita masih ada privacy pada sisi bangunan lainnya. Namun, untuk tembok yang menempel dengan tetangga tersebut, kita tetap saja harus berbagi area. Misalnya kebun. Karena pekarangan depan rumah, menjadi satu pekarangan. Biasanya orang membatasi kebun mereka dengan menanam bunga atau pohon tertentu untuk menandai batas dengan tetangga. Namun, di Kanada, orang tidak boleh membangun pagar depan rumah. Jadi, halaman kita dengan tetangga harus berbagi. Susahnya, jika tetangga memiliki binatang piaraan yang suka sembarangan pipis atau membuang kotoran di area pekarangan kita. Jadi tidak nyaman! Harga rumah Semi Detach juga tergantung lokasi. Bisa saja, untuk daerah pinggiran Kanada, Semi detach bisa kita dapatkan dengan harga CAD200,000. Sementara di daerah lain, Townhouse pun tidak dapat. 
  • Single Home. Nah, single home ini adalah rumah yang berdiri sendiri. Jadi, kiri kanan kita tidak memiliki tetangga yang berdempetan. kita pun memiliki pekarangan pada sisi kiri kanan rumah, juga depan belakang. Tentu saja, harga rumah single home lebih mahal, terutama pajak bangunannya. Namun, untuk daerah pedesaan, rumah single home masih sangat terjangkau karena umumnya terbuat dari kayu dan sedikit tua. Sedangkan untuk rumah baru dan daerah di perkotaan, harganya sangat mahal. Untuk daerah Toronto misalnya, Single home bisa mencapai 1 juta Dollar Kanada bahkan lebih! Sementara ukurannya tidak begitu besar dibandingkan harga yang sama jika kita membeli rumah di Jakarta.

Fakta Jika Membeli Rumah Di Kanada

Ada beberapa fakta yang berbeda dengan Indonesia, jika kamu ingin membeli rumah di Kanada. Diantaranya:
  1. Rumah yang dekat dengan sekolahan, sangat diminati. Karena orangtua bisa hanya berjalan kaki untuk mengantar anak sekolah. Berbeda dengan di Indonesia, dimana rumah dekat sekolah dianggap berisik dan ramai. Tidak halnya dengan Kanada.
  2. Rumah yang dekat dengan jalan raya kurang diminati. Nah, fakta ini ironis dan bertolak belakang dengan apa yang saya lihat di Jakarta. Jika di Jakarta orang senang rumahnya dekat dengan fasilitas seperti Mall, Toko, Restauran, dan fasilitas belanja lainnya, tidak halnya dengan Kanada. Orang tidak suka rumahnya dekat dengan Mall karena ramai. Dekat restauran juga tidak suka karena aroma restoran akan cukup mengganggu, apalagi restauran India yang menggunakan banyak rempah!  Dan karena rumah di Kanada tidak boleh memakai pagar, maka orang yang memiliki anak kecil lebih suka rumah yang jalannya agak masuk ke dalam (bukan jalanan utama). Sehingga mobil tidak bisa dengan kecepatan tinggi untuk memasuki komplek perumahan tersebut.
  3. Jika kita hendak membeli rumah, biasanya kita memakai agen rumah atau agen properti. Pun jika kita ingin menjual rumah. Hal ini demi memudahkan mengurus proses administrasi dan pajak rumah serta inspeksi rumah. Walau kita harus membayar komisi untuk agen rumah.  Namun ada juga yang menjual rumah tanpa agen.
  4. Rumah dengan bagian belakang taman, sangat diminati. Bagian belakang rumah, biasanya adalah kebun dan rumah orang lain. Nah, beberapa daerah, bagian belakang rumahnya bisa saja berupa taman atau tempat bermain anak. Rumah seperti ini sangat diminati dan biasanya harganya lebih tinggi dan cepat laku! Karena orang senang dengan privacy. Mereka bisa duduk-duduk di belakang rumah tanpa tetangga melihat.
  5. Semua rumah memiliki Basement. Rumah di Kanada, hampir semuanya memiliki basement. Basement ini biasanya mereka "sulap" menjadi ruangan. Bahkan banyak rumah yang basementnya seperti rumah biasa tanpa ada kesan basement karena ada home theathernya!  Namun, untuk menyulap basement ini, biayanya cukup mahal. Biasanya minimal kisaran CAD20,000 untuk standard basement. Jika kita ingin menambah lainnya seperti ada kamar mandi hingga dapur, tentu saja harganya berbeda. Banyak orang yang menyulap basementnya, lalu menyewakannya kepada orang lain. Sehingga penyewa tinggal di Basement dan yang punya rumah tinggal di atasnya.
Semoga bacaan kali ini bisa memberi sedikit informasi tentang rumah di Kanada. Untuk orang asing yang ingin membeli rumah di Kanada, harganya kalau tidak salah lebih mahal 30 persen, juga pajak bangunannya. Namun, saya tidak tahu lebih yakinnya mengenai hal tersebut.

Copyright of Winda Tanu
Klik label "Tinggal Di Kanada" untuk artikel menarik lainnya

Comments

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada

Fakta Unik Jika Ingin Membeli Mobil Di Kanada

Parkir Khusus Ibu Hamil Di Kanada