Pensiun Dan Masa Tua Di Kanada

pensiun
Pernahkah kamu membayangkan masa tua atau pensiun di luar negeri? Misalnya, selagi muda, kita giat mencari uang, salah satunya bekerja di luar negeri. Setelah memiliki tabungan, apakah kita memutuskan untuk pensiun di luar negeri atau menghabiskan masa tua di luar negeri atau kembali ke Indonesia? Dalam hal ini, saya ingin berbagi sedikit cerita mengenai masa tua atau menghadapi pensiun di Kanada. 

Pensiun Dan Kehidupan Lansia di Kanada:

  1. Rumah Jompo/Retirement Home. Jika di Indonesia orang tua biasanya dirawat oleh anak atau tinggal bersama anak, tidak demikian halnya dengan orang di Kanada. Orang barat, biasanya tinggal sendiri tidak bersama anak. Bermacam alasannya. Diantaranya, menginginkan privacy, tidak mau menyusahkan anak, kurang cocok dengan anak, hingga memang ada yang tidak memiliki keluarga sehingga mau tidak mau, tinggal di rumah Jompo atau Retirement Home. Jangan bayangkan Retirement Home atau Rumah Jompo yang jelek. Umumnya, Rumah Jompo di Kanada seperti apartment dan harganya mahal! Sebulan, kita harus membayar sekitar $2000-$3000 per orang. Jadi, suami istri tentu harus membayar untuk 2 orang! Namun ada juga Rumah Jompo milik pemerintah bagi yang kurang mampu. Biasanya, lebih tidak memadai dan sedikit tidak terpelihara. Sedangkan milik Swasta seperti yang saya sebutkan diatas, diatas $2000 per bulan. Dengan harga demikian, kita akan mendapatkan makan 3x, plus snacks dan juga acara lainnya termasuk kamar yang dibersihkan dan antar jemput jika kita hendak bepergian. Beberapa Rumah Jompo yang kelas "elite" memiliki kolam renang dan program bagi Lansia. Bahkan jika sakit, ada dokter yang siap datang termasuk fasilitas Ambulance dan suster.
  2. Uang Pensiun Dari Pemerintah. Di Kanada, pemerintah memberikan kita uang Pensiun setiap bulannya, setelah kita mencapai usia 65 tahun. Namun uang pensiun tersebut berbeda tiap orangnya. Jika ingin yang full, maka kita harus memenuhi beberapa syarat diantaranya pernah bekerja di Kanada, dan 40 tahun sudah hidup di Kanada. Jadi, jika kita baru datang ke Kanada di usia 40 tahun dan tidak bekerja, maka tidak akan mendapatkan uang full pada saat kita mencapai 65 tahun (minimal sudah 10 tahun hidup di Kanada). Beberapa orang memundurkan masa pensiun mereka demi mencapai 40 tahun syarat kelayakan. Misalnya, mereka mendarat di Kanada umur 30 tahun, maka mereka bekerja terus hingga usia 70 tahun agar mendapatkan uang full. Uang pensiun dari Pemerintah jumlahnya tidak besar antara $700-$1000 per bulan, tergantung kelayakan kita. Bahkan ada yang hanya mendapat $400 sebulan namun ada juga yang mendapat hingga $1,400 sebulan.
  3. Gratis Obat-obatan. Jika sudah Lansia, umumnya seseorang akan mengidap beberapa penyakit degeneratif dimana kita harus minum obat rutin setiap harinya seperti obat Diabetes, Darah Tinggi, bahkan Jantung. Jika di negara lain kita harus mengeluarkan uang bulanan untuk obat tersebut, di Kanada obat bagi Lansia adalah gratis. Walaupun beberapa obat yang mahal dikenakan biaya, namun tidak sebanding dengan harga obat. Biasanya hanya biaya administrasi kisaran $5. Tapi sebagian besar, obat tersebut adalah gratis dan tidak ada biaya sama sekali. 
  4. Fasilitas Kemudahan di dalam rumah. Jika kita tidak ingin tinggal di Rumah Jompo, biasanya orang Kanada tinggal di rumah dengan satu lantai (tidak bertingkat). Di dalam rumah, akan disesuaikan dengan kondisi lansia seperti lantai kamar mandi yang tidak licin, kamar mandi dengan tempat duduk, hingga pegangan tangga agar tidak jatuh. Fasilitas ini kita keluarkan dari uang kita sendiri pribadi.
  5. Bus Gratis. Setiap hari tertentu dalam 1 minggu, adalah hari gratis bagi Lansia. Dimana kita bisa naik turun bus seenaknya tanpa membayar. Biasanya hari ini dimanfaatkan Lansia dengan bepergian hingga berbelanja. Ada juga layanan antar jemput yang ditelpon sebelum kita pergi. Namun biasanya kita harus membayar sejumlah uang dan biasanya bagi Lansia yang sama sekali tidak dapat berjalan/menggunakan kursi roda.
  6. Program Gratis Bagi Lansia. Kita dapat bergabung dengan komunitas Lansia. Misalnya, setiap Senin mereka mengadakan senam, Selasa lomba Catur, Rabu bermain kartu, lalu bernyanyi, dan sebagainya. Sehingga Lansia selalu ada kegiatan dan tidak menganggur hingga bosan. Hal ini yang tidak saya temui di Indonesia. Di Indonesia, orang tua biasanya bengong tanpa kegiatan. Sehingga mereka menjadi jenuh bahkan diantaranya jadi sakit-sakitan. Di Kanada, selalu diusahakan ada aktivitas fisik setiap harinya sehingga hari demi hari terlewati tanpa kebosanan.
  7. Musim Salju Yang Berat. Nah, yang ini, sangat tidak enak. Banyak Lansia yang susah ketika musim dingin tiba. Mereka bisa jatuh karena licin tergelincir di salju, hingga sakit karena cuaca yang ekstrem. Belum lagi, mereka harus mengeruk salju ketika keluar rumah. Ada layanan untuk mengeruk salju, namun kita harus membayar.

Pensiun Di Kanada

Nah, bisa membayangkan sekarang, apakah kamu mau menghabiskan masa tua di Kanada? Berpikirlah masak-masak karena masa tua di negara orang sangat berat dimana kita jauh dari sanak keluarga. Walaupun, dekat dengan keluarga tidak berarti kita ada yang mengurus. Itulah sebabnya, orang Kanada menghemat uang mereka ketika muda, karena mereka harus membayar Rumah Jompo atau Retirement Home ketika mereka tua nanti sehingga mereka tidak pusing dengan mengeruk salju maupun rumah yang rusak. Jika ingin kembali ke Indonesia, pastikan kita tetap memegang kewarganegaraan Indonesia sehingga kita tetap bisa membeli property di Indonesia untuk masa tua.
Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Tinggal di Kanada" atau "Chit-Chat" di bawah untuk artikel lainnya

Comments

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Dilarang Membawa Daging Ke Luar Negeri

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada

Fakta Unik Jika Ingin Membeli Mobil Di Kanada