Komunitas Imigran Indonesia Di Kanada

komunitas Indonesia di kanada

Orang Indonesia Di Kanada

Memutuskan migrasi ke Kanada pasti perasaan campur aduk. Ujungnya, seperti yang saya alami dahulu, saya repot mencari komunitas orang Indonesia di Kanada. Saya banyak mencari tahu tentang kehidupan di Kanada dan imigrasi orang Indonesia di Kanada. Jangan kawatir. Di Kanada banyak komunitas orang Indonesia lho.

Komunitas orang Indonesia 

Pertama, begitu migrasi ke Kanada, segeralah cari kedutaan Indonesia di Kanada, di kota tempat kita tinggal.  Kedutaan Besar (Kedubes) Indonesia hanya ada di Ibu Kota Kanada yaitu Ottawa. Selebihnya, di kota lain hanyalah Konsulat Jenderal (Konjen). Segeralah daftarkan diri Anda di sana (Anda juga dapat mendaftarkan diri di Konsulat Jenderal/tidak harus di Kedubes). Setidaknya hal ini untuk memberitahu keberadaan Anda dan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan (jangan sampai deh!). Ketika mendaftar, passport kita akan di cap dan dicatat atau di registrasi.  Dari Kedutaan, Anda dapat meminta mailing list atau menjadi anggota mailing list Kedutaan. Sehingga, jika kedutaan Indonesia mengadakan acara seperti 17 Agustus, Hari Raya Idul Fitri maupun Natal, kita akan dikirimi pemberitahuan dan bisa datang ke kedutaan dan bertemu dengan orang Indonesia lainnya. Mailing list juga berguna jika ada acara seperti Pemilu di mana Anda tentu saja memiliki hak untuk memilih/mencoblos, walaupun Anda berada di luar negeri.

Kedua, bergabunglah dengan milis orang Indonesia di Kanada. Di antaranya Serviamto (yang berbasis di Toronto), Syiar Montreal (Komunitas Muslim Indonesia di Montreal), maupun milis KBRI Ottawa untuk orang Indonesia yang bermukim di Ottawa. Menurut saya, Serviamto termasuk yang besar.  Dari situ dapat banyak teman di kota lain (di Kanada).  Bergabung dengan milis orang Indonesia, selain dapat bertukar pikiran mengenai kehidupan, pekerjaan hingga masakan, Anda juga dapat mengurangi rasa homesick atau rindu kampung halaman. Setidaknya sosialisasi dan memiliki aktivitas dengan warga Indonesia.

Ketiga, pasang mata dan telinga ketika berbelanja di supermarket. Begitu dengar bahasa Indonesia atau berbelanja Indomie atau Kecap ABC, langsung deh tebak.. "Orang Indonesia ya!"... heheeee
Jadi, jangan takut ya, banyak orang Indonesia di Kanada lho.

Artikel lainnya : Musim Dingin Di Kanada

Lihat Artikel Terbaru klik di sini
Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Tinggal Di Kanada" di bawah untuk artikel lainnya

Comments

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada

Fakta Unik Jika Ingin Membeli Mobil Di Kanada

Pensiun Dan Masa Tua Di Kanada