Menjadi Imigran Ilegal Di Kanada, Bisakah?

imigran ke kanada

Ingin Menjadi Warga Negara Kanada:

Susahnya menjadi warga negara Kanada, membuat orang nekat menjadi imigran ilegal di Kanada. Bisakah hal ini dilakukan? Jawabannya : tidak bisa. Proses aplikasi menjadi warga negara Kanada yang menyita waktu dan persyaratan yang tidak mudah seringkali membuat orang mengambil jalan pintas. Beberapa pertanyaan di bawah ini sering saya dapatkan:
  1. Berapa lamakah Visa/ijin tinggal ke Kanada? Biasanya sebagai turis, kita diberikan ijin tinggal selama 6 bulan. Setelah 6 bulan dan kita lewati batas waktu tinggal, maka Anda akan kesulitan kembali ke tanah air karena cap di passport Anda akan memberi tahu petugas imigrasi bahwa Anda telah "overstay". Jika sudah overstay maka kemungkinan besar Anda akan di deportasi.
  2. Jika nekat tinggal di Kanada dengan bisakah mencari kerja dengan visa turis? Jika Anda beruntung tentu bisa, tapi jangan harap akan mendapatkan pekerjaan kantoran. Biasanya pekerjaan kasar dengan bayaran "cash". Karena jika bayaran via cheque Anda akan dimintai SIN (sejenis NPWP), dan dari situ akan ketahuan jika Anda imigran ilegal.
  3. Dapatkah kita memiliki SIN/NPWP padahal status ilegal? Tidak bisa. Karena proses pengajuannya membutuhkan banyak syarat termasuk kartu "Permanent Resident (PR)" atau sejenis KTP. 
  4. Jika tidak memiliki KTP/Kartu PR apakah masalahnya? Banyak. Beberapa di antaranya : tidak dapat membuat kartu NPWP, tidak dapat membuat kartu berobat, dan tidak dapat memperpanjang Passport (jika habis). Karena Kedutaan Indonesia akan meminta kartu PR Anda. Anda juga tidak dapat memiliki SIM.
  5. Jika Anda tidak memiliki KTP/SIM, maka akan susah untuk membeli mobil atau rumah. Jadi semuanya akan berantai dan saling menyambung dan berkaitan satu sama lain.
  6. Faktor kenyamanan hidup. Mungkin, Anda bisa saja hidup tanpa status yang jelas alias ilegal imigran. Mencari uang tidak menjadi masalah selama Anda beruntung.  Namun, Anda akan merasa kurang nyaman dan damai karena selalu takut. Anda akan selalu merasa was-was jika bepergian, karena jika kita ingin bepergian jauh (dengan mobil keluar Kanada), kita akan diminta untuk menunjukkan passport atau identitas lainnya.
Kesimpulannya, jika beruntung, Anda bisa saja migrasi ke kanada, menjadi tenaga kerja ilegal atau imigran ilegal dan mencari kerja di Kanada, namun dengan kondisi :
  1. Anda tidak boleh sakit (karena tidak bisa berobat/tidak memiliki kartu berobat). 
  2. Menyimpan uang di bawah bantal (karena tidak bisa membuat account/tabungan di Bank).
  3. Tidak bisa membeli mobil.
  4. Tidak bisa membeli rumah.
  5. Jika Overstay dan passport habis, tidak bisa kembali ke tanah air kecuali di deportasi dan tidak dapat kembali ke Kanada.
  6. Anda tidak dapat ke Indonesia atau keluar Kanada karena Passport habis atau ijin tinggal habis/overstay.
Maka pikirkanlah baik-baik sebelum mengambil keputusan yang salah untuk menjadi warga negara ilegal atau imigran ilegal, tidak hanya di Kanada namun juga di negara lain.

Baca Artikel Lainnya :
Lingkungan Kerja Di Kanada,
Mengapa Pindah Ke Kanada?

Mendengar lewat Spotify klik disini

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Tinggal Di Kanada" di bawah untuk artikel lainnya

Comments

  1. Keras sekali peraturan disana. Cenderung ke serem heheh... Btw winda disana?

    ReplyDelete
  2. mba winda,
    saya mau bertanya apakah untuk apply pekerjaan ada batasan usia,
    misal seperti 30-40 sudah langka pekerjaan,

    saya lulusan S2 di Indonesia yang kesulitan mengembankan karir, saya membidik kanada karena mentor profesor saya pernah disana,
    kira2 langkah apa saja yang mba winda sarankan ?

    oh iya jika boleh, saya mau konsul juga via email,
    mohon tanggapannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh Mas..saya ilmunya masih dangkal seputar pekerjaan dan mencari kerja di Kanada. Mungkin bisa berkunjung ke forum2 mengenai perpindahan di Kanada. Di antaranya ada mailing list Serviamto (bisa di cari di google). Banyak yang bertukar pikiran di sana seputar kehidupan di Kanada. Mengenai umur mencari kerja, menurut saya semua tergantung dari nasib dan jalan hidup dari Tuhan. Siapa tahu beruntung.. Good Luck! :)

      Delete
  3. Good morning (in Indonesia) Winda , saya 52 tahun , experience oil and gas mechanical, fluenly in English bisakah ke Canada ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Pak Slamet, ya selamat sore juga waktu Kanada.. untuk bekerja, semua tergantung nasib dan keinginan juga kemauan. Selama masih positif dan aja jalannya siapa saja tentu bisa bekerja di Kanada. Hanya kendalanya cuma satu, bekerja di Kanada harus ada ijin kerja atau status PR (permanent resident) sebab employer kita akan menanyakan hal tersebut apakah ada ijin kerja atau status kita apakah PR atau bukan.

      Sekedar info, untuk lapangan oil and gas, propinsi Alberta mungkin ladangnya. Banyak oil and gas company di sana. Namun, sangat kompetitif mengingat sejak Venezuela mengalami krisis di bidang oil and gas, banyak imigran datang ke Alberta. Mungkin bisa search di google untuk company mana yang banyak di Alberta dan mencoba peruntungan/mengirimkan lamaran kerja ke sana. Good Luck and semoga berhasil Pak Slamet.

      Delete
  4. Selamat pagi mbak winda...
    Saya mau nanya, kira2 berapa lama waktu yg dibutuhkan untuk memproses menjadi imigran kanada..soalnya sya punya teman di Vancouver, katanya harus ada sponsor ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Juga Cerita hidupku, jika mengajukan aplikasi PR melalui jalur resmi di website pemerintah yang saya pernah berikan (cic) biasanya 1.5-2 tahun. Untuk aplikasi tersebut tidak perlu sponsor. Jika mau melalui sponsor, bisa seperti kita mendapatkan pekerjaan di Kanada, lalu PR di sponsor oleh si pemberi kerja. Jika tidak mau melalui pekerjaan, maka harus mengajukan sendiri melalui tahapan yang saya beritahukan di atas yaitu website resmi pemerintah Kanada. Jika mau di sponsor orang lain tanpa kerja, bisa, misalnya orang tersebut sudah ada PR Kanada, mau sponsori kita, tapi harus ada hubungan darah spt keluarga, saudara, orangtua, atau anak. Good Luck ya...

      Delete
    2. Mohona maaf winda saya mau nanya soal SIN kalau kita student visa apakah bisa bikin nya.

      Delete
    3. Wah ini pertanyaannya bagus deh.. Coba saya selidiki dulu ya nanti saya balas kalau sudah ada jawabannya.. ..

      Delete
    4. HI, saya menemukan jawabannya pada website pemerintah Kanada
      https://www.canada.ca/en/immigration-refugees-citizenship/services/study-canada/work/work-on-campus.html

      Jika kita sebagai student, bisa bekerja dan mengajukan SIN. Infonya dapat dibaca lebih lanjut pada link tersebut. :)

      Delete
  5. Can Indonesian embassy check our legal status in canada?

    ReplyDelete

Post a Comment

Leave a comment:

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada

Pensiun Dan Masa Tua Di Kanada