Culture Shock Di Kanada Yang Perlu Kamu Ketahui

culture shock di kanada
Culture Shock Di Kanada
Culture Shock yang ingin saya bahas ini adalah culture shock di Kanada yang saya temui. Mungkin beda tipis dengan culture shock di negara barat lainnya. Pengertian culture shock atau yang bisa kita lihat dari Wikipedia disebut Gegar Budaya yaitu kondisi di mana seseorang "kaget" atau "shock" menghadapi perbedaan budaya di tempat lain yang berbeda dengan budaya di mana orang tersebut tinggal sebelumnya.
Gambar di atas adalah Petunjuk Larangan memakai Parfum yang saya foto di salah satu klinik. Hal tersebut adalah salah satu contoh Culture Shock di Kanada (lihat bacaan di bawah).

Mungkin, secara garis besar, Culture Shock di negara Barat bisa dikatakan seputar orang Barat yang selalu on time atau tepat waktu dibandingkan orang Timur.  Atau, orang Barat tidak mengenal basa-basi dibandingkan orang Timur. Namun, ada beberapa dimensi lainnya yang menarik untuk kamu ketahui. Ini pengalaman saya selama tinggal di negara kutub Utara ini.

Culture Shock di Kanada:

  1. Senang binatang, terutama Anjing dan Kucing. Jangan heran jika setiap jalan kaki kita akan menemui orang membawa jalan Anjing. Pengalaman saya ketika pergi liburan ke luar negeri, bahkan di Amerika, tidak sebanyak Anjing-anjing di Kanada yang berjalan bersama majikannya. Orang Barat, tidak tinggal dengan anak mereka, dan cenderung mandiri hingga hari tuanya.  Sehingga untuk mengusir kesepian, mereka memelihara Anjing atau binatang peliharaan lainnya dan memperlakukan mereka seperti anak atau anggota keluarga.  Jangan heran jika kita menemukan biskuit Anjing atau snack Kucing bersebelahan dengan snack untuk manusia. Pertama kali datang, saya hampir membeli biskuit yang terlihat enak ternyata biskuit untuk Anjing :O Kendalanya, jika kamu takut Anjing ya siap-siap saja setiap jalan kaki harus minggir jika berpapasan dengan orang yang membawa Anjing. Saya termasuk di antaranya. Ya namanya saja binatang, walaupun terlihat jinak, tetap saja saya takut kalau si Anjing sedang "bete" lalu menggigit. Pertama kali Permanent Resident Card saya pegang, serangkaian test kesehatan harus saya jalani diantaranya test TBC (karena Kanada khawatir dengan TBC), dan juga harus vaksin anti Rabies. Waktu saya tanya kenapa, mereka bilang, ya mana tahu ketika sedang jalan kaki saya digigit binatang liar seperti Tupai, atau bahkan Anjing peliharaan. 
  2. Tepat waktu. Nah, kalau yang ini rasanya tidak istimewa.  Semua orang tahu bahwa orang Barat sangat menghargai waktu. Mengapa? Karena kita di sini mengerjakan segala sesuatunya sendiri. Tidak ada asisten RT ataupun Supir kecuali kita orang kaya. Dapat dibayangkan jika satu keluarga mengerjakan segala sesuatunya sendiri dari mulai mengurus anak, memasak, berbelanja kebutuhan RT, mengantar anak sekolah dan menjemputnya kembali. Waktu sangat mepet, oleh karenanya semua serba tepat waktu termasuk janji dengan Dokter. Jika kita datang terlalu cepat sebelum jam yang ditentukan, beberapa orang menunggu di dalam mobil sebelum mengetuk pintu rumah yang bersangkutan. Pokoknya harus tepat waktu!
  3. Tidak menyentuh/mencolek sembarangan. Jika di Indonesia, kita melihat anak kecil yang lucu lalu kita memegang atau mengelus pipi anak tersebut, jangan lakukan itu di Kanada. Orang tua anak tersebut belum tentu suka! Sentuhan atau body contact, tidak biasa di negara ini. Jika kita hendak mencari sesuatu di Supermarket dan kita mencolek Mbak/Mas penjaganya, wah jangan lakukan juga! Mereka akan melihat kita dengan tatapan tidak suka. Pokoknya, kebiasaan mencolek atau men-toel orang di larang di bawa ke sini jika tidak mau kena tegur atau tatapan marah dari orang lain. Anda dapat dikira melakukan pelecehan.
  4. Dilarang Kepo. Jika di Indonesia kita bertemu dengan tetangga lalu bertanya "Hei, mau kemana?" Jangan lakukan hal tersebut di Kanada, kecuali teman yang kamu sudah kenal. Jika sekedar tetangga yang berbasa-basi, biasanya orang hanya menanyakan hal yang umum saja seperti cuaca, atau sekedar menyapa "Hallo, Apa kabar?" selebihnya tidak. Sebab orang lain belum tentu suka dengan kekepoan kita. Bahkan, jika kamu melihat seorang teman terlihat hamil, janganlah kepo bertanya "Sedang hamil ya?" Belum tentu semua orang suka, kecuali orang tersebut yang memberitahukannya.
  5. Hargai Privasi. Jika di Indonesia kita mendengar berita si A sedang sakit atau tertimpa masalah, kita bisa dengan niat baik menyebarkannya kepada teman lain dengan harapan, teman lain akan bersimpati atau menolong. Tapi tidak di Kanada. Jika seseorang mengalami sesuatu baik itu baik atau buruk, kecuali yang bersangkutan yang menyebarkannya kepada orang lain, kita sebaiknya tidak menyebarkan berita tersebut. Kamu bisa dituduh tukang gosip atau membicarakan orang lain. Percaya atau tidak. Jadi, misalnya kamu mendengar si A sakit, ada baiknya kamu bertanya dulu kepada si A, boleh atau tidak kamu memberitahukan kondisinya kepada teman yang lain. Intinya, selalu hargai privasi orang dulu dan bertanyalah sebelum berbuat sesuatu.
  6. Larangan memakai Parfum. Nah, yang ini sedikit "shock". Jika di Indonesia orang senang memakai wewangian badan/parfum, di Kanada hal ini sedikit di batasi. Apalagi di tempat umum. Mengapa? Karena beberapa orang alergi terhadap wewangian lho! Alergi tersebut bahkan ada yang menyebabkan sesak napas dan mengancam nyawa alias membahayakan keselamatan seseorang. Oleh karena itu, jangan heran jika harga parfum di Kanada tidak semahal di Indonesia, karena tidak begitu laku. Di tempat umum seperti Rumah Sakit, Tempat Ibadah, ataupun Supermarket, sudah menempel larangan pemakaian parfum.
  7. Mengantri setidaknya berjarak 1 meter. Nah, budaya antri tentunya sangat berlaku di negara ini. Di supermarket, di Mall, bahkan Rumah sakit, orang tertib mengantri. Di Supermarket, jika kamu mengantri di kasir, sebaiknya jangan terlalu dekat dengan orang di depan kamu. Bahkan beberapa Supermarket memberi garis batas antrian. Mengapa? Karena orang di Kanada sebagian besar membayar dengan Kartu Kredit atau Kartu Debit dan jarang membawa uang Kas/Cash. Akibatnya, mereka tidak senang jika kita terlalu dekat dan tidak ada privasi ketika mereka memencet PIN ATM mereka. Hal yang sama berlaku ketika mengantri di ATM. Jangan terlalu dekat, bahkan berilah jarak setidaknya 1 m. Berbeda dengan di Indonesia di mana orang di ATM persis berdiri di belakang kita.  Mulailah hargai orang mengantri dan berdirilah jangan terlalu dekat.
  8. Berjalan di Sebelah Kanan. Di Kanada, mobil berjalan di sebelah kanan (menggunakan jalur kanan). Nah, demikian juga jika kita berada di dalam mall atau tempat ramai lainnya. Orang seperti sudah otomatis berjalan di sebelah kanan, sehingga sangat teratur dan tidak menubruk orang lain atau menjadi rusuh walaupun kondisi sedang ramai berdesakan. Sangat teratur walaupun tidak ada yang memberi perintah, orang-orang berjalan sangat tertib.
  9. Anak kecil sangat dilindungi.  Jika kamu pindah ke Kanada membawa anak Balita, apalagi anak tersebut tidak lahir di Kanada, kamu harus berhati-hati dengan pola mendidik anak ala Kanada. Karena sangat berbeda dengan Indonesia. Kebiasaan memarahi anak, mencubit, menjewer atau membentak, sangat dilarang di negara ini. Ingat, jangan sampai keceplosan atau tidak sadar memarahi anak, apalagi di tempat umum. Orang akan memandang kamu dengan sinis bahkan mereka bisa melaporkan kejadian yang tidak lazim kepada polisi atau perlindungan anak. Di sekolah, anak kecil sudah diberikan penyuluhan agar melaporkan tindakan kekerasan apapun dari orang tuanya. Walaupun sekedar memukul tangan maupun menjewer. Kekerasan terhadap anak kecil sangat tidak dibenarkan. Sabarlah jika memiliki anak yang super nakal. Mau gimana lagi? Anak kecil sangat dilindungi di negara ini.
  10. Tidak ada basa-basi. Jika orang Indonesia sangat berbudaya Timur dan masih mengenal ramah tamah dan basa-basi, tidak halnya dengan budaya Barat. Jangan tersinggung jika kita memberi kue mereka menolaknya, karena mereka tidak suka dengan kue kita. Mereka jujur, mereka tidak suka, jadi jangan di beri, daripada di buang. Begitulah kira-kira. Namun sebaliknya, jika mereka suka, mereka akan terus terang bahkan tidak malu untuk minta di buatkan! :) Jika mereka mau menolong, mereka benar-benar menolong tanpa pamrih. Janganlah memberi tips atau apapun, karena akan menyinggung mereka. Sebaliknya, jika kita minta tolong dan mereka tidak bisa, mereka juga akan dengan terus terang menolaknya. Intinya, kejujuran sangat dipegang teguh dan tidak ada basa-basi.
  11. Telur Ayam negeri warnanya putih dan telur ayam kampung berwarna coklat. Yang ini agak terbalik ya dengan Indonesia. Jadi, kalau kita ke supermarket jangan salah ambil. Karena harganya sangat berbeda jauh. 
Baca Artikel lainnya klik pada judul:
Indahnya Pohon Maple Ketika Musim Gugur
Pemanasan Global Dan Banjir Di Kanada

Podcast Picture of Life - gratis tidak berbayar, linkklik di sini.  (Larangan memakai parfum di tempat umum).

Baca Artikel lainnya klik di sini

Lihat Daftar Isi, klik di sini

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Tinggal Di Kanada" di bawah untuk artikel lainnya

Comments

  1. You actually make it appear really easy together with your presentation however I
    to find this matter to be really something which I believe I'd never understand.
    It seems too complicated and very broad for me.
    I am having a look ahead for your next post, I'll try to get the hold of it!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for the comments and thank you for following my blog :)

      Delete

Post a Comment

Leave a comment:

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada

Pensiun Dan Masa Tua Di Kanada