Tips Saran Membuat Resume Untuk Kerja Di Kanada

membuat resume kerja
Bagaimanakah membuat resume kerja atau Curriculum Vitae yang menarik? Untuk mencari kerja kita perlu membuat resume kerja atau sekilas info mengenai latar belakang pekerjaan kita atau aplikasi kerja. Beberapa poin berikut dapat menjadi pertimbangan ketika membuat resume untuk mencari kerja di Kanada:

Tips Membuat Resume Kerja:

  1. Resume kerja atau formulir aplikasi kerja di Kanada ada design/layout tertentu. Resume yang pernah saya buat di Indonesia sama sekali tidak terpakai. Di setiap kota di Kanada, memiliki Employment Center atau pusat kerja untuk membantu mereka yang mencari pekerjaan. Ketiklah "employment center" lalu tambahkan kota tempat Anda tinggal di Kanada. Biasanya mesin pencari "Google" akan memberi tahu Employment Center terdekat. Di sana akan diberi tahu layout resume yang memenuhi standar Kanada.
  2. Jangan meninggikan diri. Jika di Indonesia Anda cukup memiliki posisi yang tinggi, beda halnya dengan di Kanada. Sekalipun Anda berposisi Manager, sebaiknya tidak usah di tulis secara tepat melainkan tulis bidang Anda bekerja. Ingat, kesan sombong akan mematahkan calon atasan. Berusahalah selalu merendah seolah Anda membutuhkan pekerjaan.
  3. Selalu memberi response positif. Jika mendapat panggilan, suka atau tidak suka, mau datang atau tidak, selalu berilah respons yang positif/membalas tanggapan.  Jangan tidak memberi jawaban.  Anda bisa kapan saja masuk "Black List" yang akan merugikan diri Anda sendiri. Karena orang Kanada sangat ketat dalam hal komitmen.
  4. Jangan mencantumkan Agama pada resume.  Orang Kanada akan menilai Anda racist. Selain jenis kelamin, kita tidak perlu mencantumkan Agama maupun Suku atau Ras kita. Orang Kanada tidak memperdulikannya. Mereka akan mengenali Anda dari nama belakang. Selalu cantumkan Nama Belakang/Family Name.
  5. Pada saat interview, berusahakan merendah yang mengesankan Anda membutuhkan pekerjaan. Jangan berkata "Saya hanya mau part-time untuk isi waktu", atau "Mau coba-coba/iseng". Ingat, kesan sombong akan berakhir pahit. Walaupun Anda hanya ingin bekerja paruh waktu, tetapkan berkata "Saya mau melamar pekerjaan ini".
  6. Buatlah Resume yang pendek namun padat. Kata-kata tidak berbelit-belit apalagi dengan bahasa Inggris memutar-mutar. Semakin singkat dan padat, semakin bagus.
  7. Orang Kanada bekerja dengan cepat dan efisien.  Demikian juga cara mereka berkata-kata. Lupakan basa-basi ciri khas masyarakat Timur. Bicaralah singkat, padat, efisien dan sopan. Begitu akan lebih baik. Dan pasanglah wajah ramah dan bersahabat. 
  8. Pada kolom gaji/salary tulislah "Company Standard". Janganlah mematok harga terlalu tinggi jika Anda belum ada pengalaman kerja di Kanada. Ataupun memasang harga yang terlalu rendah. Orang Kanada cukup fair. Mereka akan membayar sesuai standar dan pengalaman. 
Sekian tips untuk membuat resume kerja. Jangan lupa, carilah Employment Center di daerah terdekat Anda, dan tetaplah berusaha. Good Luck!

Lihat Artikel Lainnya : Suka Duka Hidup Di Kanada

Lihat Artikel Terbaru klik di sini
Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Tinggal Di Kanada" di bawah untuk artikel lainnya

Comments

  1. Sis.. mau minta info, mana yang hrs dilakukan dulu ya cari kerja dulu atau working permit dulu ya ? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  2. @Ayu Puspitasari: kalau menurut saya coba aja yang gratis dulu alias cari kerja dulu and sukur2 employernya mau kasih sponsor :) alternatif lain, cari perusahaan di JKT atau Indonesia yang ada cabang di Canada lalu minta di transfer :) Beri waktu sedikit, misalnya 1 tahun, jika tidak berhasil baru keluar biaya untuk urus working permit. Good Luck ya Sis. :)

    ReplyDelete
  3. Dear mba Winda,
    Bijaksanakah kita pindah ke Kanasa melalui jalur Imigrasi. karena sebelumnya pernah berhubungan dengan pihak imigrasi Kanada yg saya dapat dr Fb, saya harus membayar biaya sekitar 10 juta per orang, bagaimana kalo saya bawa 1 keluarga.Bener ga ya itu? saya takut ditipu mba. Mohon pencerahannya ya mba.

    ReplyDelete
  4. Dear Mba Veronika Tarigan, Mba, tentu saja jalur yang paling resmi adalah melalui jalur imigrasi. Masalahnya, apakah jalur imigrasi yang Mba Veronika lihat di FB adalah yang resmi/tidak. Jika kita mau apply untuk pindah, kita wajib mengisi formulir pengajuan aplikasi dan membayar uang, dulu jaman saya apply PR masih CAD800. Sekarang, lebih jelasnya bisa Mba lihat di website : http://www.cic.gc.ca/english/ . Itu adalah website resmi pemerintah Kanada. Saya pernah muat mengenai hal ini pada postingan saya http://pictureoflife99.blogspot.com/2017/06/hidup-di-kanada-2-ingin-pindah-ke-kanada.html

    Saran saya Mba Veronika lihat website resmi yang saya tulis di atas, karena itu adalah milih pemerintah Kanada. Good Luck Mba..

    ReplyDelete

Post a Comment

Leave a comment:

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Fakta Unik Jika Ingin Membeli Mobil Di Kanada

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada

Dilarang Membawa Daging Ke Luar Negeri