Setelah Mendapat PR Canada Atau Mendapat Kerja di Kanada

mendapat PR kanada
Selamat bagi mereka yang berhasil mendapatkan PR Kanada ataupun pekerjaan di Kanada. Belakangan ini beberapa orang mengirimkan email kepada saya bahwa mereka berhasil mendapat pekerjaan di Kanada ataupun berhasil mendapatkan PR di Kanada. Selamat ya! Selanjutnya, apa yang harus kita lakukan jika kita sudah melalui tahapan tersebut di atas? 

Setelah Mendapat Pekerjaan Di Kanada:

Setelah kita mendapatkan PR atau Permanent Resident di Kanada ataupun pekerjaan melalui kontrak kerja, sudah tentu kita senang namun perasaan campur aduk bingung mengenai apa yang harus dikerjakan selanjutnya. Berikut ini tahapannya, semoga membantu:
  1. Pastikan alamat perusahaan yang memberi pekerjaan benar-benar exist keberadaannya di Kanada. Cocokkan melalui search engine Google mengenai alamat dan lokasi, serta websitenya. Bila perlu, bawalah surat dari Pemberi Kerja ke Kedutaan Kanada yang ada di Jakarta, sekedar memastikan apakah surat tersebut benar atau palsu. Hati-hati dengan kejahatan/penipuan berkedok penerimaan kerja.
  2. Segeralah urus Visa Bisnis (untuk bekerja) atau ijin tinggal dan bekerja. Hal ini dapat ditanyakan sedetail-detailnya kepada pemberi kerja. Biasanya mereka akan memberikan dokumen yang dibutuhkan. Dengan dokumen tersebut, kita dapat mengajukan Visa Bisnis di Kedutaan Kanada yang ada di Jakarta.
  3. Terjemahkanlah surat-surat penting seperti Akte Lahir, Akte Nikah hingga Ijazah yang dianggap perlu pada Penerjemah Tersumpah yang kemudian disahkan di Notaris. Beberapa Notaris di Jakarta biasanya memiliki Penerjemah Tersumpah.
  4. Jika memiliki SIM atau surat ijin mengemudi di Jakarta, tidak perlu repot mengurus SIM Internasional. Karena percayalah, tidak akan diterima di Kanada. Saya sudah mencobanya. Tetap saja harus ikut pelatihan sekolah mengemudi yang disesuaikan dengan standard Kanada. Kecuali kita ingin menyewa mobil di Kanada untuk jalan-jalan/turis barulah SIM Internasional terpakai. 
  5. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai daerah Kanada sebelah mana kita akan tinggal. Karena tiap daerah berbeda untuk harga akomodasi maupun bahan makanan. Semakin kota besar, tentunya semakin mahal. Juga selidiki cuaca di daerah kita akan tinggal. Provinsi British Columbia seperti Vancouver, udaranya tidak terlalu dingin berbeda dengan Provinsi Alberta atau Quebec. Hal ini berpengaruh dengan pakaian yang akan kita kenakan.
  6. Jangan membeli Jaket musim dingin di Indonesia. Karena percuma. Kualitasnya tidak sama. Belilah di Kanada, dan harganya lebih murah juga menghemat tempat di koper karena biasanya Jaket musim dingin sedikit tebal.
  7. Handphone Indonesia dapat di pakai di Kanada. Ditambah juga, wifi di Kanada sangat banyak. Pergi ke tempat umum seperti Mac Donald atau tempat kopi Starbucks atau Tim Horton, kita akan mendapat wifi gratis.
  8. Tukarkan uang Indonesia ke Dollar Kanada dalam bentuk pecahan juga. Dollar Kanada memiliki pecahan $100, $50, $20, $10 dan $5. Usahakan miliki pecahan kecil $50 dan $20. Jangan semuanya dalam bentuk pecahan besar seperti $100.
  9. Tanyakan asuransi kesehatan kepada pemberi kerja. Apakah kita akan diberi Asuransi Kesehatan? Karena kesehatan sangat mahal di Kanada dan sebaiknya kita memiliki Asuransi Kesehatan yang dapat dipakai di Kanada (jika mengajukan dari Indonesia).
  10. Pastikan pemberi kerja memberikan informasi mengenai tempat tinggal di Kanada. Apakah akan ditanggung perusahaan atau mencari sendiri.
Baca Artikel menarik lainnya:

Yang dilakukan Setelah Mendapat Permanent Resident di Kanada:

  1. Jika mendapat PR di Kanada, link berikut ini sangat membantu, terutama untuk mencari tempat tinggal, sekolah/les bahasa Inggris gratis, hingga mengurus sekolah untuk anak ataupun bergabung dengan komunitas setempat. Klik link berikut klik disini
  2. Selanjutnya, point 3 hingga 10 di atas dapat menjadi perhatian bagi yang mendapatkan PR Kanada.
Terakhir, jangan lupa senantiasa berdoa semoga semua jalan dimuluskan dan berhasil sukses. Ingatlah untuk senantiasa berbuat baik. Jika kita berbuat baik kepada orang lain, niscaya kita akan mendapat yang baik juga dan bertemu dengan orang-orang yang baik juga. Good Luck dan tetap semangat :)

Lihat Artikel Terbaru klik di sini

Copyright of Winda Tanu

Klik Label "Tinggal Di Kanada" di bawah ini untuk artikel lainnya

Comments

  1. Selamat siang kak, salam kenal saya Candra dari Malang.
    Saya memiliki pertanyaan yaitu setelah menjadi permanent residence Kanada apakah kita bisa dengan mudah untuk jalan jalan/ berlibur/ bekerja di Amerika?.
    Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Candra, Selamat Siang juga. Saya dari Ottawa. Jika sudah memiliki PR Canada (bukan citizen, PR Canada tapi masih pegang passport Indonesia), tentu saja bisa jalan atau berlibur ke US. Namun, TETAP harus mengajukan VISA di kedutaan Amerika yang ada di Kanada. Namun, kesempatannya lebih besar untuk mendapatkan, dan tingkat di tolak mungkin hanya 5% saja dibandingkan mengajukan visa tanpa status PR. sedangkan untuk bekerja di US, tidak bisa begitu saja. Tetap harus ada work permit, namun dengan embel2 status PR Canada, maka akan lebih mudah. Untuk status Citizen Kanada (sudah pegang passport Kanada), jalan2 ke US tidak perlu apply Visa, cukup bawa Passport saja. Namun untuk bekerja, tetap harus ada work permit walau sudah citizen. Namun kesempatannya lebih besar lagi dibandingkan PR Kanada. Terima kasih kembali.

      Delete
  2. Selamat sore.. Salken saya budy dari medan.
    Pertanyaan saya. Disaat apply PR Canada apakah di carikan pekerjaan juga ? Thank you in advance.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi juga, sayang sekali tidak... tidak dicarikan pekerjaan, melainkan kita mencari sendiri.. Ya sama2.. thx u udah mampir blog.

      Delete
  3. Halo salam kenal mba Winda.. Saya Rya, saya lagi cari2 info tentang mencari kerja di kanada dan bertemu dengan ini, sangat informatif sekali blognya.
    ada beberapa hal yang saya masih bingung dan ingin saya tanyakan :
    1. Saat ini saya bekerja di perusahaan asuransi di jakarta. Apakah perusahaan/sektor asuransi di kanada memiliki prospek yang bagus karena pengalman kerja saya selama ini kebanyakan di bidang asuransi?
    2. Apakah saya harus apply PR dulu sambil cari kerja secara online atau saya cari kerja dulu dan jika diterima baru minta sponsor dari perusahaan?
    3. Untuk apply PR, pasti ada sejumlah dana yang harus disiapkan direkening sebagai jamnan. nah kalau kita bisa mendapat sponsor dari calon tempat kita bekerja, apakah harus ada sejumlah dana yang disiapkan direkening juga sebagai jaminan?

    Thank you in advance! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Rya,
      Terima kasih juga sudah mampir ke blog saya :) saya jawab pertanyaannya satu2 ya:
      1. Untuk Asuransi di Kanada prospeknya lumayan tapi tidak cemerlang ya, kebanyakan rumah and mobil. sebab untuk asuransi jiwa and kesehatan biasanya sudah mendapat dari kantor. Orang yang kerja asuransi biasanya double job, artinya mengerjakan kerjaan lain/sambilan lain karena untuk asuransi field kerjanya terlalu generik...
      2. Sponsor dari perusahaan untung2an kasusnya. Ada beberapa orang yang tidak punya PR, tapi apply kerja online lalu dapat boss yang tertarik dan sponsor PR utk bekerja.
      3. JIka untuk apply PR sendiri , tentu ada dana yang harus disiapkan dari rekening sebagai jaminan. Sedangkan jika kita dapat sponsor dari tempat kita bekerja/calon Boss, saya rasa tidak perlu ada jaminan. Semoga informasinya bisa memberi pencerahan.. Good Luck ya.

      Delete

Post a Comment

Leave a comment:

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Fakta Unik Jika Ingin Membeli Mobil Di Kanada

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada

Parkir Khusus Ibu Hamil Di Kanada