Fakta Menarik Tentang Kanada Yang Kamu Belum Tahu

tentang kanada
Tentang Kanada
Banyak fakta menarik tentang Kanada yang mungkin sebagian orang belum mengetahuinya. Selain alamnya yang indah dan udaranya yang dingin, ada beberapa fakta lainnya yang menarik untuk disimak. Apa saja fakta tersebut, berikut ulasannya.

Fakta Menarik Tentang Kanada:

  1. Udara dingin lebih dari 4 bulan. Kanada adalah negara dengan 4 musim. Normalnya, jika dalam satu tahun ada 12 bulan, maka setiap 3 bulan udara atau cuaca akan berganti. Dari musim Semi, Panas, Gugur hingga Salju. Namun faktanya, udara mulai dingin dan terus salju hingga 6 bulan. Biasanya, mulai dari bulan Oktober hingga April bahkan akhir Mei, beberapa wilayah Kanada masih mendapat salju. Jadi, jika kamu tidak tahan dingin, mungkin kamu tidak cocok untuk tinggal di Kanada.
  2. Toronto sering dikira Ibu kota Kanada. Sebagian besar orang di dunia tau hanya Toronto. Kanada adalah Toronto. Padahal, ibukota Kanada adalah Ottawa. Toronto adalah kota perdagangan di Kanada sedangkan Ottawa adalah tempat dimana pemerintahan berada.
  3. Kanada memakai Bahasa Prancis dan Inggris. Mengapa? Karena yang menemukan Kanada pertama kali adalah orang Prancis. Dan wilayah tertua di Kanada adalah Provinsi Quebec, dimana hingga kini bahasa di Quebec adalah Bahasa Prancis (mayoritas) selain Inggris. Di sekolah, anak-anak memakai pelajaran tambahan bahasa Prancis. Bahkan di daerah pusat kota Ottawa, rata-rata orang berbahasa Prancis, termasuk rambu lalu lintas.
  4. Pemimpin tertinggi di Kanada adalah Perdana Menteri. Sedangkan Ratu Elizabeth dari negara Inggris adalah sebagai pemimpin tertinggi secara Simbolik karena Kanada adalah negara persemakmuran Inggris.
  5. Negara Persemakmuran Inggris. Karena negara persemakmuran Inggris, jangan heran jika di Kanada kamu akan menemukan jalan Toll Queen Elizabeth, Jalan Pangeran Charles, hingga Jalan Putri Diana :)
  6. Menyetir di sebelah kanan. Walaupun masih "berbau" Inggris, namun lucunya, Kanada memakai jalur Kanan untuk menyetir mobil, berbeda dengan Inggris yang menyetir di sebelah kiri seperti Indonesia. Unik bukan?
Lihat Artikel Menarik Lainnya:
  1. Kanada memiliki beberapa Provinsi seperti Indonesia. Diantaranya Provinsi Quebec, Alberta, British    Columbia, Ontario (dimana Ibukota Kanada berada), Manitoba dan 4 lainnya (total ada 10 provinsi). Provinsi yang terkenal akan keindahan Rocky Mountainnya adalah Alberta. Beberapa Provinsi yang dekat bisa dijangkau dengan mobil/jalan darat. Namun, untuk bagian yang ujung seperti Nova Scotia perlu berhari-hari untuk berkendara ke sana.
  2. Harga rumah berbeda di tiap provinsi. Harga rumah di Toronto yang metropolitan tentu berbeda dengan harga rumah di Ottawa. Uniknya, walau Ottawa adalah ibukota, harga rumah di Ottawa tidak semahal di Toronto. Namun jangan salah, pajak bumi dan bangunan di Ottawa jauh lebih mahal daripada di Toronto! Jadi tinggal tergantung pilihan saja. 
  3. Toronto, sangat beraneka ragam budaya karena banyak imigran di Toronto. Sehingga, jangan heran jika di Singapore ada Arab Street and China Town, Toronto memiliki juga daerah India, hingga Chinatown dimana nama jalanan dan gedung memakai huruf Mandarin. Sedangkan di daerah India, hampir 90 persen restoran adalah restoran India dengan huruf India juga.
  4. Yang murah di Indonesia, mahal di Kanada! Contohnya, harga buah Rambutan di Indonesia, seikat mungkin 20 ribu Rupiah. Di Kanada, 50 ribu Rupiah kita hanya mendapat 4-5 butir Rambutan. Sedangkan buah Cherry yang mahal di Indonesia hingga ratusan ribu Rupiah, di Kanada dengan 50 ribu Rupiah (kurang lebih $5) kita bisa mendapat 1 kilo Cherry lho!
  5. Dollar Kanada berbeda dengan Dollar Amerika. Jika 1 Dollar Amerika berkisar antara Rp. 13.000 hingga Rp. 14.000, 1 Dollar Kanada berkisar antara Rp.9000 hingga Rp. 10.000,- untuk saat ini, di tahun 2019.
  6. Tupai, Kelinci bahkan Musang berkeliaran bebas di Kanada. Dan jangan heran jika menemukan mereka di belakang rumah kita. Namun, kita tidak boleh menyakiti atau membunuh mereka. Jika ada laporan tentang penganiayaan binatang, dendanya besar bahkan bisa masuk penjara.
  7. Air terjun Niagara yang terkenal, berbatasan dengan Amerika. Namun, sebagian besar letaknya ada di Kanada. Sehingga kamu dapat melihat Air terjun Niagara dari Kanada, maupun dari Amerika. Tentu saja, dari Canada ukurannya lebih besar dan gigantic. Bahkan dari jarak 1km, kamu sudah dapat mendengar gemuruh air terjun Niagara.
  8. Harga mobil di Kanada tidak jauh berbeda dengan harga di Indonesia. Namun, untuk mobil lebih dari 10 tahun, harganya jauh sangat murah, bahkan untuk sebuah mobil Honda dengan kondisi sangat layak dan berumur 10 tahun, nilainya hanya $1000 bahkan $500 dollar saja! 
  9. Asuransi kendaraan baru sangat mahal di Kanada. Jika kamu baru mendapat SIM (Surat Ijin Mengemudi) apalagi membeli mobil baru, jangan heran jika kamu harus membayar $3000 bahkan $4000 alias Empat Puluh Juta rupiah hanya untuk 1 tahun asuransi mobil di Kanada. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan pengalaman menyetir lebih dari setahun dan mobil yang tidak lagi baru, maka harga asuransi akan turun. Nah, jika mobil dikendarai lebih dari 1 orang, maka kamu wajib mendaftarkan orang kedua yang akan mengemudikan mobil yang sama tersebut. Sehingga jika terjadi kecelakaan, Asuransi akan mempertimbangkan siapa yang menyetir mobil tersebut.
Nah, begitulah sekelumit fakta menarik tentang Kanada yang mungkin kamu belum tahu. Mudah-mudahan dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang negara lain khususnya Kanada.

Lihat Artikel Lainnya :Pensiun Dan Masa Tua Di Kanada

Lihat Artikel Terbaru lainnya klik di sini

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Tinggal Di Kanada"  di bawah ini untuk artikel lainnya

Comments

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Fakta Unik Jika Ingin Membeli Mobil Di Kanada

Pensiun Dan Masa Tua Di Kanada

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada