Kriminalitas Merajalela Lingkungan Sudah Tidak Aman

Belakangan ini lingkungan tempat tinggal kami sudah tidak aman. Kriminalitas merajalela. Orang-orang juga lebih cepat emosi dan maling rumah semakin meningkat.

Kriminalitas Merajalela 

Saya ingat, ketika pertama kali tinggal di Ottawa 15 tahun yang lalu, lingkungan rumah tempat tinggal kami sangat aman. Bahkan saya pernah lupa mengunci pintu mobil selama 2 hari! Mobil di parkir di luar rumah dan tidak ada yang mencuri. Jika kita ketinggalan sesuatu atau menjatuhkan barang, entah di taman atau dimanapun, barang tersebut tidak akan hilang. Karena orang yang menemukannya akan menaruhnya di tempat yang bisa terlihat mata, dan membiarkan pemiliknya untuk datang mengambil.

Namun, sekarang sangat berbeda. Lupa mengunci mobil atau meninggalkan barang di mobil, tau-tau mobil kita bisa langsung dibobol. Bahkan pencurian mobil sangat dasyat merajalela di Kanada belakangan ini. (Baca Pencurian Mobil Meningkat Di Kanada).

Banyak orang menyalahkan efek Covid yang menjadikan ekonomi terpuruk sehingga kejahatan merajalela. Belum lagi naiknya inflasi secara pesat. Tidak hanya kriminalitas yang meningkat, gelandangan dan pengemis juga mulai tampak di Ottawa. Hal ini tidak ada 15 tahun yang lalu! 

Belakangan, dampak perang juga ada peranannya terhadap keterpurukan ekonomi. Banyak pengungsi yang datang ke Kanada namun kurang beruntung. Sehingga orang-orang mulai menyalahkan imigran atau pendatang baru yang melakukan tindak kriminal karena mereka harus bertahan hidup. Beberapa poin berikut saya rangkum seputar fakta kriminalitas yang merajalela belakangan ini :
  • Jika ada orang datang yang tidak membuat janji, sebaiknya jangan begitu saja membukakan pintu. Takutnya, orang tersebut bisa memaksa masuk ke dalam rumah kita dan berbuat kejahatan. Hal ini bisa saja terjadi mengingat rumah di Kanada tidak memiliki pagar apalagi satpam komplek.
  • Tidak sembarangan mengangkat telpon dari nomor yang tidak dikenal untuk menghindari scam, fraud atau penipuan lainnya yang berkedok macam-macam.
  • Berhati-hati dengan kartu kredit dan dompet. Jangan sampai orang mengambil kesempatan disaat lengah.
  • Jangan lupa mengunci pintu dan memeriksa pintu sebelum tidur. 
  • Anak-anak diberi tahu untuk tidak bicara dengan orang yang tidak dikenal apalagi menerima pemberian dari orang yang tidak dikenal seperti permen atau snack lainnya.
  • Ketika masuk ke dalam mobil, usahakan segera mengunci pintu mobil walaupun belum menyalakan mesin. 
  • Tidak memperlihatkan gaya hidup yang mewah dan penampilan yang wah. Ingat, hal tersebut justru malah membahayakan kita loh.
  • Jika memungkinkan, pasang kamera pengintai atau CCTV.
  • Selalu menemani anak yang masih dibawah umur ketika bermain. Bahkan anak remaja terutama anak remaja wanita untuk berpakaian pantas dan tidak keluar rumah di malam hari. Belakangan banyak terjadi penculikan wanita muda untuk di jual atau mengalami kekerasan seksual.
Yang baru-baru ini terjadi dan lumayan membuat shock adalah, adanya seorang laki-laki yang masuk ke rumah wanita paruh baya. Laki-laki itu masuk ke dalam rumah malam hari dan tidur di ruang tamu perempuan tersebut. Perempuan tersebut tinggal sendirian dan sudah berumur. Pagi hari, wanita tersebut terbangun karena mendengar suara berisik di dapur dan menemukan laki-laki yang tidak dikenal sedang membuat makanan pagi di dapurnya! Sungguh mengerikan bukan? Tentu saja polisi langsung datang dan menangkap orang tersebut. Namun bisa dibayangkan betapa traumanya perempuan tersebut!

Nah begitulah, kejahatan dan kriminalitas di Kanada sudah aneh-aneh. Tidak lagi sebatas penipuan "mama minta pulsa". Melainkan sudah kejahatan kelas tinggi. Oleh karenanya berhati-hatilah dan selalu waspada.

Copyright of Winda Tanu

Comments

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada

Pensiun Dan Masa Tua Di Kanada