Pemanasan Global Dan Banjir Di Kanada

pemanasan global
Pemanasan Global
Banjir di Kanada adalah salah satu bukti bahwa pemanasan global itu benar adanya. 10 atau 15 tahun yang lalu, kita sering mendengar istilah pemanasan global atau global warming dan hanya menganggap angin lalu. Belakangan, isu global warming atau pemanasan global dan es mencair di Kutub Utara mulai membuat saya khawatir, apalagi saya melihat sendiri tingginya permukaan air laut setelah musim dingin di Kanada selesai. 

Bukti Pemanasan Global 

Pernahkah kamu waspada terhadap Pemanasan Global atau Global Warming? Dulu saya tidak begitu peduli. Namun awal musim Semi tahun ini, saya melihat betapa permukaan air semakin mendekati daratan. Foto di atas adalah sebuah taman di Ottawa yang biasanya bagus dan indah dengan rumput yang hijau menjadi tergenang air. Ketika Musim Dingin, Ottawa yang merupakan ibukota Kanada, cenderung mendapat salju lebih banyak daripada kota besar lainnya. Pernah suatu ketika, tumpukan salju tersebut lebih tinggi daripada mobil kami.

Ketika musim Semi dan udara menghangat, otomatis es mencair dan menimbulkan genangan di sana sini. Ditambah lagi, curah hujan lebat hampir setiap hari yang menandai awal musim Semi, semakin menambah debit air. Alhasil, permukaan air laut maupun sungai menjadi lebih tinggi. Rumah yang berada di pinggir Sungai Ottawa, mengalami banjir. Biasanya rumah tersebut adalah rumah mewah dimana penghuninya memiliki Boat yang diparkir. Kini, mereka ramai-ramai mengisi dengan karung pasir untuk menghalau banjir. Patut diingat, air laut di permukaan Bumi saling bersambungan hingga ke Asia bahkan Indonesia. Panasnya permukaan bumi, mengakibatkan es di kutub Utara perlahan juga mulai mencair. Apakah kamu waspada mengenai hal ini? 
global warming
Global Warming

Banjir akibat es yang mencair

Saya tidak menakut-nakuti, namun foto ini adalah bukti bahwa pemanasan global adalah benar. Apalagi belakangan isu Jakarta akan tenggelam (dan juga beberapa kota besar di dunia karena tingginya permukaan air laut dan menurunnya daratan setiap tahun. Tanda panah hijau pada foto di atas adalah batas permukaan air laut yang seharusnya. Walaupun ketika hujan berkurang, air surut dan taman kembali indah tanpa banjir, namun mulai dari sekarang, bersiaplah akan kemungkinan naiknya permukaan air laut. Bagi yang tinggal di pesisir pantai sebaiknya siapkan bangunan rumah yang lebih tinggi. Bagi yang sering mendapat banjir ketika curah hujan tinggi/musim hujan, bersiaplah akan kemungkinan lebih seringnya terkena banjir walau hujan tidak begitu lebat. Mulailah menjaga kebersihan dan memikirkan pembuangan sampah yang efisien, seperti pengolahan sampah organik dan non organik. 

Lihat Artikel Terbaru klik disini

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Tinggal Di Kanada"  di bawah ini untuk artikel lainnya

Comments

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Peraturan Menyetir Di Kanada 1

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada

Culture Shock Di Kanada Yang Perlu Kamu Ketahui