Pencurian Mobil Meningkat Dan Mengkhawatirkan

Pencurian mobil di Kanada belakangan ini sangat meningkat dan mengkhawatirkan. Seperti yang pernah saya tulis pada artikel "Kejahatan Bikin Paranoid" dimana kejahatan sangat meningkat sejak Covid.

Pencurian Mobil Meningkat

Belakangan ini pencurian mobil  di Kanada sudah sangat intense. Menurut survey, setiap 16 menit sekali ada mobil yang dicuri. Sudah tentu asuransi sangat kebobolan. Maling pencuri mobil sangat canggih. Mereka bisa mencuri sinyal frekwensi dari alarm mobil dan menonakatifkannya. Sehingga alarm tidak lagi berfungsi dan mobil dengan sangat mudah dapat terbuka. Mobil-mobil ini tidak hanya mobil mewah sekelas Lexus atau BMW. Hingga Range Rover, Toyota Camry dan mobil jenis SUV pun hilang raib. Yang penting mobil keluaran termasuk baru dan berusia 1 hingga 3 tahun.

Yang parahnya, di Kanada perumahan tidak memiliki pagar apalagi satpam komplek! Sehingga penjagaan sangat sulit di bentengi. Orang mulai banyak yang memasang kamera pengintai di depan rumah mereka. Terutama di depan garasi. Bagi mereka yang memiliki garasi mobil bisa dimasukkan ke dalam garasi dan aman. Namun beberapa orang memiliki mobil lebih dari 1 sedangkan garasi hanya berkapasitas 1 mobil. Alhasil mobil di luar garasi atau carport menjadi incaran maling.

Cara Mengatasi Pencurian Mobil

  • Parkirlah mobil di dalam garasi jika memungkinkan.
  • Gunakan kunci pengaman setir mobil yang berbentuk seperti tongkat
  • Jika bisa jangan gunakan remote mobil tetapi kunci dengan kunci biasa walaupun mobil kita memiliki kunci dengan baterai. Semakin jadul atau kuno, semakin aman. Semakin canggih malah semakin mudah dibobol. Ironis bukan?
  • Awasi keanehan pada mobil. Misalnya mobil dipasang "airtag" oleh maling yang sudah mengincar mobil kita.
  • Segeralah kunci pintu ketika masuk ke dalam mobil. Bahkan sebelum menyalakan mesin. Cara ini untuk mencegah maling atau rampok masuk ke dalam dan merampas mobil kita. Hal ini belakangan banyak terjadi terutama jika pengendaranya orang yang sudah tua.  Dimana mereka sudah tidak begitu gagah dan lambat dalam bergerak.
  • Jika memungkinkan belilah dashcam atau kamera untuk mobil.
  • Jangan menggantung kunci mobil dekat dengan pintu keluar rumah. Karena maling bisa mencuri frekwensi dari kunci mobil dengan remote dan menyambungkannya dengan alat elektronik mereka. Semakin canggih kejahatan dewasa ini.
  • Selalu memberitahukan keberadaan kita kepada orang-orang terdekat kita. Hingga mereka tahu dimana kita berada.
Pencurian mobil ini cukup membuat orang gemas. Karena banyak dari mereka yang baru saja bisa membeli mobil impian mereka dari hasil menabung bertahun-tahun lalu tiba-tiba raib hilang di gondol maling. Motif kuno seperti ada orang yang pura-pura mengatakan ban kita kempes lalu mem"begal" mobil kini menjadi marak di Kanada. Tidak hanya di Indonesia. Parah sekali bukan.

Mobil tersebut dikirim ke luar negeri kebanyakan ke negara Afrika dengan menggunakan kapal laut. Oleh karenanya pelabukan di Kanada kini semakin diperketat. Bagi kamu yang tinggal di Kanada dan membaca artikel ini, sebaiknya berhati-hati dan segeralah beli kunci pengaman setir.

Copyright of Winda Tanu

Kembali ke halaman muka klik di sini

Comments

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada

Dilarang Membawa Daging Ke Luar Negeri

Fakta Unik Jika Ingin Membeli Mobil Di Kanada