Kanada Kekurangan Perawat Dan Dokter

Kanada kekurangan perawat dan dokter

Dokter spesialis dan perawat sangat kurang di Kanada. Demikian juga dengan dokter umum. Jika di Indonesia dan sakit kita bisa langsung ke dokter dan memilih dokter yang mana yang kita mau (selagi ada uang), maka tidak demikian halnya dengan di Kanada. Harus antri.

Kurangnya Tenaga Perawat Dan Dokter 

Belakangan ini masalah kekurangan tenaga perawat dan dokter sudah menjadi masalah nasional. Jika kita sakit dan di rawat di rumah sakit apalagi. Jangan harap bisa diladeni senantiasa oleh suster. Itulah salah satunya tidak enaknya tinggal di Kanada. 

Jika kita sakit, kita harus menelpon dokter untuk membuat perjanjian. Tentu saja kita bisa datang langsung ke klinik yang bukan dimiliki oleh dokter kita (klinik umum). Namun, file kesehatan kita tentu ada di dokter kita bukan di klinik umum. Walaupun klinik memakai sistim online, tetap saja, dokter di klinik umum tidak tau riwayat atau sejarah penyakit kita.

Pernah suatu ketika saya merasa tidak enak pada perut yang agak mengganggu. Menelpon dokter keluarga harus dengan perjanjian. Ketika jadwal perjanjian tiba, rasa sakitnya sudah hilang. Ya begitulah kira-kira. Jika kondisi darurat kita disarankan ke emergency atau klinik gawat darurat di rumah sakit. Dan tahu tidak, lama menunggu di emergency atau ruang gawat darurat bisa mencapai 8 hingga 12 jam! Hingga pernah ada kasus dimana orang meninggal di ruang gawat darurat karena terlalu lama mengantri atau menunggu.

Hal ini akhirnya menjadi masalah karena :
  • ketatnya syarat menjadi dokter di Kanada. Apalagi dokter spesialis. Sekolahnya bisa bertahun-tahun sekitar 8 hingga 10 tahun. Bahkan 12 tahun! Itu juga jika lulus. Jika tidak lulus, maka hanya menjadi dokter umum biasa. 
  • Menjadi suster atau perawat saja, harus lebih dari 4 tahun sekolahnya. 
  • Lulusan kedokteran dari negara lain susah diterima akreditasinya di Kanada. Kebanyakan lulusan dokter dari negara lain berakhir hanya menjadi farmasi di sini.
Karena hal inilah, belakangan ini di berlakukan peraturan baru. Yang semoga saja segera di laksanakan secepatnya. Aturan ini yaitu :
  • Kanada membuka peluang banyak untuk perawat dari luar Kanada. Belakangan, banyak di rekrut dari Philipina.
  • Jika sakit, kita bisa datang ke farmasi dan meminta obat atau saran dari farmasi. Lalu, farmasi bisa langsung menghubungi dokter kita untuk memberikan resep obat. Sejak hal ini dijalankan, masa tunggu untuk berobat ke dokter menjadi lumayan menurun. Karena orang bisa datang ke farmasi jika sakit.
  • Adanya angin segar bahwa dokter lulusan dari luar Kanada bisa praktek di Kanada selama harus ikut kursus dan lulus kursus akreditasi untuk disetarakan dengan kualitas dokter di Kanada. Namun, aturan ini baru saya baca di koran. Entah kapan akan di realisasikan. Semoga secepatnya.
  • Klinik umum akan semakin banyak dibuka. Juga gedung kosong yang sebelumnya bekas usaha yang mengalami kebangkrutan akan dimanfaatkan untuk klinik kesehatan baru.
Semoga saja hal ini bisa mengatasi masalah kekurangan dokter dan perawat di Kanada. Untungnya, pemerintah lumayan bertindak cepat menangani masalah ini. Semoga saja.


Copyright of Winda Tanu
Picture : diambil dari koran komunitas

Comments

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada

Dilarang Membawa Daging Ke Luar Negeri

Fakta Unik Jika Ingin Membeli Mobil Di Kanada