Hebatnya Ramalan Cuaca Di Kanada

Ketika awal pindah ke Kanada saya cukup terkagum-kagum dengan betapa hebatnya ramalan cuaca di negara ini. Ramalan cuaca alias prediksi cuaca sangat tepat jarang meleset. Bahkan sangat detail termasuk jam berapakah akan terjadi hujan atau angin kencang. 

Ramalan Cuaca Di Kanada Yang Selalu Tepat

Ketika masih tinggal di Indonesia saya jarang memperhatikan ramalan cuaca. Selain memang, tidak ada perhatian khusus untuk masalah itu. Namun, ketika saya baru pindah ke Kanada, saya memperhatikan bahwa ramalan cuaca setiap hari sudah seperti bagian hidup sehari-hari seperti kita makan dan minum saja.

Awalnya saya tidak memberi perhatian. Namun, ketika keluar rumah, orang ada saja yang membicarakannya. Seperti "hari ini akan hujan ya?" atau "hari ini panas sekali loh, kalau mau keluar rumah jangan jam segini karena terlalu panas".  Lama-lama, prediksi cuaca atau ramalan cuaca menjadi kebiasaan rutin setiap hari. Pokoknya, begitu bangun tidur, siaran TV yang dibuka adalah cuaca hari ini. Bagaimana suhu dan sebagainya.

Kedengarannya sepele, namun percaya atau tidak, itu penting. Karena cuaca di Kanada bisa berganti-ganti dalam satu hari. Jadi, jangan sampai salah kostum! 

Pernah suatu ketika, saya bangun di pagi hari dan udara terasa dingin. Kebetulan hari itu adalah hari dimana saya harus belanja bahan makanan. Saya memakai baju sedikit tebal dan pergi belanja. Alhasil, begitu keluar Supermarket saya merasa kepanasan karena saya memakai celana panjang dengan bahan sedikit tebal. Masa saya harus membuka celana panjang? Tentu saja hal itu tidak mungkin. Berbeda jika memakai jaket. Kita bisa membukanya.

Sejak itu, saya selalu melihat prediksi cuaca sebelum keluar rumah. Ada kalanya cuaca terang dan sejuk sehingga saya memutuskan untuk berjalan kaki. Tak disangka, ditengah perjalanan hujan turun rintik-rintik padahal tidak ada tanda-tanda mendung. Alhasil saya kehujanan dan berakhir dengan kepala pusing.

Jika ingin dibuat perbandingan, rasanya cukup wajar jika ramalan cuaca atau BMG Kanada cukup teliti bahkan terbilang canggih untuk urusan ramal meramal cuaca ini. Masalahnya, Kanada sering mendapat angin kencang, tornado hingga badai angin. Musim dinginpun diwarnai dengan hujan es hingga gunungan salju. Sehingga jika lembaga sejenis BMG tidak bekerja maksimal maka negara bisa kacau karena bencana alam ini. Dengan adanya BMG yang tepat, penanganan cukup baik dan korban jiwa dapat dicegah.

Bisa kita bayangkan, jika BMG tidak tepat, ketika musim dingin tiba dan ada badai es tanpa pemberitahuan sebelumnya, maka sudah tentu akan menimbulkan kemacetan dimana-mana bahkan kemungkinan terjadinya kecelakaan. Dengan adanya pemberitahuan sebelumnya, kita bisa merencanakan jadwal bepergian dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Pernah suatu ketika BMG meramalkan bahwa tanggal sekian akan ada hujan salju yang sangat banyak. Maka tepat tanggal tersebut lalu lintas sangat sepi. Orang-orang sudah menjadwalkan kegiatan mereka untuk tidak beraktifitas ketika hari tersebut. Sekolah diliburkan. Dan mereka yang bekerja dianjurkan untuk bekerja dari rumah. Otomatis badai salju tersebut tidak memakan korban jiwa.

Ramalan cuaca dari BMG Kanada memprediksi cuaca hingga setiap jam dalam satu hari. Misalnya jam 1 siang suhu udara sekian, jam 2 siang sekian dan seterusnya hingga 24 jam. Hujan pun disebutkan dengan sangat detail. Hujan terjadi pada jam sekian dengan curah hujan sebanyak 5 mm misalnya. Sehingga orang-orang bisa memprediksi apakah harus membawa payung atau jas hujan yang panjang.  Dan hebatnya, ramalan tersebut selalu tepat! 

Yang lebih mengagumkan, jika ramalan cuaca sudah disiarkan namun terjadi hal-hal ekstrim lainnya, maka pemberitahuan yang lebih ektra akan disiarkan melalui telepon selullar kita. Kita akan mendapatkan notifikasi berupa pesan teks akan adanya bahaya angin kencang di daerah tempat kita tinggal sesuai dengan jangkauan telpon tersebut. 


Copyright of Winda Tanu

Comments

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada

Dilarang Membawa Daging Ke Luar Negeri

Fakta Unik Jika Ingin Membeli Mobil Di Kanada