Cuaca Panas Ekstrim Di Kanada

Akhir-akhir ini dunia mengalami cuaca panas yang ekstrim. Demikian juga yang terjadi di Kanada. Cuaca panas ekstrim hingga mencapai 38C juga di rasakan di Kanada. Banjir dan tornado juga terjadi di beberapa daerah. Pemanasan global benar-benar sudah terasa dampaknya.

Cuaca Panas Di Kanada

Belakangan ini cuaca panasnya minta ampun. Jika di Indonesia cuaca panas sudah biasa, maka di Kanada rasanya seperti luar biasa. Walaupun saya tidak menganggap enteng panas di Indonesia yang katanya sangat panas. Namun, bayangkan saja kehidupan di Kanada dimana kita sudah biasa dengan udara dingin dibawah minus 30 pada musim dingin!

Di Kanada, udara panas atau musim panas biasanya tidak lama. Walau normalnya 3 bulan dalam satu tahun, namun yang benar-benar panas mungkin hanya 3 minggu saja. Namun tahun ini sudah dua bulan ini sangat panas. Rumah di Kanada tidak semua orang memiliki AC di rumahnya. Hal ini karena cuaca panas biasanya tidak lama itulah. Juga, rumah di Kanada biasanya memiliki basement. Kita bisa turun ke basement dan udara di basement terasa dingin karena di bawah tanah.

Jika di Indonesia cuaca panas kita masih bisa merasakan angin sepoi-sepoi, beda dengan di Kanada. Angin tidak ada. Udara seperti diam tanpa oksigen. Hal ini yang membahayakan. Mungkin kita sering melihat di TV banyak orang pingsan di Eropa terkena panas. Namun tidak di Indonesia. Mungkin karena hal tersebut. Di sini, panasnya terasa luar biasa dan seperti tanpa udara. Terasa sesak tidak bisa bernapas. Oleh karenanya, orang tua atau manula dan wanita hamil mendapat larangan keras untuk keluar rumah jika udara sedang panas.

Tahun ini, saya juga merasa nyamuk semakin ganas di Kanada. Nyamuk di Kanada besar-besar dan jika menggigit tidak terlihat. Tau-tahu sudah gatal. Sialnya, selain nyamuk, ada juga binatang Tick, lalat hitam, serangga kecil hingga Chiggers. Chiggers ini sejenis laba-laba kecil warna merah. Jika sudah menggigit rasanya gatal luar biasa. 

Binatang-binatang tersebut biasanya menggigit di daerah kaki hingga betis. Oleh karenanya, jika di Indonesia kita bisa jalan kaki dengan menggunakan sendal, maka di Kanada jangan harap. Sebaiknya gunakan sepatu dengan kaus kaki yang tinggi jika tidak ingin digigit oleh binatang-binatang tersebut!

Atasi Gatal Akibat Gigitan Serangga

Jika kamu mendapat gigitan serangga, merah dan bentol, harap diperhatikan dengan seksama. Karena di Kanada, gigita Tick bisa mengakibatkan penyakit Lyme yang menyerang saraf tubuh yang membuat lemas. Namun jika gigitannya hanya merah biasa dan terasa gatal, kita bisa mengatasinya dengan hal sebagai berikut:
  • Jika keluar rumah, pakailah pakaian berwarna putih terang karena binatang agak segan hinggap. Jangan memakai pakaian warna gelap.
  • Pakai obat semprot anti nyamuk dan serangga
  • Gunakan topi dan tutupi bagian leher. Karena serangga seringkali ganas dan menggigit daerah belakang leher. Sedangkan topi untuk menutupi rambut dari kemungkinan serangga yang jatuh di bagian kepala. Kecuali, kamu bisa keramas setiap kali sehabis aktifitas diluar rumah.
  • Gunakan minyak dengan aroma Lavender, Mint, hingga sereh. Karena serangga segan dengan bau tersebut.
  • Jika sudah digigit, oleskan Balsam atau sesuatu yang panas untuk meredakan gatal. Namun, bagi yang tidak menyukai panasnya Balsam, bisa mencoba Pasta Gigi atau odol berwarna putih (bukan gel). Oleskan pasta gigi pada gigitan serangga. Sensasi dingin pada odol akan meredakan gatal juga membuat kempes gigitan tersebut.
  • Kompres dengan air dingin jika bengkak akibat gigitan serangga sangat parah.
  • Jika bengkak tidak membaik, bisa menanyakan pada apotik atau ke dokter lebih lanjut.
Untuk meredakan cuaca panas akibat pemanasan global, kita di Kanada dihimbau untuk hemat energi dan menjaga stabilitas alam. Salah satunya seperti dilarang membakar sampah karena menambah panas dan mencemari udara juga mengurangi pembuangan sampah seperti sampah plastik.

Copyright of Winda Tanu

Comments

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Fakta Unik Jika Ingin Membeli Mobil Di Kanada

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada

Pensiun Dan Masa Tua Di Kanada