Jaminan Fasilitas Untuk Lansia

fasilitas untuk lansia
Fasilitas untuk lansia

Di Kanada usia lansia atau lanjut usia adalah 65 tahun ke atas.

Dan fasilitas serta jaminan untuk lansia sangat baik di Kanada.  Oleh karenanya, lansia di Kanada tidak begitu kawatir dibandingkan lansia di negara lain terutama dari segi kesehatan.

Fasilitas Untuk Lansia 

Jika di Indonesia usia pensiun adalah 55 tahun, tidak demikian halnya di Kanada. Di Kanada, orang yang usia 60 masih bisa bekerja, bahkan hingga 70 tahun! Selama masih sanggup dan tentu saja selama perusahaannya masih memakai dan dinyatakan masih bisa bekerja. Lansia di Kanada disebut dengan istilah "seniors". Jadi, kita kita pergi kemana-mana dan melihat tulisan "for seniors" maksudnya untuk lansia bukan untuk mereka yang merasa "senior".

Bahkan, saya sering melihat banyak orang yang sudah berusia lanjut seperti usia 70 tahun (namun masih terlihat sangat bugar), mereka masih bekerja. Namun tentu saja, pekerjaannya bukan pekerjaan yang memerlukan tenaga dan pikiran yang pelik. Misalnya, mereka bekerja sebagai kasir di toko, memasukkan barang belanjaan, atau penjaga loket.  Rata-rata alasan mereka bekerja bukan untuk uang, melainkan untuk membunuh waktu luang. 

Menjadi tua adalah hal yang sangat alami yang akan dialami oleh semua mahluk hidup. Dan kondisi setiap orang berbeda. Ada orang yang hidupnya bahagia dikelilingi keluarga yang akan mengurus ketika tua. Namun, banyak juga mereka yang hidup sebatang kara di hari tuanya. Ada yang memiliki pekerjaan dengan pensiun yang besar, namun ada pula yang tidak memiliki banyak tabungan. 

Di Kanada, semua perlakuan lansia sama. Apakah ketika masih muda mereka bekerja dan membayar pajak ataupun tidak bekerja (seperti ibu rumah tangga yang tidak bekerja, otomatis tidak pernah membayar pajak). Sama dalam hal fasilitas dan kemudahan, terutama kesehatan dan memakai fasilitas umum.

Berikut adalah kemudahan atau fasilitas yang diterima oleh lansia (yang dimaksud lansia disini adalah 65 tahun ke atas):
  • Ada satu hari tertentu dalam satu minggu dimana lansia gratis memakai bus umum tanpa perlu membayar sepeserpun.
  • potongan diskon ketika makan di restoran. Besarnya biasanya 10-20% tergantung kebijakan restoran. 
  • Potongan diskon 20% ketika berbelanja di toko (toko biasanya menempel informasi ini).
  • gratis obat-obatan yang biasa di minum (umumnya obat generik yang biasa diminum rutin seperti obat tekanan darah tinggi, dsb).
  • gratis pengobatan termasuk operasi seperti operasi katarak hingga perawatan radiasi atau kemoterapi bagi penderita kanker.
  • Mendapat pensiun dari pemerintah setelah mencapai usia 65 tahun (namun besarnya bervariasi tergantung lama bekerja).
  • mendapat tunjangan lain secara finansial seperti kasus Covid19, lansia mendapat dukungan finansial dari pemerintah yang sedikit berlebih dibandingkan non lansia.
  • banyak kegiatan atau organisasi untuk lansia seperti perkumpulan permainan catur, kartu Bridge hingga olah raga yang gratis.
Fasilitas untuk lansia di atas masih banyak yang mungkin saya tidak tahu karena saya belum dikategorikan lansia. Namun, sungguh sangat kagum bagaimana negara ini mengapresiasi lansia. Hal ini dikarenakan lansia adalah orang yang sudah tidak bekerja dan tidak berpenghasilan.  

Karena kemudahan inilah banyak orang yang menginginkan masa tua mereka di Kanada. Namun jangan salah. Kita tidak bisa serta merta datang ke Kanada dan mendapatkan fasilitas ini. Kita harus memiliki status Permanent Resident Kanada terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan fasilitas ini. 

Namun jangan kawatir, untuk naik bus gratis dan makan di restoran dengan potongan harga, kita turis bisa mendapatkannya dengan memperlihatkan kartu identitas seperti Passport. 

Copyright of Winda Tanu

Comments

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Fakta Unik Jika Ingin Membeli Mobil Di Kanada

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada

Pensiun Dan Masa Tua Di Kanada