Musim Dingin Dan Salju Tahun Ini Terlalu Hebat

musim dingin dan salju yang tebal

Sudah lebih dari 10 tahun tinggal di Kanada, namun baru kali ini rasanya salju sangat dasyat. Musim dingin tahun ini sangat berat. Terutama karena dingin selalu minus 20 disertai angin yang kencang. Salju juga turun terus sehingga semakin menumpuk dipekarangan rumah.

Musim Dingin Dan Salju 

Kadang-kadang saya sering mendapat pertanyaan yang lucu seputar musim dingin dan salju ini. Pertanyaannya macam-macam.
  • "Itu salju kok bisa banyak ya kapan turunnya?" Nah, salju turun tidak tiap hari. Seperti hujan saja. Jadi kadang hari ini "hujan" salju, besok tidak hujan salju. Begitulah kira-kira. Bedanya, kota tempat saya tinggal suhunya selalu dibawah nol derajat Celcius selama musim dingin. Sehingga salju tersebut "betah" dan makin lama semakin menumpuk. Beberapa kota di Kanada tidak begitu dingin. Artinya, mereka mengalami hari-hari dimana udara di atas nol drajat walau masih dibawah 10 derajat dan masih terbilang dingin (karena memang musim winter). Namun, untuk kota tersebut, salju turun, namun langsung mencair dan tidak menumpuk di atas tanah.
  • "Apa tidak mati kedinginan tuh? Gimana kalau keluar rumah?" Pertanyaan seperti itu sering saya dapatkan. Jawabannya ya selama kita di dalam rumah, kita tidak mati kedinginan karena di dalam rumah ada pemanas ruangan. Juga di dalam mobil. Keluar rumahpun kita memakai jaket yang sesuai. Misalnya, ketika udara -10 Celcius, ya pakailah jaket yang bisa tahan dengan udara tersebut. Jangan memakai yang tipis. Sebaliknya, jika udara menghangat, kita jangan salah kostum agar tidak kepanasan.  Oleh karena itu, di Kanada, saya tidak butuh tas atau sepatu mahal, tapi jaket yang bagus lebih penting. Juga koleksi jaket dibandingkan koleksi baju.
  • Es berbeda dengan salju. Ini biasanya orang salah kaprah. Jika ramalan cuaca mengatakan besok akan hujan es, maka orang-orang akan berdiam di rumah dan tidak ada aktifitas di luar alias seperti kota mati. Karena es sangat licin dan bahaya. Banyak kecelakaan mobil maupun orang jatuh yang mengakibatkan patah kaki atau tangan. Biasanya hujan es sudah ada peringatannya terlebih dahulu dan biasanya tidak berlangsung seharian. Kita hanya berdoa semoga udara segera menghangat dan es segera mencair sehingga kita bisa keluar rumah lagi.
Nah, cilakanya, tahun 2023 ini salju sering turun. Biasanya tahun-tahun sebelumnya salju hanya turun sekitar bulan January dan Februari (salju lebat). Namun tahun ini, hingga Maret seperti sekarang hampir tiap hari turun salju.  Jika kita ingin keluar rumah, kita harus menggali dulu salju tersebut jika tidak, kita harus menerobos salju tersebut.

Lalu, bagaimana dengan mobil? Tentu saja kita harus mengeruk salju di depan garasi agar mobil bisa keluar. Jika tidak, mobil kita tidak bisa keluar karena tertutup salju. Cilakanya, jika orang tidak memiliki garasi dan memarkir mobilnya di luar. Sementara salju atau es turun, maka mobil akan beku. Kadang kita tidak bisa membuka kaca mobil atau pintu mobil. Tapi, hati-hati ya, jangan menyiram dengan air panas. Dijamin kaca tersebut bisa pecah.

Foto di atas adalah foto di belakang rumah kami. Saljunya sudah setengah badan manusia. Semoga saja tidak mencapai atap rumah. Maret tanggal 1 kemarin adalah awal dari musim Semi atau Spring. Namun di Kanada, jangan harap. Tetap dingin dan bahkan salju akan tetap turun minggu depan. 


Copyright of Winda Tanu

Comments

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Fakta Unik Jika Ingin Membeli Mobil Di Kanada

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada

Pensiun Dan Masa Tua Di Kanada