Peraturan Menyetir Di Kanada 1

menyetir di kanada
Sebagian orang berpikir menyetir di luar negeri mudah. Namun tidak demikian menyetir di Kanada. Beberapa orang mengurus SIM Internasional untuk dapat menyetir di luar negeri. Terkadang menganggap remeh, menyetir di Indonesia sebelah kiri, di luar negeri cuma pindah ke sebelah kanan. Namun tidak semudah itu menyetir di Kanada lho!
Berikut saya berbagi tips dan panduan untuk peraturan menyetir di Kanada yang menurut saya sama dengan aturan menyetir di luar negeri secara umum :

Peraturan Menyetir di Kanada:

  1. Walau sudah ada SIM Indonesia, percuma jika kamu menggantinya dengan SIM Internasional karena begitu ke Kanada, kamu harus tetap ke MTO (Ministry of Transportation) untuk keperluan SIM tersebut. Di sana,kamu akan di tanyakan beberapa pertanyaan, juga dilihat kondisi mata, dll.  Saran saya, jangan percaya diri menyetir di Kanada karena aturan tiap negara beda (aturan lalu lintas).  Jika nekat, kemungkinan kamu menabrak mungkin lebih kecil dibandingkan kamu di tabrak (kemungkinan ditabrak lebih besar). Karena aturan menyetir berbeda dengan Indonesia.
  2.  Jika tidak punya SIM di Kanada, kamu harus mengambil ujian tertulis dulu. Ujian ini pakai komputer dan langsung terlihat hasilnya setelah selesai ujian. Ujian dapat memakai beberapa bahasa seperti Portugis, Belanda, Jerman, India, Mandarin, bahkan bahasa Tamil.  Namun sayangnya, saya tidak melihat ada Bahasa Indonesia. Soal ujian ada 40 (20 aturan lalu lintas dan 20 rambu lalu lintas). Nah, yakin tidak bisa lulus ujian ini? Oh ya, untuk ujian ini kamu harus membayar CAD158. 
  3. Setelah lulus ujian tertulis, kamu akan mendapatkan SIM G1. G1 ini artinya, kamu bisa menyetir tapi di sebelah kamu harus ada orang yang sudah mendapat lisensi penuh (Full G) dan sudah menyetir dengan Full G setidaknya 4 tahun. Jadi tidak boleh menyetir sendiri jika kamu baru punya SIM G1. 
  4. Untuk naik ke G2, kamu harus menunggu selama 1 tahun. Setelah 1 tahun, kamu baru boleh mengambil ujian G2.  Ujian G2 ini, kamu akan di tes menyetir, parkir mundur, parkir paralel, dan rambu-rambu lalu lintas lainnya. Jika lulus, kamu akan mendapat SIM G2. 
  5. Setelah G2, kamu akan diberi waktu hingga 4 tahun untuk kesiapan kamu mengambil SIM Full G. Dengan SIM G2, kamu boleh menyetir tanpa orang di sebelah kamu, tapi tidak boleh menyetir di highway/jalan TOL. Juga, tidak boleh membawa orang di dalam mobil lebih dari 3 orang dan minimal usia di atas 19 tahun. Kecuali anggota keluarga. Ribet kan? 
  6. Setelah kamu mendapat SIM G2 dan sudah siap mental, kamu boleh mengambil ujian Full G. Nah setelah lulus, setiap perpanjang SIM (5 tahun kemudian), kamu tidak perlu di tes lagi.  Biaya CAD158 itu hanya sekali di awal, jadi untuk mengambil ujian G2 dan Full G, kamu tidak perlu lagi membayar kecuali kamu tidak lulus. 
  7. Oh ya, menyetir yang saya tulis ini adalah untuk mobil. Untuk Motor, atau Truk beda lagi, seperti ujian di Indonesia, jenis SIM nya juga beda. Untuk Motor, uniknya, kalian akan di beri "hands-free" seperti HP. Jadi instruktur/pengujinya akan mengikuti dari belakang dan memberikan aba-aba lewat hands-free tersebut. Nah!
Nah, begitulah peliknya mengambil SIM di Kanada. Petugas pengujinya mukanya galak-galak dan kaku. Pokoknya selamat tegang dan tidak ada keringanan atau toleransi.

Baca Artikel lain klik pada judul :
Aturan Lalu Lintas Di Kanada
Menjadi Imigran Ilegal Di Kanada, Bisakah?

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Tinggal Di Kanada" di bawah untuk artikel lainnya

Comments

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada

Pensiun Dan Masa Tua Di Kanada