Begini Cara Membobol Kartu Kredit Yang Makin Canggih

pembobol kartu kredit
Pembobol Kartu Kredit
Motif pembobolan kartu kredit yang semakin canggih belakangan ini membuat saya kesal. Saya tidak tahu apakah di Indonesia kasus pembobolan kartu kredit sudah secanggih di Kanada atau belum. Semoga masih dalam taraf menipu batas limit atau mencuri pin. 
Tulisan kali ini saya harap banyak orang membacanya dan ikut waspada. Sebab jaman semakin canggih dan kadangkala kita sedikit lengah dengan kemajuan teknologi yang ternyata justru malah membahayakan.

Pembobolan Kartu Kredit

Di Kanada, jarang orang membawa uang Cash atau Tunai. Biasanya toko atau perorangan lebih memilih Debit atau Kartu Kredit. Alasannya, takut kehilangan dompet dan uang tunai melayang. Selain itu, orang lebih malas ke mesin ATM walau ATM di Kanada tidak seantri di Indonesia. Pokoknya judulnya malas, dan Kartu Kredit atau Debit lebih sering dipakai sebagai sarana pembayaran.  Biasanya, kartu debit memakai pin dan kartu kredit memakai tanda tangan atau pin. Belakangan, lebih super cepat lagi. Tinggal di "tempel ke mesin" saja, sudah selesai tanpa pin dan segala macam. Jika kamu pendatang baru atau bahkan sudah lama tinggal di luar negeri, belakangan ini motif pembobolan kartu kredit sebagai berikut:
  • Ada telepon masuk ke rumah (bukan hp). Ketika diangkat, kita mendengar suara komputer yang mengatakan bahwa bahwa kartu kredit kita atau kartu debit kita dipakai untuk membayar sejumlah A. Jika kita tidak merasa melakukan pembayaran tersebut maka tekan angka 1. Hati-hati untuk telepon ini. Karena ini adalah suara mesin dari penipu. Begitu kita menekan angka 1, kita akan terhubung dengan penipu tersebut dan mereka akan meminta data kita seolah-olah pihak Bank yang sebenarnya. Tentu saja kartu debit atau Kartu Kredit kita tidak apa-apa karena memang tidak dipakai untuk membeli. Merekalah penipunya. Licik bukan?
  • Ada telepon masuk ke rumah yang lagi-lagi bukan ke hp, dan ketika diangkat suara komputer yang mengatakan kita mendapat hadiah Kartu Kredit tambahan. Lagi-lagi penipuan. Jangan ditanggapi.
  • Motifnya sama dengan poin nomor 1 dan 2 di atas, suara komputer namun seolah-olah kita mendapat bonus kenaikan limit Kartu Kredit. Ini juga penipuan.

Cara canggih membobol kartu kredit

Singkatnya, apapun yang terdengar dengan suara komputer, jangan diangkat, karena mereka semua penipu. Di Kanada, mayoritas penduduknya adalah kaum pendatang atau imigran dari seluruh penjuru dunia. Tentu saja persaingan sangat ketat terutama dalam hal mencari pekerjaan dan mata pencarian. Sehingga, penipuan di Kanada kelasnya sudah canggih dan motifnya setiap saat berubah semakin canggih dengan motif baru setiap hari. Mirisnya, pelaku penipuan ini bukan dari dalam Kanada sendiri melainkan dari luar negeri (karena sama-sama berbahasa Inggris jadi kita tidak sadar). Oleh karenanya, jika kamu pendatang baru di Kanada, jangan sembarang menerima telepon masuk. 

Dalam satu hari, banyak sekali telemarketing menawarkan macam-macam. Biasanya jarang orang mengangkat telepon karena terlalu banyak telemarketing. Telepon rumah di Kanada gratis alias kita membayar dalam satu bulan dengan jumlah tagihan yang sama, tidak peduli berapa pemakaian kita termasuk menelpon hp kecuali internasional. Sehingga, orang menyalahgunakan fasilitas ini dengan menelpon seenaknya. Kedua, penipu internasional ini tidak menargetkan Indonesia karena mereka tidak dapat berbahasa Indonesia. Rata-rata dari penipu ini berbahasa Inggris dengan aksen atau dialek negara tertentu (saya tidak sebut karena akan rasis).

Sekali lagi, kita harus waspada dengan penipuan jenis apapun, terutama kartu kredit yang semakin canggih. Bahkan kartu debit pun bisa dibobol. Kasian sekali jika kita pendatang dan sudah susah mencari pekerjaan, namun dengan mudah menjadi korban penipuan. Waspadalah!

Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Chit-Chat" atau "Tinggal Di Kanada" untuk artikel lainnya

Comments

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada

Pensiun Dan Masa Tua Di Kanada

Fakta Unik Jika Ingin Membeli Mobil Di Kanada