Tanya Jawab Seputar Bekerja di Kanada

tanya jawab bekerja di kanada
Hello semua, saya tidak menyangka bahwa postingan saya mengenai "Hidup Di Kanada: Bekerja Di Kanada", mendapat banyak respons dari teman-teman. Banyak pertanyaan yang saya dapat seputar bekerja dan tinggal di Kanada.  Jujur, kadang saya merasa bersalah karena saya tidak bermaksud untuk memprovokasi untuk tinggal maupun bekerja di Kanada.  Karena, seperti yang sudah saya pernah tulis sebelumnya, banyak suka duka hidup di Kanada lho. Termasuk tantangan cuaca dan sebagainya. Kanada bukan surga. Dan masih banyak tempat lain untuk mencari kerja. 

Namun, setiap orang memiliki alasan masing-masing dan semua orang memiliki hak yang sama untuk memilih pilihan hidupnya. Saya hanya dapat membantu dengan merangkum tanya jawab seputar bekerja di Kanada dari banyaknya pertanyaan yang masuk. Semoga lebih mudah dibaca dan dipahami.

Pertanyaan Seputar Bekerja di Kanada :

  1. Langkah awal apakah yang harus dilakukan jika ingin bekerja di Kanada? Jawab: pertama, pastikan kita memiliki ijin kerja. Orang asing yang ingin bekerja di suatu negara, haruslah memiliki ijin kerja. 
  2. Bagaimana mengajukan ijin kerja? Jawab: kita dapat meminta sponsor dari perusahaan yang akan mempekerjakan kita untuk dibuatkan sponsor atau ijin kerja.
  3. Apa yang harus dilakukan jika tidak memiliki ijin kerja? Jawab: ajukan PR atau Permanent Resident untuk Kanada. PR Kanada tidak berarti kita melepas kewarganegaraan Indonesia, melainkan sifatnya kita sebagai warga resmi Kanada dengan status resmi, namun tetap memegang passport Indonesia.
  4. Bagaimanakah mengajukan PR Kanada? Jawab: semua informasi dapat kita dapatkan melalui website kedutaan Kanada di Indonesia atau melalui link yang pernah saya tulis pada postingan saya Hidup di Kanada2 : Ingin Pindah Ke Kanada?
  5. Bagaimana jika nekat ke Kanada dan mencari kerja di sana secara langsung? Jawab: susah untuk mencari kerja jika tidak ada ijin kerja atau status PR karena atasan akan menanyakan SIN semacam NPWP, dan SIN hanya akan di dapat jika kita memiliki ijin kerja atau status PR. Baca artikel : Menjadi Imigran Ilegal di Kanada, Bisakah?
  6. Apakah ada agent untuk mengurus PR Kanada di Indonesia? Jawab: saya pernah mendengar, namun saya tidak tahu kebenarannya karena tidak pernah melalui agent tersebut. Lebih aman jika mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai agent tersebut atau melalui informasi terpercaya dari Kedutaan Kanada di Indonesia.
  7. Berapakah biaya untuk mengurus PR ke Kanada? Melalui website resmi milik pemerintah Kanada yang pernah saya berikan, 10 tahun yang lalu sekitar CAD800 namun mungkin sekarang ada kenaikan. 
  8. Belakangan ini, banyak sekali email masuk ke saya yang menyatakan ketertarikan untuk pindah ke Kanada. Alasannya rata-rata suntuk, jenuh dengan kehidupan di Indonesia (Jakarta) dengan kemacetannya dll. Percayalah, saya pernah dan sangat pernah di posisi tersebut. Selain juga ingin memperbaiki kehidupan. Namun, saran saya, cobalah jika ada uang atau budget lebih, jalan-jalan atau tour dulu ke Kanada. Jika sudah sreg barulah perhitungkan langkah berikutnya. Sebab jangan mengambil langkah besar dalam kondisi jenuh, emosi dan mentok/putus asa.
Tentunya daftar pertanyaannya akan saya tambah sesuai dengan pertanyaan yang saya terima berikutnya. Semoga dapat memberikan sedikit pencerahan. Namun sekali lagi, semua keputusan ada di tangan masing-masing. Dan segala keputusan sudah dipikirkan masak-masak. Sebab, mencari peruntungan di negara orang tidak mudah dan tidak seindah yang dibayangkan. Dan banyak juga kasus di mana akhirnya kita memutuskan untuk kembali ke tanah air. Tidak hanya orang Indonesia saja banyak juga dari negara lain yang sudah datang ke Kanada namun kembali ke negara asal mereka karena susahnya mencari peruntungan di Kanada.

Pastikan semua informasi yang didapat benar adanya mengingat jaman sekarang banyak sekali kejahatan dan jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan.  Selamat berjuang dan semoga sukses!

Lihat Artikel terbaru klik disini

Copyright of Winda Tanu
Klik label "Tinggal Di Kanada" di bawah ini untuk artikel lainnya

Comments

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Fakta Unik Jika Ingin Membeli Mobil Di Kanada

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada

Dilarang Membawa Daging Ke Luar Negeri