Diet Karbo Rahasia Awet Muda Dan Sehat?

diet karbo

Diet Karbo yang dimaksud disini adalah makan dengan banyak Karbohidrat (Karbo) bukan dalam arti terjemahan bebas "Diet Karbo" artinya diet (mengurangi) Karbo. Bahasa sering mengalami salah persepsi dengan terjemahan "Diet". Padahal, istilah kedokteran, Diet "A" artinya adalah kita justru makan banyak "A", bukan "Diet" A. 
Lalu benarkah diet karbo rahasia awet muda dan sehat? Seperti yang dilansir oleh BBC.com, masyarakat di kepulauan Okinawa, yang bermukim di pesisir Laut China Timur rata-rata berumur hingga 100 tahun dan menjalani diet Karbo sebagai gaya hidup mereka.

Konsumsi Karbohidrat mereka untuk asupan harian adalah 10:1 dimana Karbohidrat adalah 10 sedangkan 1 adalah protein. Berbeda dengan Diet Keto atau Keto Diet yang marak belakangan ini, dimana Keto Diet membuat orang mengubah pola diet menjadi tinggi protein.

Apakah Diet Karbo :

Sedangkan Keto Diet yang belakangan ramai, diasumsikan dapat menurunkan berat badan secara cepat. Cara kerjanya, tentu saja kandungan Karbo yang tinggi gula akan tergantikan dengan protein yang merubah lemak menjadi energy sehingga disinyalir dapat menjadikan badan cepat langsing dan sehat. Namun, penemuan masyarakat di kepulauan Okinawa ini justru berbanding terbalik. Seperti yang terdapat pada artikel A high-Carb Diet May Explain Why Okinawans Live So Long, masyarakat di kepulauan Okinawa cenderung memakan ubi merah manis sebagai makanan pokok mereka (bukan nasi seperti kebanyakan orang Asia pada umumnya).  Mereka juga memakan banyak jenis sayuran hijau dan makanan berbahan kedelai. Walaupun mereka memakan Babi, Ikan dan Daging merah lainnya, namun porsinya sangat sedikit dibandingkan konsumsi Karbo mereka.

Masyarakat di kepulauan Okinawa juga terlihat lebih awet muda, aktif dan energik serta memiliki lebih sedikit kerutan di wajah dan uban di rambut.  Namun, hal ini masih diamati secara seksama mengingat beberapa orang menyimpulkan bahwa sifat gen bawaan "panjang umur" yang terdapat di kepulauan tersebut yang berperan penting. Lebih lanjut, penelitian menyimpulkan bahwa konsumsi Karbo atau diet Karbo setidaknya menghindarkan tubuh kita dari racun protein hewani sehingga diet Karbo dapat lebih lama memelihara sel-sel tubuh dari kerusakan.

Diet Karbo Supaya Sehat?

Lantas, apakah kita lebih memilih Diet Karbo supaya awet muda dan sehat? Ilmuwan masih menyelidikinya karena faktor awet muda dan sehat yang dimiliki oleh masyarakat di kepulauan Okinawa tidak terlepas dari hal-hal berikut:
  1. Bercocok tanam dan menangkap ikan/nelayan adalah mata pencaharian mereka yang membuat mereka aktif secara fisik dan sehat hingga usia lanjut.
  2. Sedikit merokok (mereka tidak merokok banyak dan sedikit terpapar dengan lingkungan asap rokok).
  3. Di samping ubi yang mengandung banyak Karbohidrat, mereka juga banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran hijau.
  4. Protein juga terdapat dalam asupan makanan mereka walau dalam jumlah minimal (tidak vegetarian).
  5. Pertalian masyarakat yang erat membuat tingkat sosialisasi mereka sangat baik, dimana menurut penelitian baru, faktor kesepian lebih berbahaya daripada 15 batang rokok sehari.
Masih menjadi pro dan kontra. Namun satu hal yang pasti, diet rendah protein dan menjalani diet karbo setidaknya menjauhkan masyarakat di kepulauan Okinawa dari penyakit jantung, darah tinggi, kolesterol tinggi atau penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular dan pembuluh darah akibat asupan protein lemak yang tinggi.

Lihat Artikel Terbaru klik di sini
Copyright of Winda Tanu
Klik Label "Pojok Sehat" di bawah untuk artikel lainnya

Comments

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Culture Shock Di Kanada Yang Perlu Kamu Ketahui

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada