Dilarang Memakai Parfum Di Tempat Umum

larangan memakai parfum

Di Kanada, dilarang memakai parfum di tempat umum. Bahasan ini pernah saya tulis pada artikel saya mengenai "Culture Shock di Kanada", baca artikel di sini. Keliatannya agak aneh dan tidak masuk akal berikut saya jabarkan lebih lanjut.

Larangan Memakai Parfum

Mungkin sebagian dari kamu gemar memakai parfum bahkan mengkoleksinya. Sayapun demikian. Dahulu saya gemar mengkoleksi banyak parfum karena senang wangi maupun botolnya. Namun, di Kanada itu semua percuma. Mungkin kamu bisa membelinya. Namun untuk urusan memakainya? Wah, jangan harap bisa dipakai di tempat umum!

Percaya atau tidak, orang bule atau orang barat di Kanada banyak yang alergi dengan wewangian! Jadi, jika kamu ke rumah ibadah, supermarket hingga mall, sering terdapat tulisan "no scent" atau "scent free area".  Apalagi rumah sakit dan klinik!

Ketika pertama kali ke negara ini, saya tidak tahu. Ketika pergi ke rumah ibadah, saya memakai parfum. Begitu duduk, orang sekitar saya melihat ke arah saya. Bahkan beberapa diantaranya terlihat tidak suka. Ketika saya ke rest room atau toilet, saya melihat tulisan terpampang besar "scent free area" alias tidak boleh ada wewangian. Bahkan saya baru menyadari di bagian pojok gedung ada area khusus untuk orang yang alergi dan sama sekali tidak bisa mencium wewangian dari orang lain walau orang lain tidak memakai parfum! Deodorant, cologne hingga bedak yang kita pakai mungkin masih terasa sensitif bagi penciuman mereka. Entahlah.

Intinya, selama saya tinggal di negara ini saya belum pernah mencium orang memakai parfum walau di pesta pernikahan! Percaya atau tidak. Atau barangkali saya yang sedikit kuper tapi faktanya demikian. Saya belum pernah mencium parfum dari orang lain. Pernah sekali dua kali di supermarket. Dan saya melihat, si pemakai sudah pasti kaum pendatang baru atau mungkin turis yang sedang berkunjung.

Ironisnya, parfum tetap dijual di toko kecantikan atau mall-mall. Tapi siapa yang pakai dan kapan mereka pakai saya tidak tau. Oleh karenanya, sejak saya tinggal di Kanada, saya tidak pernah memakai parfum lagi. Karena takut tatapan sinis orang. 

Gejala alergi yang saya ketahui dari orang yang sensitif terhadap wewangian diantaranya:
  • merasakan sesak napas
  • merasa gatal sekujur tubuh
  • merasa seperti batuk berbunyi atau asthma (asma)
Gejala sesak napas tersebut dianggap mengancam nyawa karena bisa membuat orang pingsan dan kekurangan oksigen. Sehingga bagi orang Kanada, hal ini adalah serius.

Oleh karenanya, bagi kamu yang datang ke Kanada sekedar berlibur atau bahkan tinggal dan tidak mengetahui hal ini, sebaiknya waspada ya. Jangan sampai mendapat teguran bahkan dilarang masuk ke toko atau area tertentu karena memakai parfum atau wewangian.

Copyright of Winda Tanu
Photo credit : Pixabays

Comments

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada

Hidup Di Kanada 2: Ingin Pindah Ke Kanada?

Suka Duka Hidup Di Kanada 1