Vaksin Meningkat Kasus Covid Menurun

vaksin covid

Kasus Covid di Kanada menurun drastis. Hal ini disebabkan vaksin yang sangat digencarkan oleh pemerintah. Kasus Covid menurun membuat fasilitas kembali dibuka perlahan. Ekonomi mulai kembali pulih. Bagaimana situasi di Kanada kini?

Kasus Covid Menurun

Sejak awal Juni vaksin Covid benar-benar digalakkan. Bahkan masyarakat agak setengah "dipaksa" untuk vaksin. Karena kebijakan pemerintah terutama untuk penerbangan. Bagi mereka yang sudah divaksin sebanyak 2 kali, boleh bepergian dengan pesawat tanpa dikarantina.  Beberapa fakta lainnya sebagai berikut:
  • Penerbangan dari India ke Kanada sangat diperketat. Bahkan distop sementara waktu karena kasus Covid terutama Delta variant meningkat. 
  • Setiap orang diwajibkan vaksin. Wajib vaksin ini dari klinik atau dokter yang menelpon pasien memantau siapa saja yang tidak mau divaksin. Bahkan setengah di"ancam" jika tidak ingin divaksin maka yang bersangkutan akan dikeluarkan menjadi pasien dokter tersebut.
  • Pendaftaran untuk vaksin kedua dibuka. Bagi mereka yang sudah mendapat vaksin dosis pertama, bisa mempercepat jadwal untuk vaksin kedua.
  • Restoran mulai memperbolehkan makan di tempat. Namun, masih sebatas makan di area luar restoran. 
  • Jumlah orang yang boleh berkumpul ditingkatkan. Pada saat lockdown, maksimal orang hanya boleh berkumpul dalam satu rumah tangga. Beda rumah tidak boleh. Namun kini, beda rumah sudah boleh bahkan maksimal hingga 6 orang boleh berkumpul. Untuk acara pesta, 10 orang boleh hadir. Hal ini membawa angin segar karena orangtua boleh kembali menemui cucu mereka. Terutama yang berbeda tempat tinggal boleh saling mengunjungi.
  • Salon dan toko sudah dibuka. Fasilitas lain seperti potong rambut atau salon serta toko yang menjual barang bukan kebutuhan utama, sudah boleh dibuka kembali namun masih dibatasi jumlah orang di dalam toko.

Takut Vaksin Covid

Dengan banyaknya angka vaksinasi, ternyata kasus Covid menurun drastis. Sehingga mereka yang tadinya tidak ingin divaksin, mulai memberanikan diri divaksin. Tidak terkecuali saya! Saya sangat takut di vaksin. Bukan karena isu seputar vaksin yang terkadang belum tentu valid kebenarannya. Melainkan karena saya memiliki banyak alergi.

Namun, tidak ada pilihan. Mau tidak mau saya harus divaksin. Ibarat ikan, saya sudah tercebur ke dalam kolam dan mau tidak mau harus mengikuti arus. Selain itu, menurut berita, satu dosis vaksin saja setidaknya sudah melindungi kita dari kasus Delta Varian yang berasal dari India (potongan gambar koran di atas dari koran Ottawa Citizen, lihat berita selengkapnya di sini). Akhirnya, jadilah saya divaksin. Efek yang saya rasakan adalah jantung berdebar, badan lemas selama 5 hari. Efek vaksin covid tidak sampai membuat saya harus terbaring tanpa aktifitas. Saya tetap bisa beraktifitas walau sedikit lambat.

Hingga kini, saya masih berpikir dua kali untuk vaksin yang kedua. Tapi sekali lagi, saya tidak punya pilihan! Apalagi Delta Varian semakin mengganas. Menurut berita terakhir, untuk Pfizer dan Moderna dapat mencakup Delta Varian hingga Delta Varian Plus. Di Kanada, sebagian besar adalah Pfizer dan Moderna. 

Semoga saja kasus covid menurun terus dan semuanya kembali normal.

Copyright of Winda Tanu

Comments

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada

Hidup Di Kanada 2: Ingin Pindah Ke Kanada?

Suka Duka Hidup Di Kanada 1