Aturan Lalu Lintas Di Kanada 2

aturan lalu lintas
Sebelumnya saya menulis mengenai aturan mendapatkan SIM di Kanada atau Driver License pada tulisan Menyetir Di Kanada 1. Pada tulisan ini saya akan sharing pengalaman menyetir di Kanada dan aturan-aturan lalu lintasnya.  Ini hanya sebagian kecil. Karena selebihnya banyak sekali aturan lalu lintas yang harus ditaati ketika menyetir.  Kanada memakai sistem SIM atau Driver License 5 tahun sekali (seperti Indonesia).
Bedanya, Kanada memakai Demerit Point (sistem angka hukuman). Jika kita melanggar, kita akan mendapat point hukuman. Point maksimal seperti 15 point, kita sudah tidak dapat menyetir selama 3-6 bulan.  Bahkan, jika fatal, tidak hanya SIM yang dicabut melainkan masuk penjara!

Aturan Lalu-Lintas Di Kanada: 

  • Jalanan di Kanada di garis-garis putih. Jadi setiap mobil akan teratur mengikuti lane-nya. Jika kita sudah berada di lane/jalur yang benar, di larang pindah-pindah jalur tanpa alasan kecuali mendahului. Jadi, kebiasaan menyetir zig-zag di Indonesia jangan di bawa ke sini ya. Di jamin akan di tangkap Polisi!
  • Kanada menggunakan jalur kanan untuk menyetir. Dan setiap kita belok Kanan, akan tertera rambu kecepatan maksimum untuk jalan yang sedang kita lalui. Kita tidak boleh melewati batas maksimum tersebut. Untuk area perumahan (kanan-kiri rumah) biasanya tidak lebih dari 50 km/jam. Jika kita melewati sekolah maka maksimum 40 km/jam bahkan beberapa ada yang 20 km/jam. Untuk jalan besar bisa 80 km/jam. Sedangkan highway/TOL maksimum 100 km/jam tidak boleh lebih atau kurang! Jika lebih/ngebut siap-siap di tangkap, sedangkan jika kurang/lambat, kemungkinan Anda akan ditabrak dari belakang. Kanada menggunakan km/jam tidak seperti USA yang menggunakan mile/hour.
  • Pejalan kaki adalah PRIORITAS.  Jika kita sedang menyetir dan ada gelagat orang ingin menyebrang (terutama di area perbelanjaan), maka kita harus berhenti segera dan memprioritaskan orang tersebut untuk menyeberang.  Juga di lampu merah, walau lampu sudah hijau dan masih ada orang menyeberang, kita harus menunggu sampai orang tersebut sudah selamat sampai di pinggir jalan/trotoar.  Berani melanggar? Wah besar hukumannya. Apalagi jika orang tersebut sampai tertabrak oleh kita.
  • Jika di Indonesia belok kiri boleh langsung, maka di Kanada belok kanan boleh langsung. Dengan catatan, harus lihat arus lalu lintas. Jangan langsung belok sementara ada mobil kencang dari arah sebelumnya.  
  • Jika ingin belok kiri (walau lampu hijau), kita tidak bisa langsung belok kiri, melainkan harus mendahulukan kendaraan dari arah sebaliknya yang lurus.  Nah, jika kamu tidak tahu mengenai hal ini, bahaya sekali karena kamu akan tancap gas belok kiri begitu lampu hijau, sementara dari arah lurus kamu bisa di tabrak.
  • Bus Sekolah jika berhenti akan menyalakan lampu dan menurunkan palang kiri kanan. Kita harus berhenti setidaknya 20 m di belakang Bus Sekolah. Jika kita di arah sebaliknya, kita juga harus berhenti setidaknya 20 m. Jika tidak berhenti apalagi mendahului/melewati, ancamannya sangat berat (khusus Bus Sekolah). Bisa penjara 6 bulan loh! Tidak main-main!
  • Di Kanada tidak ada tukang parkir.  Maka berhati-hatilah jika ingin parkir. Terutama jika ingin mundur keluar dari spot parkir. Tetap lihat apakah ada orang di sebelah kiri-kanan.  Karena orang di Kanada sangat sopan dan berperikemanusiaan tinggi. Ada orang jalan atau berjalan dekat mobil kita, mereka akan langsung berhenti.  Singkatnya, semua perbuatan kita jangan sampai melukai orang/mencelakai orang dan selalu disiplin taat peraturan.
  • Pengendara Sepeda, sangat istimewa di Kanada.  Pada jalanan utama yang besar mereka memiliki jalur sendiri dan kita dilarang dekat dengan mereka setidaknya 1m (jika ingin mendahului/melewati).  Melanggar hal ini? Hukumannya besar lho!  
  • Motor dianggap sama dengan mobil.  Mereka dapat memakai jalan TOL/Highway dan kita tidak boleh berjalan di samping motor melainkan di belakangnya (karena dianggap sama dengan mobil). Demikian juga pada saat parkir, mereka akan parkir satu area parkir untuk mobil.
  • Memakai HP ketika sedang menyetir sangat dilarang di Kanada. Anda harus menggunakan hands-free. Jangan harap bisa selfie atau memotret Speedometer ketika sedang menyetir. Kebiasaan buruk di negara sebelumnya tidak bisa di bawa ke sini. Saya tidak habis pikir ketika melihat artis ternama selfie sambil menyetir dan di videokan (di youtube). Cobalah lakukan hal tersebut di Kanada. Bersiaplah masuk penjara!
  • Jika melanggar, jangan merasa aman jika tidak ada yang menangkap/kena stop Polisi. Karena bukan berarti Anda bebas.  Kamera terpasang di lampu merah dan juga pengendara lain kemungkinan menelpon Polisi dan melaporkan tindakan pelanggaran yang kita lakukan. Tau-tau, kita akan menerima tilang lewat Pos! Siap-siap saja membayar denda yang tinggi atau hitungan point yang sudah tinggi, maka SIM atau Driver License akan dicabut sementara waktu ataupun denda lainnya.
Nah, sekian dulu mengenai aturan lalu lintas di Kanada. Masih banyak aturan lainnya seperti tidak boleh menyetir di bawah pengaruh Alkohol dan lain sebagainya.  Jika kita melanggar, jangan yakin dulu Polisi tidak akan melihat.  Orang lain yang melihat bisa menelpon Polisi dan melaporkan kita loh.  Intinya, banyak peraturan yang berbeda dengan aturan di negara kita sebelumnya. 
 
Lihat Artikel Terbaru klik di sini

Copyright of Winda Tanu
Klik label " Tinggal di Kanada" di bawah untuk artikel lainnya

Comments

Pictures & Contents in this Blog are copyright of Winda Tanu. No Copies are allowed w/o Permission.

Popular posts from this blog

Fakta Unik Jika Ingin Membeli Mobil Di Kanada

Pensiun Dan Masa Tua Di Kanada

Hidup Di Kanada : Mencari Kerja Di Kanada